Manfaat E-Commerce di Masa Pandemi Covid-19

Rizqiana Agista Puspasari (NIM. 5101420038)

Pandemi Covid-19 telah merambah ke Indonesia sejak awal tahun 2020 dan menyebabkan ditetapkannya pembatasan sosial dan atau PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di berbagai daerah. Dampak yang didapat dari diberlakukannya ketetapan tersebut cukup signifikan yaitu menyebabkan masyarakat kesulitan dalam melakukan kegiatan di luar rumah terutama di tempat umum.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak di berbagai sektor, tetapi sektor ekonomi lah yang cukup besar menerima dampak akibat pandemi. Dalam hal ini, pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang paling merasakan dampaknya. Pasalnya, banyak pelaku UMKM yang menjadikan usahanya sebagai mata pencaharian utama tetapi akibat adanya pembatasan sosial maka semakin sedikit daya beli masyarakat sehingga omset yang didapat menurun dan bahkan sampai gulung tikar.

Begitu pula dengan masyarakat pada umumnya, mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat banyak pelaku usaha yang menutup usahanya dan akibat pembatasan sosial yang diberlakukan.  

Bagaimana solusi yang bisa dilakukan agar masalah tersebut dapat teratasi?

Baik pelaku UMKM ataupun masyarakat, tentu tidak bisa hanya tinggal diam dalam menjalani keadaan selama pandemi. Salah satu bidang yang tidak terpengaruh di tengah pandemi yaitu teknologi. Kemajuan teknologi semakin canggih dan semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu. E-commerce menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan baik oleh pelaku usaha ataupun masyarakat. E-commerce sendiri merupakan sebuah aktivitas perdagangan online yang memungkinkan perusahaan, pelaku usaha, ataupun individu menjual barang serta membelinya melalui jejaring internet (online).

Lalu, apa saja manfaat e-commerce di masa pandemi Covid-19?

Manfaat yang bisa didapat oleh pelaku usaha dan masyakarat dari e-commerce di tengah pandemi Covid-19 diantaranya:

Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat

Platform e-commerce menyediakan berbagai jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat baik sandang, pangan, barang elektronik, dan lain sebagainya. Masyarakat akan terpenuhi kebutuhannya dan secara tidak langsung telah ikut serta dalam memutus rantai virus Covid-19 dengan tidak banyak melakukan interaksi di lingkungan umum.

Dapat memperbaiki perekonomian pelaku UMKM

Pelaku UMKM yang terkena dampak akibat pandemi, bisa menggunakan e-commerce untuk menjual barang atau usahanya secara mudah tanpa adanya interaksi secara langsung dengan pembeli. Penjual hanya perlu melakukan registrasi dan aktivasi platform jual beli online secara gratis lalu bisa langsung menjual barang atau usahanya.

Dengan demikian, harapannya perekonomian yang sempat sulit akibat pembatasan sosial akan kembali membaik dengan melakukan transaksi di e-commerce.

Biaya pengoperasian lebih rendah

Biaya yang dibutuhkan dalam menjual ataupun membeli produk secara online tentu jauh lebih sedikit. Jika dibandingkan dengan membuka toko secara fisik, penjual tidak perlu mengeluarkan biaya banyak karena tidak memikirkan biaya untuk sewa gedung, menggaji karyawan, tagihan listrik, dan lain sebagainya. Walaupun demikian, tetapi tetap perlu adanya pengelolaan dari usaha yang dibuka meski secara online seperti pengelolaan laporan keuangan, data-data penjualan, dan data stok barang.

Bisnis dapat berkembang menjadi lebih besar

Dengan menggunakan e-commerce, akan lebih banyak orang yang tau tentang produk yang dijual dan tidak terbatas di satu daerah. Dengan begitu, bisnis bisa berkembang menjadi lebih besar dengan penjualan produk lebih banyak dan bervariasi serta jumlah transaksi dan omset yang didapat akan lebih banyak pula.

Terdapat banyak fitur di e-commerce yang menguntungkan

Di dalam sebuah platform e-commerce, terdapat berbagai jenis fitur yang menguntungkan baik bagi penjual maupun pembeli. Pengiriman barang dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia dengan adanya jasa kirim yang beragam, hal ini memungkinkan penjual memiliki jangkauan penjualan yang sangat luas dan memungkinkan pembeli untuk membeli produk dari daerah bahkan provinsi lain. Ada pula gratis ongkir, diskon, dan cashback yang dapat digunakan oleh pembeli tanpa dan atau dengan syarat tertentu. Dan masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh platform e-commerce yang tentunya memberikan keuntungan bagi penjual dan pembeli.

Demikian beberapa manfaat e-commerce di masa pandemi Covid-19.

Semoga bermanfaat!

Link Youtube :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 67 − 58 =