TINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD MELALUI LITERASI DIGITAL

Oleh : Astrie Eka Riandhini

Literasi digital di sekolah dapat dikembangkan sebagai mekanisme pembelajaran yang terintegrasi dalam kurikulum atau dapat diterapkan melalui sistem belajar mengajar di sekolah. Sebagai pendidik atau guru yang menjadi fasilitator dalam kependidikan literasi digital dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelatihan yang ditekankan untuk mendorong peserta didik untuk ikut memanfaatkan teknologi melalui literasi digital disekitar lingkungan sekolah.

Perkembangan ilmu pengetahuan di era globalisasi mempengaruhi pendidikan di Indonesia untuk melakukan pembaharuan dalam pembelajaran dengan memperluas cakupan sumber belajar peserta didik yang bermutu. Perluasan yang dapat dilakukan yaitu dengan Penyediaan bahan bacaan dan alat peraga atau media literasi digital di perpustakaan sekolah sebagai penambahan sumber belajar, Memfasilitasi akses internet di sekolah serta perangkat komputer agar pembelajaran efektif dan efisien, Melakukan sharing dengan orang tua dalam menggunakan media pembelajaran digital untuk mengontrol siswa dalam mengakses internet dan memotivasi siswa agar lebih baik, kreatif, dan invotaif dengan pemanfaatan media digital.

Minat Belajar merupakan kunci utama dalam suatu keinginan awal siswa dalam mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan dengan informasi yang jelas dan terarah. Belajar dengan menggunakan literasi membaca dapat menjadikan perantara siswa dalam mewujudkan keinginan siswa memperoleh pengetahuan secara luas, meningkatkan prestasi akademik, dan mendapatkan relasi pertemanan yang positif dan saling mendukung.

Pada masa Pandemi Covid-19 para siswa generasi milenial mulai terdorong untuk menerapkan literasi digital. Dengan diterapkannya literasi digital di sekolah akan mewujudkan secara nyata dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Menurut Devri Suherdi dalam Buku Peran Literasi Digital di Masa Pandemi (2021) mengungkapkan bahwa literasi digital merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital secara bijak dan mengkomunikasikan informasi secara kognitif dan teknikal.

Dengan mewujudkan program literasi digital dalam pembelajaran dapat dijadikan suatu alternatif dalam proses belajar siswa yang menarik dan menyenangkan. Selain itu, literasi digital dapat dijadikan sebagai Langkah baru dalam mengembangkan sikap bersosialisasi siswa di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Dalam perkembangannya, perlu kemampuan dari pendidik dan siswa dalam menggunakan media digital untuk mencari sumber belajar dengan menggunakan aplikasi yang dibuat se menarik mungkin agar tidak bosan seperti animasi-animasi di setiap pembelajaran. Dengan menggunakan studi literatur atau mengumpulkan sumber informasi dari beberapa jurnal, internet, dan buku akan memudahkan siswa dalam memecahkan masalah dan mendapatkan kesimpulan.

Tingkat minat belajar siswa dipengaruhi oleh kemampuan literasi atau membaca yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari literasi digital adalah menambah minat belajar dan membaca siswa melalui aplikasi atau permainan dalam pembelajaran yang disediakan oleh Guru. Sedangkan Kekurangan dari literasi digital adalah masih terdapat siswa yang tidak memiliki gawai, tidak memiliki kuota internet, dan kurangnya minat belajar dan membaca siswa dalam melakukan studi literatur pada saat pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Janati, F., Safitri, D., & Ramadhani, M. R. (2021, December). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Literasi Digital: Definisi Membaca, Minat Baca, Literasi Digital sebagai upaya Peningkatan Minat Baca, Upaya Meningkatan Minat Baca Pada Anak SD/MI di Masa Pandemi Melalui Literasi Digital. In SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 1, No. 1, pp. 622-637). http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai/article/view/426/138

Tim, G. L. N. Kemendikbud. Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. http://surl.li/bsyhy

Koran Suara Merdeka Jateng Pos. Artikel Literasi Digital bagi Siswa Sekolah Dasar Oleh Puput Alfrianti,S.Pd.

Berikut merupakan Link Video Artikel Tingkatkan Minat Belajar Siswa SD Melalui Literasi Digital

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 36 − = 31