Pemanfaatan E-commerce dalam Penjualan Produk Kemeja

Electronic Commerce atau yang dikenal dengan e-commerce merupakan proses pembelian,penjualan,pertukaran produk,layanan dan informasi secara elektronik dengan media komputer, smartphone, dan jaringan internet. E-commerce merupakan bagian dari e-business,dimana ruang lingkup e-business lebih luas, tidak hanya komersial tetapi juga mencakup mitra bisnis, costumer service.Selain berbasis teknologi informasi, e-commerce juga memerlukan data, database, e-mail atau surat elektronik, dan teknologi non komputer atau non elektronik, mempunyai sistem pengiriman, dan sarana pembayaran e-commerce.

Dengan adanya e-commerce ini,pengguna e-commerce bisa melakukan pemesanan dan mengaksesnya dari berbagai tempat, tidak harus datang ketempat penjualannya.E-commerce ini dimanfaatkan juga oleh para penjual produk, salah satu contoh yaitu penjualan produk kemeja dengan e-commerce. Penjualan produk kemeja tidak hanya dilakukan secara offline yaitu di pasar, tetapi bisa dilakukan secara online dengan menggunakan e-commerce. Penjualan produk kemeja biasanya dilakukan dengan e-commerce aplikasi shopee, lazada, blibli, tokopedia,dan lainnya.

Penjualan produk di e-commerce lebih menguntungkan karena sekarang banyak masyarakat yang lebih menggunakan smartphone.Penjualan produk di e-commerce memiliki beberapa keuntungan, antara lain :

Keuntungan bagi pelaku bisnis atau pengusaha :

1. Menciptakan peluang bisnis baru

2. Biaya produksi dan operasional sedikit

3. Komunikasi dan monitoring lebih mudah

4. Meningkatkan market exposure

5. Menurunkan biaya operasional, lebih efisien dan tepat waktu

6. Meningkatkan manajemen pasokan

7. Memperluas jangkauan para pembeli.

Keuntungan bagi konsumen atau pelanggan pengguna e-commerce :

1. Konsumen dapat melakukan transaksi secara online menggunakan smartphone maupun komputer

2. Menghemat waktu dan biaya

3. Dapat memilih produk kapanpun dan dimanapun.

Dalam penjualan produk kemeja di e-commerce harus mempunyai strategi yang baik agar tercapai penjualan produk yang maksimal. Adapun strategi penjualan produk kemeja dalam bisnis e-commerce, yaitu :

1. Melakukan pelayanan kepada konsumen dengan baik (good service)

2. Upgrade postingan penjualan produk di e-commerce agar konsumen lebih tertarik dengan kombinasi baru

3. Melakukan promosi dengan iklan agar penjualan produk di e-commerce diketahui oleh pengguna sosial media secara luas.

Penjualan produk di e-commerce banyak memberikan keberhasilan bagi para pelaku usaha,Bisnis e-commerce saat ini sedang booming karena akibat dari perilaku konsumen. Hasil riset baru ini tentang laporan ritel online, e-commerce mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun 28 persen pada 2012.Diketahui beberapa fakta bahwa konsumen digital menghabiskan US$1.46 miliar. Untuk memaksimalkan dampak preferensi belanja, penjualan produk kemeja secara rtitel melihat tren online dan kemudian mengimplementasikan selaras dengan sistem e-commerce sebagai tuntutan pasar.Menurut Frost & Sullivan (Indonesia Telecom 0utlook Indonesia-Go Online, 2012), pendapatan transaksi e-commerce di Indonesia mencapai USD 120 juta pada 2010 dan akan menjadi USD 650 juta pada 2015.

Data ini menunjukkan nilai transaksi e-commerce mengalami pertumbuhan.Pada tahun 2012, sekitar 6% dari seluruh pengguna internet di Indonesia membuat pembelian secara online. Pada 2012, 70% dari pengguna e-commerce melakukan pembayaran melalui transfer bank, melalui kartu kredit atau kartu debit dan 30% melalui Cash on delivery. Kebiasaan pembayaran akan bergeser ke arah kartu kredit dan debit dari waktu ke waktu, pasar e-commerce di Indonesia juga akan membutuhkan pengelolaan metode pembayaran secara offline efektif. Jadi peluang bisnis e-commerce akan selalu cerah dan prospektif mengingat kebutuhan pasar yang menginginkan pembelian produk secara instan dan efisien.

Penjualan produk di e-commerce yang sukses dan berkelanjutan secara umum harus memiliki cara untuk dapat mempertahankan dan membangun kepuasan, loyalitas, dan hubungan baik dengan pelanggan ataupun pelanggan baru agar mereka tetap kembali dan membeli produk penjualan secara online.

Berikut beberapa faktor untuk keberhasilan penjualan produk di e-commerce, antara lain :

• Selection and Value

Adalah faktor pilihan dan nilai terhadap pelanggan yang meliputi cara untuk pemilihan produk yang menarik, penentuan harga yang untuk bersaing dengan produk lain, penerapan jaminan kepuasan terhadap perusahaan dan produk.

• Performance and Service

Merupakan faktor kinerja dan pelayanan terhadap pelanggan untuk mengarahkan pelanggan membeli produk terhadap website dimana produk kita dijual yang meliputi penempatan navigasi, panduan proses belanja, dan pemberitahuan pembelian serta konfirmasi pengiriman yang mudah dan efisien.

• Advertising and incentives

Peran promosi produk kemeja dengan iklan sangat berpengaruh terhadap daya tarik perhatian pelanggan terhadap produk kemeja perusahaan kita, faktor iklan dan insentif yang meliputi website online dan promosi menggunakan media,penawaran khusus terhadap produk,serta iklan di berbagai situs afiliasi untuk saling kerjasama antar pelaku perusahaan e-commerce.

Dengan adanya teknologi informasi kita dapat memanfaatkan dan menggunakan teknologi internet tersebut untuk memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang dijalani secara digital. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut merupakan perusahaan yang mampu melakukan implementasi teknologi ke dalam perusahaannya. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk , baik dalam bentuk fisik maupun digital. Dalam penjualan produk kemeja di e-commerce ini,memberikan dampak positif bagi penjualan produk, diantaranya yaitu memudahkan penyebaran promosi produk secara interaktif dan langsung melalui internet, menciptakan distribusi baru, memudahkan pengguna untuk melakukan belanja dimana dan kapan saja, menghemat waktu dan biaya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 28 + = 29