Literasi Digital: Memanfaatkan Media Sosial Untuk Menjual Barang PrelovedLiterasi Digital

Rio Setyo WIbowo

Dengan kemajuan teknologi saat ini platform untuk melakukan penjualan sangat banyak  dan semakin  mudah untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Salah satu platform yang dapat kita gunakan untuk melakukan penjualan yaitu media sosial pribadi kita. Saat ini penggunaan media sosial digunakan tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk komunikasi dengan teman virtual, memposting kegiatan sehari-hari, dan opini kita  untuk di diskusikan dengan teman pengguna  media sosial  lainnya, media sosial saat ini banyak sekali yang dapat kita manfaatkan dalam hal positif. Media sosial saat ini bisa kita manfaatkan untuk melakukann kegiatan jual beli. Salah satua contoh pemanfaatan media sosial untuk melakukan jual yaitu untuk menjual barang preloved.

Nah apa itu barang preloved? Barang preloved dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan barang yang ‘pernah disukai’. Istilah ini memiliki makna barang yang pernah kita miliki sebelumnya atau barang koleksi pribadi miliki kita kondisi barang proved cenderung memiliki  kondisi yang baik. Kita pasti memiliki barang  yang sudah bosan kita gunakan atau kita merasa kurang lagi cocok dengann barang itu, nah daripada barang tersebut tidak  kita gunakan atau bahkan kita  buang lebih baik  jual  ke orang dengan memanfaatkan media sosial  yang kita miliki.ada beberapa media sosial saat ini yang bisa  digunakan untuk  menjual preloved, yaitu:

  1. Twitter

Sudah kita ketahui bersama pengguna twitter saat ini sangatlah banyak dan mereka sangat  aktif berinteraksi satu dengan yang lainnya yaitu membahas  topic yang  sedang hangat atau berinteraksi dengan sesama komunitas atau hobi (seperti penggemar kpop, sepak bola.). Menjual barang preloved di twitter cukuplah sederhana yaitu dengan memposting gambar barang preloved yang ingin kita jual dan tambahkan keterangan atau kondisi tentang barang tersebut dan cantumkan harga. Ada beberapa tips Jika ingin barang preloved cepat terjual:

  • Tambahkan  hashtag

kita  dapat menambahkan hashtag jenis barang tersebut dan beberapa hashtag yang biasa digunakan seperti #preloved,#wts,#wtb,#zonauang dan masih banyak lagi hashtag lainnya.

  • Manfaatkan base twitter

Base twitter adalah kelompok ataupun sebagian orang yang menggunakan twitter, yang memiliki kegemaran,kesukaan,minat dan hobi yang sama kemudian kita dapat mengirim pesan dalam bentuk anonim, pesan tersebut biasanya di  sebut menfess. Nah kita dapat memanfaatkan base twitter sehingga barang prloved yang kita jual cepat tersebar dan cenderung tepat kepada sasaran customer yang kita inginkan. Salah satu base twitter adalah akun  menfess kampus, nah kita dapat  memanfaatkan menfess kampus untuk menjual barang preloved kita dengan sasaran pembeli sesame mahasiswa kampus tersebut.

  • Manfaatkan kata trending topik

Di twitter terdapat fitur trending topik. Trending topik adalah kata atau fenomena yang sedang hangat di bicarakan di twitter. Kita dapat memanfaatkan kata yang terdapat di trending topik untuk menyebarkan posting penjualan barang  preloved kita agar postingan kita cepat tersebar luas.

2. Facebook

Facebook merupakan media sosial terbesar saat ini dengan pengguna aktif sekitar 2,9M. kita dapat memanfaatkan facebook untuk menjual  barang preloved kita di facebook.  Caranya tidak  begitu sulit cukup memposting barang yang ingin kita jual dihalaman pribadi kita untuk dilihat denagan sesama teman facebook kita dan kita dapat memanfaatkan grup atau komunitas yang terdapat di facebook.  Banyak sekali di facebook grup jual-beli atau komunitas yang memiliki ketertarikan, kesukaan, dan hobi yang sama . Nah kita dapat memanfaatkan grup  atau komunitas tersebut untuk menjual barang preloved kita. atau diupload ke grup jual beli   tersebut kemudian diberikan keterangan kondisi barang dan harga, biasanya akan terjadi tawar menawar di kolom komentar antara penjual dan calon pembeli dan metode  pembayarannya biasa menggunakan cod (Cash on delivery).

Menjual barang preloved di media sosial memiliki beberapa keunggulan  yaitu:

  1. Kita lebih mudah menemukan target pasar barang preloved kita.
  2. Harga barang masih menguntungkann  untuk kita dan pembeli  tidak  mendapatkan harga yang terlalu tinggi  karena tidak perlu adanya orang ketiga  atau makelar.
  3. Barang preloved dapat terjual dengan cepat karena informasi di medsos dapat tersebar secara luas dan cepat.

Video penjelasan:

Referensi:

https://www.liputan6.com/hot/read/4904698/preloved-artinya-barang-bekas-berkualitas-pahami-makna-dan-keuntungannya

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 − 78 =