PENGGUNAAN APLIKASI HALODOC DAN MANFAATNYA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penggunaan aplikasi telemedicine (sumber: halodoc.com)

Di era digital seperti sekarang ini, kemajuan teknologi berkembang semakin pesat termasuk teknologi dibidang kesehatan. Bidang kesehatan mengalami banyak perubahan atau disrupsi yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, teknologi dibidang kesehatan menjadi semakin canggih. Adanya kemajuan teknologi dibidang kesehatan memberikan kemudahan untuk mengakses pelayanan kesehatan. Salah satunya adalah telemedicine. elemedicine merupakan layanan kesehatan yang memanfaatkan teknologi sehingga memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi secara jarak jauh dengan dokter.

Kondisi pandemi Covid-19 yang menuntut kita untuk tidak bepergian keluar rumah untuk mencegah penularan virus Covid-19 dan pemberlakuan aturan pembatasan kegiatan selama pandemi membuat kegiatan masyarakat menjadi terhambat termasuk pelayanan kesehatan. Hal tersebut mendorong masyarakat untuk menggunakan aplikasi telemedicine agar kebutuhan dalam pelayanan kesehatan tetap terpenuhi selama pandemi Covid-19.

Salah satu aplikasi telemedicine yang banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah Halodoc.

Apa itu Halodoc?

Halodoc merupakan suatu aplikasi kesehatan digital yang menyediakan pelayanan kesehatan berkonsultasi dengan dokter tanpa bertatap muka atau secara jarak jauh. Tidak hanya itu saja, banyak fitur – fitur dari halodoc yang sangat bermanfaat seperti buat janji Rumah Sakit, pharmacy delivery, cek lab, artikel kesehatan, dan layanan medis seperti tes COVID-19. Aplikasi halodoc bertujuan untuk memudahkan akses layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan smartphone untuk berinteraksi dengan dokter secara online. Halodoc dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Tersedia berbagai macam dokter baik dokter umum dan dokter spesialis di seluruh Indonesia. Dengan adanya aplikasi halodoc, diharapkan memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan dan fasilitas kesehatan yang efektif dan efisien.

Halodoc (Sumber: play.google.com)

Meskipun berbasis aplikasi online di smartphone, aplikasi Halodoc telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan ragu akan keamanan dari aplikasi halodoc. Berdasarkan data IDI (Ikatan Dokter Indonesia), terdapat 12.000 dokter umum dan 8.000 dokter spesialis yang telah bergabung di halodoc. Setiap dokter yang bergabung di halodoc memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dan SIP (Surat Izin Praktik) yang sah. Jadi, aplikasi halodoc dijamin aman dan terpercaya.

Bagaimana penggunaan aplikasi Halodoc di masyarakat ?

Aplikasi halodoc ternyata mendapatkan respons yang positif di kalangan masyarakat. Dibuktikan dengan pengguna halodoc mencapai 20 juta pengguna saat ini. Masyarakat sangat terbantu dengan layanan yang diberikan halodoc seperti telekonsultasi dan pharmacy delivery sehingga pelayanan kesehatan tetap dapat diakses dengan mudah meskipun secara jarak jauh.

Adanya pandemi Covid -19 juga berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam penggunaan aplikasi halodoc. Tingginya kasus Covid-19 mempengaruhi meningkatnya penggunaan layanan kesehatan halodoc hingga sepuluh kali lipat. Pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau OTG (Orang Tanpa Gejala) yang menjalani isolasi mandiri dapat memperoleh layanan konsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat Covid-19 secara gratis. Dengan begitu, pasien covid-19 tetap mendapatkan layanan kesehatan yang efektif dan efisien meskipun sedang menjalankan isolasi mandiri. Halodoc juga menyediakan layanan tes covid-19 seperti tes PCR, tes swab antigen, rapid antibody, dan vaksin covid-19. Hal inilah yang menarik minat masyarakat untuk menggunakan aplikasi halodoc.

Berdasarkan data survei nasional yang dilakukan oleh The Asian Parent, aplikasi halodoc menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi kesehatan yang sering digunakan pada tahun 2021.

Grafik survei nasional The Asian Parent 2021 (sumber: katadata.co.id)

Grafik tersebut menunjukkan bahwa halodoc menjadi aplikasi kesehatan yang paling sering digunakan responden dengan persentase sebesar 36%. Kemudian terdapat aplikasi alodokter (23%), grabhealth (14%), klikdokter (9%), dan aplikasi kesehatan lain (7%).

Apa saja manfaat dari aplikasi Halodoc?

1. Dapat berkonsultasi dengan dokter tanpa tatap muka

Ketika tubuh terasa tidak sehat, biasanya kita langsung pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk periksa ke dokter. Namun, karena pandemi Covid-19 kita merasa takut untuk pergi ke rumah sakit karena takut tertular virus Covid-19. Tapi tenang saja, dengan aplikasi halodoc, kita dapat berkonsultasi dengan dokter secara langsung melalui fitur chat dengan dokter. Saat membuka fitur tersebut, akan muncul berbagai dokter baik dokter umum dan spesialis dan informasi tentang dokter tersebut sehingga kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya chat saja, kita juga dapat memilih untuk video call, voice call, atau chat dengan dokter ketika berkonsultasi.

2. Delivery obat

Dengan fitur delivery obat atau pharmacy delivery, kita tidak perlu mengantre panjang lagi untuk membeli obat yang diresepkan oleh dokter. Kita dapat membeli obat secara online melalui aplikasi Halodoc. Ada berbagai macam obat yang dapat dibeli dengan resep atau tanpa resep. Setelah membayar obat yang dibeli, obat akan diantarkan ke rumah sesuai dengan alamat yang tercantum. Adanya layanan ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membeli obat tanpa harus pergi ke apotek apalagi pada masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah.

3. Membuat janji dengan dokter di rumah sakit

Manfaat lainnya dari halodoc adalah kita dapat membuat janji dengan dokter di rumah sakit tanpa harus antre lama di administrasi rumah sakit. Pada layanan ini, tersedia berbagai dokter dengan spesialisasi dan jadwal yang beragam sehingga kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kita.

4. Layanan medis dan tes lab

Halodoc juga menyediakan fitur layanan medis dan tes lab. Halodoc telah bekerja sama dengan rumah sakit dan laboratorium sehingga kita dapat membuat janji untuk periksa medis di rumah sakit atau melakukan tes lab di laboratorium. Bahkan kita juga dapat melakukan tes lab di rumah. Layanan medis seperti tes Covid-19, medical check up, radiologi, poli gigi, vaksinasi, layanan kehamilan, imunisasi, dan layanan medis lainnya tersedia di halodoc. Hasil pemeriksaan medis dan tes lab dapat diakses di aplikasi halodoc.

5. Memperoleh update informasi seputar kesehatan

Pada saat pandemi, informasi tentang Covid-19 tersebar diberbagai sosial media. Namun, kita tidak mengetahui kebenaran informasi tersebut dan apakah sumber informasi tersebut valid atau tidak. Bahkan banyak berita bohong atau hoax tentang Covid-19. Tapi tenang saja, dengan aplikasi Halodoc kita dapat memperoleh informasi tentang Covid-19 yang akurat dan terpercaya. Tidak hanya informasi tentang Covid-19 saja, kita juga dapat memperoleh informasi seputar kesehatan lainnya. Halodoc memiliki banyak artikel – artikel kesehatan yang membahas tentang penyakit, gaya hidup sehat, tips – tips kesehatan, dan informasi menarik lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.