Teknologi Dalam Membantu Kegiatan Bisnis

Dalam kegiatan bisnis terdapat produsen dan konsumen yang saling mempengaruhi, produsen yang menghasilkan produk dan memenuhi kebutuhan konsumen begitu juga dengan konsumen membutuhkan produk dengan membelinya dari produsen. Produsen yang menjual produknya pada suatu tempat dan konsumen harus mendatangi tempat produsen menjual produk, itu sering dilakukan dari kedua pihak tersebut sebelum adanya teknologi. Ketika telah datang teknologi dalam perkembangan kegitan bisnis dan juga memiliki peranannya sendiri. Tekonologi yang sering digunakan dalam kegiatan bisnis yaitu tekonologi informasi, yang berperan sebagai sarana transaksi dua elemen bisnis online, dalam memberikan fasilitas media berupa internet. Web yang disediakan sebagai tempat konsumen memilih barang yang diinginkan, kemudian pada transaksi ini pun dibutuhkan teknologi lain untuk mendukung bisnis tersebut. Seperti teknologi komunikasi telepon, bank dan agen pengiriman.

Pengaruh dan Peranan Teknologi Dalam Kegiatan Bisnis

Tekonologi Informasi adalah satu dari sekian banyak hal yang dibutuhkan dalam perkembangan bisnis di dunia tanpa terkecuali. Alasan perusahaan menggunakan tekonologi informasi adalah untuk semakin dekat dengan konsumen dan mempermudah dalam persaingan pasar dalam era modernisasi. Berbisnis dengan menerapkan TI mempunyai peluang yang besar dalam pasar terbuka lebih luas. Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisnis adalah:

  1. TI memudahkan penyebaran informasi. Mampu mengembangkan bisnis ke berbagai wilayah dunia.
  2. Membantu dalam membangun bisnis online. Dengan banyak tenaga ahli dalam bidang TI, bisnis online banyak mengalami perbaikan sistem.
  3. Fleksibilitasnya. Seseorang tidak harus ke tokonya untuk menunggu pelanggan, namun dengan komputer (Teknologi) dan konektivitasnya sudah dapat menjual produknya ke seluruh negara.
  4. Koneksi internet yang semakin mudah dah terjangkau akibat kemajuan TI juga menyebabkan kemakmuran di bisnis online
  5. Kegiatan bisnis selama 24 jam. Tidak seperti toko offline yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang waktu karena yang menjalankan bisnis ini tidak lagi memerlukan tenaga manusia melainkan teknologi yang mengendalikan dan manusia hanya mengawasi atau memantau.

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengtahuan dan teknologi, Para pelaku TI mulai ramai menggunakan kemajuan itu. Dunia bisnis sudah sangat kompetitif dimana banyak persaingan antara perusahaan baru dengan perusahaan yang sudah lama agar dapat terus berkembang. Diperlukan kreativitas, kegigihan, dan pengetahuan yang tinggi agar dapat bersaing di dalamnya.

Referensi : https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/155

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.