Peran Aplikasi Donasi Dalam Peningkatan Rasa Sosial Masyarakat di Era Digital

Pada era digital ini, banyak dampak positif maupun negatif yang muncul di masyarakat. Dalam menyikapi dampak tersebut, diperlukan edukasi dan pemberdayaan masyarakat berbasis literasi digital. Masyarakat membutuhkan pemberdayaan berbasis literasi digital yang bertujuan mengedukasi agar meminimalisir dampak negatif maupun penyalahgunaan internet di era digital ini. Perberdayaan tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan platform digital, salah satunya dalam hal donasi. Di Indonesia tersedia banyak sekali platform pengumpul dana donasi, beberapa diantaranya yaitu kitabisa, human intiative, Rumah Zakat, dan WeCare.id.

Platform donasi online ini memudahkan masyarakat untuk saling membantu satu sama lain. Aplikasi-aplikasi tersebut bukan hanya menyediakan donasi bagi manusia, tetapi juga membantu hewan, lingkungan dan tempat-tempat umum. Galang dana yang dilakukan sangat bermacam-macam, contohnya seperti bantuan Pendidikan, bantuan media dan kesehatan, infrastruktur umum, menolong dan pelestarian hewan serta tumbuhan, bantuan bencana alam dan kegiatan sosial lainnya. Adanya platform donasi online ini juga menjadi salah satu faktor pendukung mengapa Indonesia menjadi negara nomor 1 paling dermawan di dunia versi Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021. 

Aplikasi donasi digital ini memiliki kelebihan yaitu adanya konektivitas jangka panjang yang diberikan penggalang dana kepada donatur yaitu dengan memberikan informasi mengenai proses penyaluran dana donasi. Beberapa penggalang dana juga memberikan reward sederhana kepada para donatur, seperti kalender digital. Pemanfaatan platform yang dilakukan juga berupa konten-konten inspiratif yang mengedukasi masyarakat yang bertujuan untuk membantu serta memotivasi sesama dengan berdonasi maupun memberikan komentar-komentar baik. Dengan deskripsi singkat serta update mengenai proses penyaluran dana, terjalin keterbukaan komunikasi yang menumbuhkan keyakinan masyarakat untuk berdonasi melalui aplikasi digital ini. Adanya pemanfaatan platform di era digital ini merupakan upaya memaksimalkan dampak positif dan meminimalisir penyalahgunaan internet di era digital.

Berikut merupakan link video yang saya upload di youtube : https://youtu.be/pGpi8LYu6fk

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.