PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL MARKETING UMKM DI ERA GLOBALISASI

Dimasa sekarang kemajuan teknologi semakin meningkat dan tidak bisa dihindari begitu saja, karena kemajuan teknologi akan terus berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Terutama perkembangan teknologi digital dalam globalisasi sangat berpengaruh pada roda ekonomi termasuk pasar ritel, pasar ritel yang beberapa waktu sebelumnya mencoba untuk menggusur keberadaan pasar tradisional, tetapi pada kenyataannya keberadaan pasar ritel modern dipengaruhi oleh globalisasi, terlihat bahwa beberapa pasar ritel mulai turun seperti musim gugur ( Mujianto 2021 ). Hal ini disebabkan kurangnya minat konsumen untuk berbelanja secara konvensional. Dengan pengenalan dan penggunaan teknologi informasi yang sudah masuk pada era digitalisasi menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM untuk melek akan teknologi dan bersaing dipasar  e-commerce yang telah tersebar secara mengglobal. Dengan begitu masyarakat harus bisa memanfaatkan internet sebaik mungkin, terutama dalam bidang teknologi ini untuk menjalankan bisnis atau usahanya dengan mengeluarkan inovasi-inovasi atau ide-ide terbaru agar hasil dari bisnisnya banyak diminati oleh para konsumen secara global dan dapat meningkatkan penjualan dari usahanya. Serta para pelaku UMKM agar dapat mampu bersaing dipasar internasional agar tidak tertindas dan tertinggal. Tercatat, jumlah UMKM di Indonesia cukup banyak sekitar 50 juta pelaku UMKM. Dalam era digital saat ini, pelaku UMKM akan membutuhkan teknologi informasi yang tepat untuk bisa tumbuh berkembang dan bersaing dengan pasar-pasar internasional di era digital sat ini.

       Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah produk menggunakan media digital atau internet. Dengan adanya penggunaan internet dapat memudahkan pelaku UMKM dalam menjual produknya dan dapat memudahkan juga bagi konsumen dalam membeli produk hanya melalui dari rumah saja, selain itu penggunaan internet ini juga dapat membuat nyaman bagi konsumen. Adanya internet juga bisa memberikan informasi kepada semua orang, dari informasi tersebutlah para pelaku UMKM mendapatkan seorang konsumen untuk membeli produknya. Maka dari itu para pelaku UMKM harus bisa menggunakan dan mengaplikasikan media internet tersebut, karena hal ini sangat penting karena agar bisa memasarkan produknya lebih luas ke seluruh dunia dan dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk yang di jual melalui media internet. Selain itu para pelaku UMKM harus mengetahui bagaimana strategi digital marketing yang baik agar dapat bisa mengembangkan produknya sesuai dengan rencana yang sudah di buat. Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut membuat para pelaku UMKM perlu menyesuaikan diri terutama dalam proses pemasaran. Manfaat dari teknologi ini untuk pemasaran bisa dilakukan dengan melalui social media, marketplace, social chatting dan penggunaan platform lainnya. Beberapa pelaku UMKM lebih banyak menggunakan media pemasaran produknya berupa marketplace seperti shopee, tokopedia, dan lazada, karena marketplace tersebut banyak di minati oleh konsumen serta penggunaan dan informasinya mudah di dapat.

Beberapa UMKM juga memasarkan produknya tidak hanya melalui marketplace dan social chatting saja, tapi bisa juga melalui media social seperti instagram, youtube, dan facebook. Sehingga produk tersebut bisa menyebar luas ke seluruh Indonesia hingga internasional. Dengan adanya digital marketing di era globalisasi ini dapat mempermudah bagi pelaku UMKM dan para konsumen. Digital marketing ini memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan barang di sebuah marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada hanya melalui rumah dan barang yang di pesan bisa di antarkan oleh seorang kurir sampai di rumah. Informasi mengenai digital marketing ini banyak menguntungkan bagi setiap orang, hanya dengan menggunakan internet melalui kuota data semua yang diinginkan bisa di dapatkan secara online jika tidak ingin pergi langsung ke tokonya. Selain itu, para pelaku UMKM juga menyatakan bahwa penggunaan digital marketing membantu mereka dalam memberikan informasi dan berinterkasi dengan konsumen, adapun juga penggunaan digital marketing ini dapat memperluas pangsa pasar mereka dan dapat meningkatkan penjualannya.

Nah untuk lebih jelasnya lagi silahkan tonton vidio di link berikut ini untuk memperjelas pemahaman Anda dalam memanfaatkan digital marketing UMKM di era globalisasi ini

https://youtu.be/TAJD8xOxJw4
 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 49 − = 48