Pemanfaatan Platform Telemedicine dalam Layanan Konsultasi Dokter Tanpa Kontak Langsung

SEMARANG-Kemajuan teknologi semakin pesat, hampir semua kegiatan manusia diubah dalam bentuk digital. Salah satunya yaitu layanan kesehatan. Sistem layanan kesehatan di Indonesia pada umumnya dilakukan dengan berkunjung ke tempat layanan kesehatan seperti praktik dokter keluarga, klinik, puskesmas, dan rumah sakit. Dalam hal ini konsultasi dilakukan secara langsung melalui pertemuan pasien dengan dokter.

Namun, adanya pandemi covid 19 menyebabkan rendahnya tingkat peminatan masyarakat dalam memeriksakan dirinya ke dokter. Hal tersebut terjadi karena rasa takut masyarakat akan tertular oleh virus corona yang sedang melanda serta kebijakan pemerintah yang menghimbau masyarakat utuk tetap dirumah. Oleh karena itu, Kementrian Kesehatan di Indonesia berinisiatif untuk membuat platform yang dapat digunakan masyarakat yang membutuhkan konsultasi dengan layanan kesehatan dan pembelian obat namun enggan untuk keluar rumah. Ada sebelas platform telemedicine yang telah bekerja sama dengan Kemenkes RI. Platform tersebut adalah Alodokter, GetWell, Good Doctor dan Grab Health, Halodoc, KlikDokter, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok. Semua platform tersebut dapat di unduh di Playstore dan App Store

Ternyata, platform tersebut memiliki peminat yang banyak yang dapat dilihat dari jumlah unduhan pada masing-masing platform. Ada beberapa platform yang sudah di iklankan di televisi dengan actor ternama, salah satunya yaitu Alodokter. Oleh karena itu tidak diragukan lagi penggunaanya.

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan platform telemedicine:

  1. Dapat diakses dimana saja
  2. Praktis
  3. Meningkatkan minat masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan
  4. Mengurangi penumpukan antri pasien di rumah sakit
  5. Mencegah pasien stress karena terlalu lama menunggu antrian
  6. Mengurangi penyabaran covid 19
  7. Menghemat biaya pemeriksaan dan perawatan kesehatan

Sedangkan kekurangan dari platform telemedicine yaitu:

  1. Harus diakses melalui internet
  2. Dokter tidak langsung melihat pasien, hanya mengerti gejala-hgjala yang disampaikan
  3. Kurang membangun ikatan antara pasien dan dokter
  4. Ada beberapa penyakit yang tidak dapat diperiksa melalui online

Link Youtube:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.