PENTINGNYA LITERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA GENERASI MILENIAL

Hari ke hari perkembangan teknologi semakin berkembang pesat, akses untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi bisa kita dapatkan secara cepat dan mudah. salah satunya internet yang sudah menjadi teman setia kita dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, mulai dari membaca berita di situs online sampai membuat content seperti yang sedang populer saat ini. Dengan mudahnya akses ini memberikan kesempatan kepada kita untuk mengunggah informasi dengan sangat mudah hanya dengan satu sentuhan saja.

Sebagai mahasiswa, kita adalah generasi yang milenial dan muda harus memiliki kemampuan berliterasi yang nantinya akan berpengaruh penting dalam membantu keberhasilan mahasiswa sebagai generasi milenial. Dengan memiliki keterampilan literasi yang berkompeten akan membantu mahasiswa dalam memahami informasi baik itu secara lisan maupun tertulis. Dalam kehidupan sehari-hari, keterampilan berliterasi pada generasi milenial sangat penting dalam menunjang kempetensi yang dimiliki yang dapat mendukung keberhasilan hidup.

Di era yang serba digital ini ada juga yang namanya literasi digital. Sobat mahasiswa milenial tau ga apa itu literasi digital?

Literasi digital merupakan sikap suatu individu dalam menggunakan dan memanfaatkan media digital secara efisien dan efektif di berbagai bidang seperti pada bidang akademik. Menurut KBBI literasi digital diartikan sebagai kemampuan untuk mengerti informasi tentang komputer. Pada zaman sekarang ini kita dituntut agar bisa mengikuti perkembangan zaman yang serba cepat dan canggih ini tanpa mengenal usia. Steve Wheeler (2012) ditulisannya yang berjudul Digital Literacies For Engagement In Emerging Online Cultures, mengidentifikasi ada sembilan elemen penting dalam dunia litersi digital seperti social networking, transliteracy, maintaining privacy, managing identity, creating content, organising and sharing content, reusing/repurposing content, filtering and selecting content, serta self broadcasting.

Mengapa Literasi Digital Penting untuk Mahasiswa Generasi Milenial ini?

Penggunaan media digital di masa sekarang sangat mudah dirasakan pada semua lapisan masyarakat tidak terkecuali mahasiswa. Mahasiswa menjadi komponen penting yang harus memiliki kemampuan untuk mengolah setiap informasi yang mereka dapatkan. Dilatarbelakangi oleh kegiatan-kegiatan yang padat dan menggunakan teknologi digital membuat mahasiswa dituntut agar memiliki kemampuan literasi digital. Perkembangan zaman juga menjadi tuntutan tersendiri supaya literasi digital dapat terpenuhi karena mereka yang tidak bisa menguasai pemanfaatan teknologi akan dianggap ketinggalan zaman. Tentunya mahasiswa harus sadar akan hal ini. Dapat dilihat sebagian mahasiswa sudah mengenal akrab dengan teknologi. Hal ini bisa dilihat pada banyaknya pengguna perangkat berbasis teknologi di semua kalangan mahasiswa, perangkat berbasis teknologi yang umum digunakan mahasiswa antara lain smartphone dan laptop. Tetapi dalam pemanfaatan peralatan teknologi ini mahasiswa masih kurang, mereka lebih banyak menggunakannya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat seperti menonton film, berselancar di media social, bermain game dan lainnya. Namun perlu diingat bahwa kemampuan dalam menggunakan perangkat digital akan lebih bermanfaat untuk hal yang positif lainnya antara lain membaca jurnal, mecari materi pembelajaran di internet dan lain sebagainya.

Apa Peran Literasi Digital Untuk Mahasiswa ?

Pada dunia perkuliahan zaman sekarang, mau tidak mau harus diakui bahwa literasi digital menjadi penyeimbaang kemajuan teknologi yang sangat pesat ini. Karena mahir dalam akademik saja tidak cukup , maka dari itu harus diimbangi dengaan literas digital yang sangat bermanfaat dalam menghadapi tantangan zaman. Literasi digital juga menjadi penunjang bagi mahasiswa dalam mencari referensi pembelajaran pada situs online. Literasi digital juga membuat mahasiswa memiliki skill untuk berfikir kritis dalam menghadapi masalah, berkomunikasi dengan orang lain, team work, budaya membaca, dan belajar menciptakan karya mereka sendiri. Hal ini kemudian akan diterapkan pada kehidupan sehari-hari mereka, mulai dari lingkungan pendidikan sampai lingkungan masyarakat luas untuk membentuk sumber daya yang lebih baik dimasa mendatang.

Apa Manfaat Literasi Digital untuk Mahasiswa ?

Literasi digital banyak memiliki manfaat apalagi untuk mahasiswa, manfaat itu antara lain

  1. Menghemat waktu

Sebagai mahasiswa pasti akan banyak mendapatkan tugas dari dosen, melalui ini para mahasiswa akan mencari informasi maupun referensi yang dijadikan acuan bahan ajar mereka dalam memahami dan menyelesaikan tugas mereka. Waktu mereka tidak terbuang sia-sia karena menggunakan waktu tersebut untuk mencari informasi yang dibutuhkan mereka dengan mudah. dengan adanya situs online ini akan sangat mempersingkat waktu dari pada harus mendatangi ke tempat layanannya.

  1. Menjadi lebih aman

Dengan adanya situs, website hingga aplikasi yang bisa kita dapatkan melalui internet, seseorang dapat mengetahui informasi-informasi yang dibutuhkan untuk mengantisipasi apabila akan mengunjungi ataupun melewati daerah tersebut.

  1. Mengambil keputusan yang lebih baik

Literasi digital menjadikan seorang mahasiswa bisa membuat keputusan yang lebih bijak karena bisa menggunakan internet untuk membandingkan dan mempelajari informasi yang mereka pandang bisa membantu menyelesaikan masalah mereka.

  1. Media untuk hiburan ketika jenuh

Mahasiswa sangat membutuhkan hiburan untuk melepas penat mereka setelah melewati hari panjang untuk belajar, oleh karena itu di internet banyak sekali konten yang menyajikan video yang menghibur sehingga membantu mengurangi penat.

  1. Mempengaruhi orang lain

Dengan adanya internet membuat mahasiswa bebas berekspresi dalam bentuk tulisan, foto hingga video yang bisa disebarluaskan dengan sangat mudah dan cepat. Dengan cara ini mahasiswa dapat mengajak ataupun mempengaruhi orang lain agar mengikuti apa yang mereka sajikan.

Dapat juga diakses melalui YouTube dengan link sebagai berikut :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 40 = 46