Perlunya tidur yang cukup agar tercapainya kualitas tidur sebagaimana mestinya

Sebagai manusia sudah semestinya memerlukan istirahat dari serangkaian kegiatan yang telah dilakukannya, entah dari kegiatan yang ringan atau bahkan kegiatan yang menguras energi. Dan pada kali ini saya akan membahas bagaimana pentingnya tidur bagi makhluk hidup. Lalu mengapa saya memilih untuk menuangkan opini saya tentang perlunya tidur karena saya sendiri sudah merasakan bagaimana dampak jika kekurangan tidur yang cukup serta bagaimana dampaknya bagi tubuh. Sebelum membahas lebih jauh, jadi apa pengertian dari tidur? Tidur adalah suatu keadaan bawah sadar dimana individu dapat dibangunkan oleh stimulus atau sensoris yang sesuai. Tidur merupakan kegiatan normal yang dialami oleh semua individu dan sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental manusia


Umumnya manusia usia 12-18 tahun menjelang remaja sampai remaja kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam. Usia 18-40 tahun orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari. Jika tidak bias memenuhi durasi tidur yang dibutuhkan maka dampaknya tubuh yang harus menanggungnya. Tubuh akan kurang tidur dapat memicu penyakit kronis seperti diabetes, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Selain itu, kurang tidur juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan performa seksual, mengurangi daya ingat, dan meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas dan kecelakaan kerja. Selain itu, kurang tidur juga dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan mental, seperti gangguan suasana hati, kecemasan, depresi, dan perilaku impulsive. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola tidur yang konsisten dan memastikan bahwa kita mendapatkan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.


Mungkin banyak dari kita yang terpaksa tidak bisa memenuhi kebutuhan tidurnya dikarenakan banyaknya pekerjaan yang mau tidak mau harus segera diselesaikan. Walaupun hal itu bukan kehendak kita tetapi dampak terhadap tubuh dari kekurangan tidur tidak bisa kita hindari. Misalnya, kita tidak tidur semalaman dan diganti dengan tidur seharian pada siang harinya, hal itu juga akan menimbulkan tidur yang tidak berkualitas, mengapa? Karena tidur malam bukan hanya sekadar rutinitas biasa, melainkan juga merupakan kebutuhan tubuh dan pikiran manusia. Pada malam hari, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang sangat berpengaruh pada kesehatan. Hormon ini juga membantu tubuh untuk menekan pertumbuhan sel kanker dan tumor.
Tidur sangat penting bagi kesehatan mental dan fisik kita. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat memberikan berbagai manfaat, diantaranya:

  1. Meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Saat tidur, informasi yang diterima sepanjang hari akan diproses di otak dan lebih mudah diingat. Tidur juga membantu otak menyerap informasi baru dengan lebih baik.
  2. Meningkatkan produktivitas. Dengan tidur yang nyenyak, tubuh memiliki energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Hal ini membuat Anda lebih produktif dalam menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh. Saat tidur, kekebalan tubuh meningkat sehingga lebih mampu melawan infeksi dan penyakit. Tidur yang cukup membantu tubuh tetap sehat.
  4. Menurunkan tekanan darah. Gangguan tidur berkaitan dengan meningkatnya risiko hipertensi. Tidur yang cukup dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.
  5. Mengontrol berat badan. Kurang tidur berkaitan dengan peningkatan hormon ghrelin dan penurunan hormon leptin yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Hal ini dapat memicu peningkatan berat badan.
    Lalu bagaimana agar kita mempunyai kualitas tidur yang baik?
     Meningkatkan paparan cahaya sinar matahari di siang hari  Mengurangi paparan cahaya biru di malam hari  Mengurangi konsumsi kafein dan minuman secara berlebihan  Baca buku atau lakukan kegiatan yang menenangkan sebelum tidur  Mengatur suasana dan rutinitas sehat  Jaga kesehatan fisik dan mental  Hindari makan larut malam  Hindari penggunaan perangkat elektronik atau gawai sebelum tidur  Pergi ke kamar mandi atau toilet sebelum tidur  Mengatur waktu tidur dan waktu makan:
    Beberapa orang mengaku dapat cukup beristirahat hanya dengan beberapa jam tidur semalam saja. Padahal, hal ini berbahaya dan memengaruhi kinerja dan aktivitas sehari-hari. Orang-orang yang tidur sangat sedikit di malam hari cenderung kesulitan untuk melakukan tugas yang rumit. Oleh sebab itu, pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, mari perbaiki pola hidupmu menjadi lebih berkualitas agar bisa mempunyai kualitas tidur yang cukup karena sesungguhnya jiwa yang sehat dimulai dari tidur yang cukup.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 21 = 22