Pentingnya Memanfatkan E-Commerce Bagi Pelaku Usaha Di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid – 19 yang terjadi di Indonesia berdampak pada berbagai bidang yang ada. Bidang ekonomi merupakan salah satu bidang yang  paling  merasakan hal ini mengakibatkan kelompok  masyarakat  yang  merasakan  dampak  pandemi  secara  signifikan,  terutama  dimasa  awal  pandemi  terjadi  di  Indonesia. Banyak  pelaku usaha dalam masyarakat yang tidak siap menghadapi pandemi, mengingat banyak pelaku usaha yang cenderung masih menjalankan  usahanya  secara  konvensional  dengan  tujuan  sebagai  sumber  nafkah  utama  untuk  keluarga. 

Seiring perkembangan  Teknologi dan Informasi belakangan  ini  membawa  banyak  sekali  perubahan  gaya  hidup  masyarakat. Pada situasi  pandemi  menuntut  semua  kalangan  masyarakat  dari  segala  usia  untuk  dapat  menggunakan  perangkat  teknologi  berbasis  IT demi  kelangsungan  kehidupan.  Salah  satu  pemanfaatan  teknologi dan informasi saat ini yaitu penggunaan  e-commerce. Situasi  pandemi  saat  ini  secara  langsung  memaksa para penggiat usaha untuk  mengubah  cara  transaksi  mereka,  yang  awalnya  dilakukan  secara  offline  beralih  menjadi  online.  E-commerce dipercaya dapat meningkatkan penjualan para pelaku usaha

Sehingga memanfaatkan e-commerce dimasa pandemi seperti sekarang ini di rasa penting bagi masyarakat terutama para pelaku usaha karena dengan munculnya  pasar  e – commerce menguntungkan   bagi   para   pelaku  retail  atau  pedagang pengecer serta penyedia layanan logistik.  Melalui e-commerce mereka mampu meningkatkan penjualan serta mendapatkan umpan balik dari pelanggan atas pelayanan  yang  mereka  berikan.  Dengan demikian,  pelaku  usaha  da pat  meningkatkan   kualitas   layanan   untuk  mencapai   target   penjualan   yang   lebih   besar.

Bisa dikatakan juga bisnis dengan menggunakan  e – commerce cenderung lebih memiliki banyak kelebihan dibandingkan  dengan  bisnis  konvensional.  Selain  itu  dengan  adanya  e – commerce  masyarakat  juga  dapat  mengikuti  anjuran  pemerintah  yang  menghimbau  masyarakat  untuk  tetap  dirumah  saja.  Karena   dengan   adanya   e – comme rce   masyarakat   tidak   perlu   untuk   pergi   ke   toko  bertemu  dengan  banyak  orang,  sehingga  dapat  menjaga  jarak,  menjauhi  kerumunan  dan  mengurangi  mobilitas  sosial. Ternyata e- commerce memiliki  ragam  kelebihan  yakni  sebagai  berikut:

  1. Mempermudah pemasaran produk
  2. Kemudahan pembayaran
  3. Menawarkan kemudahan fitur di website

Selain itu adanya e – commerce  membawa  manfaat  bagi pelaku usaha seperti:

  1.  Menghemat waktu
  2. Bisa menjadi bisnis lintas wilayah
  3. Bisa dilakukan tanpa modal besar
  4. Menawarkan fleksibilitas yang tinggi
  5. Bisa mengembangkan bisnis yang lebih besar

Kesimpulan

Pada era digital memunculkan peluang yang sangat besar khususnya bagi pelaku usaha dalam memanfaatkan berbagai platform e-commerce untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Maka dari itu pelaku usaha dalam memanfaatkan dan menggunakan teknologi internet itu sangat penting di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Lahirnya berbagai jenis platformsangat memudahkan para pelaku usaha untuk mengenalkan bisnisnya dengan jangkauan masyarakat atau calon konsumen yang lebih luas, serta dan kemudahan dalam melakukan transaksi. sehingga usaha mampu bersaing dengan jenis usaha yang serupa melalui pemanfaatan e-commerce. Pemanfaatan e-commerceoleh pelaku usaha menyebabkan usaha yang dijalaninya mampu memasarkan barang/jasa yang dimiliki secara fisik maupun secara digital. Sehingga, hal ini bukanlah hal yang mustahil di masa pandemi usaha akan tetap mampu bertahan, aliran arus kas tetap lancar, supply barang terjaga, dan yang paling penting adalah masyarakat yang mandiri secara ekonomi mampu meringankan beban pemerintah dalam hal memastikan warga negaranya tetap sejahtera. Dengan menggunakan e-commerce dapat meningkatkan penjualan barang dan jasa serta dapat bersaing dengan bisnis yang lainnya. Pemanfaatan e-commerce dapat memasarkan secara fisik atau digital dengan bermacam-macam produk dan jasa. Sehingga adanya e-commerce sangat membantu dalam proses jual beli bagi pelaku usaha. E-commerce semakin populer dan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil penjulan

Sumber :

Kala’lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen4(1), 54-65.

Lestariana, D. S., & Sutarni, N. (2021). Pentingnya E-commerce bagi UMKM pada Masa Pandemi di RT. 03 Kampung Surodadi, Siswodipuran, Boyolali. Jurnal Abdikmas1(2), 115-121.

Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis9(2), 114-123.

laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. jurnal akuntansi dan ekonomika10(1), 89-98.

Video penjelasan untuk lebih lengkapnya :

TyasWR

SOSANT'20

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.