Liveworksheets Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bernuansa Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri

Indah Ayu Kusumawardani // Universitas Negeri Semarang

Matematika termasuk ke dalam mata pelajaran yang penting untuk dipelajari bagi peserta didik. Matematika memiliki peran yang tidak dapat dipisahkan dari berbagai aspek kehidupan. Berbagai cabang matematika digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya bidang Pendidikan. Peran matematika dalam bidang pendidikan juga sangat penting, karena matematika diajarkan sejak tingkat pendidikan dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dicapai, pengetahuan matematika yang diperoleh juga semakin berkembang (Nurliastuti et al., 2018). Hal ini sejalan dengan pernyataan Ridho & Dasari (2023) bahwa Matematika memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga matematika menjadi salah satu subjek yang dipelajari di setiap tingkat pendidikan. Selain itu, Pembelajaran matematika di tingkat satuan pendidikan harus mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berlangsung.

Kemampuan matematis sangat penting untuk peserta didik di era modern perkembangan teknologi dan informasi. Kemampuan untuk menerapkan, mengevaluasi, dan memecahkan masalah matematika dalam berbagai konteks dunia nyata merupakan komponen kunci dari literasi matematika. Ini memungkinkan peserta didik untuk memahami bagaimana fungsi matematika di dunia nyata dan membuat penilaian dan pilihan yang harus mereka lakukan dengan cara yang konstruktif, terlibat, dan reflektif. Namun, kemampuan matematis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah (Putri et al., 2019). Hal ini diungkapkan pada hasil uji Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Program for International Student Assessment (PISA) menunjukan bahwa kemampuan matematis peserta didik di Indonesia masih jauh dari skor rata-rata internasional (Kusumawardani et al., 2023). Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya kurangnya motivasi dan minat belajar peserta didik pada pembelajaran matematika, dimana peserta didik cenderung pasif dan jarang mengajukan pertanya selama pembelajaran berlangsung (Apriliyani & Mulyatna, 2021). Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran interaktif yang menarik dan dapat membuat matematika yang bersifat abstrak dapat dipahami dan dapat diterapkan dalam dunia nyata.

Etnomatematika sebagai perpaduan antara budaya dan matematika harus dihubungkan dengan realita yang relevan dengan kehidupan masyarakat, sehingga matematika bukan hanya sekedar sebuah mata pelajaran, tetapi juga merupakan aktivitas manusia yang erat kaitannya dengan budaya lokal (Rahmawati et al., 2023). Seperti yang dikemukakan oleh Aprilyani & Hakim (2020) bahwa etnomatematika adalah salah satu solusi untuk pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan budaya yang sesuai dengan latar belakang peserta didik, sehingga pengetahuan budaya peserta didik menjadi bertambah. Maka diperlukan media pembelajaran interaktif guna memfasilitasi peserta didik dalam memahami konsep matematika yang abstrak serta dapat menerapkannya dalam dunia nyata.

Dalam dunia Pendidikan, teknologi dapat diartikan sebagai suatu sistem yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan, mendukung kegiatan, serta menyediakan berbagai kemudahan, sehingga pendidik perlu menggunakan kreativitasnya untuk mengembangkan inovasi dalam media pembelajaran guna mendukung proses pengajaran dan pembelajaran(Nissa et al., 2021). Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat memberikan dorongan pada motivasi belajar siswa dan memberikan kemampuan untuk mengendalikan aktivitas belajar siswa. Sejalan dengan pernyataan Susiliastini & Sujana (2022) yang menyatakan bahwa penggunaan teknologi pada media pembelajaran yang inovatif dan menarik dapat meningkatkan antusias belajar peserta didik juga melatih peserta didik dalam mengeksplorasi materi pembelajaran secara efisien dan efektif.  Maka, selama proses pembelajaran diperlukan inovasi media pembelajaran dengan cara mengkolaborasikan penggunaan teknologi menjadi media pembelajaran interaktif.

Salah satu media pembelajaran interaktif yang cocok dikolaborasikan menggunakan teknologi adalah media pembelajaran liveworksheets. Liveworksheets merupakan salah satu media berbantuan media elektronik yang didalamnya terdapat teks, gambar, animasi, dan video-video. Lembar kerja ini memanfaatkan teknologi baru yang diimplementasikan dalam dunia pendidikan karena dapat menghasilkan suara, menampilkan video bahkan menghasilkan pesan suara(Erita et al., 2022). Lembar kerja online ini memungkinkan seseorang mengubah lembar kerja konvensional/tradisional menjadi lembar kerja online interaktif karena peserta didik dapat mengerjakan lembar kerja secara online dan mengirimkan langsung kepada gurunya.

Berdasarkan uraian diatas, maka diperlukan media pembelajaran interaktif bernuansa etnomatematika yang mampu membangun proses pembelajaran lebih interaktif dan dapat meningkatkan antusias belajar peserta didik. Liveworksheets dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran interaktif bernuansa etnomatematika. Maka, dilakukan penelitian menggunakan studi literatur dalam mengkaji penggunaan liveworksheets dalam menyusun media pembelajaran interaktif bernuansa etnomatematika pada materi transformasi geometri sebagai wujud pemanfaatan teknologi.

1. Transfromasi Geometri

Transformasi geometri adalah perubahan posisi dan ukuran suatu benda atau objek pada bidang geometri seperti garis, titik, maupun kurva. Transformasi geometri mempengaruhi titik, garis, dan bidang, dan dapat dituliskan dalam bentuk koordinat Cartesius atau matriks. Dalam modul ajar yang disusun oleh Istiqomah (2020) terdapat empat jenis transformasi geometri, yaitu (1) translasi adalah pergeseran suatu objek dari satu posisi ke posisi lain tanpa mengubah ukuran, bentuk, atau orientasi relative objek tersebut, (2) refleksi adalah pencerminan suatu objek melalui suatu garis atau bidang tertentu, (3) rotasi adalah memutar suatu objek sebesar sudut tertentu terhadap suatu titik tertentu yang disebut pusat rotasi, dan (4) dilatasi adalah perluasan atau penyusutan suatu objek dengan faktor skala tertentu.

2. Liveworksheets

Liveworksheets, merupakan salah satu media berbantuan media elektronik yang didalamnya terdapat teks, gambar, animasi, dan video-video yang lebih efektif agar peserta didik tidak cepat merasa bosan. Liveworksheets merupakan platform berbasis web yang bernama Liveworksheet.com. Lembar kerja ini memanfaatkan teknologi baru yang diimplementasikan dalam dunia pendidikan karena dapat menghasilkan suara, menampilkan video bahkan menghasilkan pesan suara. Lembar kerja online ini memungkinkan seseorang mengubah lembar kerja konvensional/tradisional menjadi lembar kerja online interaktif karena peserta didik dapat mengerjakan lembar kerja secara online dan mengirimkan langsung kepada gurunya. Bagi guru, hal ini dapat menghemat waktu, bagi peserta didik dapat memotivasi dan sangat bermanfaat bagi lingkungan karena dapat menghemat kertas.

3. Media Pembelajaran Interaktif

Media pembelajaran interaktif adalah alat bantu berbasis multimedia yang dapat menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa yang dalam prosesnya terjadi komunikasi aktif dua arah antara multimedia dengan pengguna (siswa) yang bertujuan mempermudah proses pembelajaran. Media pembelajaran interaktif dirancang untuk memfasilitasi proses belajar-mengajar dengan lebih dinamis, melibatkan interaksi aktif antara guru dan siswa, serta menyediakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan terlibat (Nugraha, 2022). Penggunaan media pembelajaran interaktif dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman konsep, memfasilitasi gaya belajar yang berbeda, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan (Nurlaila et al., 2022). Namun, perlu diingat bahwa penggunaan media ini sebaiknya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan perlu adanya pemantauan serta pengawasan agar penggunaan media tersebut memberikan dampak positif dalam proses belajar-mengajar. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran interaktif yang dapat ditemukan di internet, seperti multimedia pembelajaran interaktif berbasis e-learning, media pembelajaran website pendidikan situs belajar online, media interaktif berbasis software, dan media belajar interaktif berbasis aplikasi android. Salah satu platform yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif adalah Liveworksheets.

4. Etnomatematika

Etnomatematika dipelopori oleh Ubiratan D’Ambrosio tahun 1985 dimana kajian mengenai etnomatematika dalam pembelajaran matematika mencakup segala bidang, seperti arsitektur, tenun, jahit, pertanian, dan seni yang selaras dengan pola yang terjadi di alam atau memerintahkan sistem ide-ide abstrak. Khadijah et al., (2022) mengatakan bahwa etnomatematika merupakan salah satu pendekatan pembelajaran kontekstual yang mengaitkan konsep matematika dengan konteks nyata melalui perspektif kebudayaan. Etnomatematika merupakan studi tentang matematika yang mempertimbangkan budaya dimana matematika muncul dengan memahami penalaran dan sistem matematika yang digunakan masyarakat.

5. Liveworksheets Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bernuansa Etnomatematika

Liveworksheets adalah platform pembelajaran digital yang memungkinkan guru untuk membuat lembar kerja interaktif secara online. Dengan menggunakan Liveworksheets, guru dapat membuat berbagai aktivitas pembelajaran, termasuk aktivitas yang berhubungan dengan etnomatematika. Etnomatematika adalah bidang studi yang mengkaji hubungan antara budaya, tradisi, dan praktik matematika dalam masyarakat. Liveworksheets memungkinkan guru untuk menggabungkan berbagai elemen interaktif seperti pertanyaan pilihan ganda, teka-teki, permainan, dan grafik. Dengan kreativitas dan penyesuaian materi pembelajaran, guru dapat menciptakan aktivitas yang menarik serta relevan dengan konsep etnomatematika bagi siswa melalui platform ini.

6. Liveworksheets Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bernuansa Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri

Liveworksheets dapat membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman konsep etnomatematika melalui penggunaan kuisioner interaktif yang dirancang oleh guru dan dapat diadaptasi kebutuhan pelajaran. Selain itu, LiveWorksheets juga dapat digunakan untuk mempelajari materi transformasi geometri dalam konteks etnomatematika. Didukung dengan fitur-fitur interaktif menjadikan peserta didik aktif dalam menjawab permasalahan transformasi geometri selama proses pembelajaran. Penggunaan platform Liveworksheets sebagai media pembelajaran interaktif bernuansa etnomatematika memungkinkan peserta didik untuk lebih antusias dalam belajar materi transformasi geometri. Melalui Liveworksheets diharapkan peserta didik mampu mendapatkan pembelajaran yang lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif. Serta diharapkan tujuan pembelajaran dari materi transformasi geometri dapat dicapai dengan efisien dan efektif. Berikut adalah tampilan dari rancangan e-lkpd berbantuan platform Liveworksheets sebagai media pembelajaran interaktif bernuansa etnomatematika pada materi transformasi geometri. Serta rancangan e-lkpd interaktif berbantuan platform Liveworksheets dapat diakses melalui link http://liveworksheets.com/w/id/mathematics/7252601.

Melalui Liveworksheets, guru dapat menciptakan aktivitas yang memungkinkan siswa untuk secara interaktif menjelajahi dan memahami konsep transformasi geometri dalam konteks budaya atau seni tradisional tertentu. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa serta membantu mereka memahami hubungan antara konsep matematika dengan warisan budaya yang kaya. Adapun penggunaan Liveworksheets sebagai media pembelajaran interaktif memiliki beberapa kelebihan seperti berikut, (1) Fleksibilitas, Liveworksheets bersifat fleksibel dan dapat digunakan dalam pembelajaran online maupun tatap muka(Nirmayani, 2022). (2) Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa, Penggunaan Liveworksheets telah terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa (Faidah et al., 2023). (3) Motivasi Belajar, Aplikasi Liveworksheets dapat memotivasi siswa karena menyediakan berbagai fitur yang menarik dan lucu (Nissa et al., 2021). (4) Kegunaan yang Baik dan Interaktif, Aplikasi Liveworksheets memiliki kegunaan yang sangat baik karena sifatnya yang interaktif dan mampu memotivasi siswa (Hariyati & Rachmadyanti, 2022). Dengan berbagai kelebihan tersebut, penggunaan Liveworksheets dapat menjadi salah satu pilihan yang efektif dalam mendukung pembelajaran interaktif.

Berdasarkan pembahasan diatas, penggunaan platform Liveworksheets dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat digabungkan dengan konteks budaya. Penggunaan Liveworksheets sebagai media pembelajaran interaktif bernuansa etnomatematika memiliki dampak positif terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Melaui fitur-fitur interaktif, peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang menarik, menyenangkan, interaktif, dan mendalam. Maka, penggunaan Liveworksheets sebagai media pembelajaran interaktif bernuansa etnomatematika pada materi transformasi geometri dapat menjadi solusi digital yang relevan dalam menghadapi permasalahan peserta didik di era digitalisasi.

link video penjelasan artikel: https://youtu.be/PA-0JDnxkCQ

REFERENSI

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. SINASIS: Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2549

Erita, S., Nelda, H., & Ningsih, F. (2022). The Development of Website-Based Worksheets on Flat 3D Shapes Topic. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/tarbawi.v18i1.1548

Faidah, N. N., Hadiansah, Listiawati, M., & Yamin, I. M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVEWORKSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 194–208. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.182

Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V. JPGSD, 10(7), 1473–1483.

Istiqomah. (2020). Modul Pembelajaran SMA Matematika Peminatan  (Transformasi Geometri Matematika Umum Kelas XI). Direktorat  SMA, Direktorat Jendral PAUD, DIKDAS, DIKMEN. https://repositori.kemdikbud.go.id/21965/1/XI_Matematika-Umum_KD-3.5_Final.pdf

Khadijah, S., Fajriah, N., & Budiarti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnomatematika Melalui Kerajinan Anyaman pada Materi Lingkaran. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 2(2), 73–83. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v2i2.5064

Kusumawardani, I. A., Azis, V. A. S., Setyawati, I. A., & Ardiansyah, A. S. (2023). Representasi Konsep Transformasi Geometri Melalui Pembelajaran Etnomatematika Menggunakan Sumber Objek Budaya Klenteng Sam Poo Kong. Arithmetic: Academic Journal of Math, 05(02), 153–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v5i2.8091

Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar , 3(1), 9–16. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., & Astutik, F. (2021). Live worksheets matematika: dalam perspektif siswa menurut model motivasi ARCS. SENATIK: Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 266–273. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1928

Nugraha, A. A. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan GeoGebra Bernuansa Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5. http://prosiding.himatikauny.org/index.php/prosidinglsm/article/view/221

Nurlaila, M., Agus, R. N., & Lestari, I. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Menggunakan Live Worksheets Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal Abacus, 3(1), 50–62. https://doi.org/https://doi.org/10.59605/abacus.v3i1.300

Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S. (2018). Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 99–104. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 8(2), 331–340. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Rahmawati, L., Zaenuri, & Hidayah, I. (2023). Pembelajaran Bernuansa Etnomatematika Sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Cinta Budaya Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 5(1), 25–32. https://doi.org/10.37058/jarme.v5i1.5984

Ridho, M. H., & Dasari, D. (2023). Systematic Literature Review: Identitas Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 631–644. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1989

Susiliastini, N. K. T., & Sujana, I. W. (2022). Flipbook: Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 105–118. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.54596

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 1