Pemanfaatan Aplikasi Ruang Guru Dalam Literasi Digital Di Bidang Pendidikan

Di era modern seperti sekarang ini perkembangan teknologi semakin cepat dan canggih membuat semua orang mudah untuk mendapatkan atau menyebarkan informasi, berdiskusi dan saling berbagi pikiran antara satu orang dengan yang lain. Salah satunya yaitu telepon pintar. Di dalam telepon pintar terdapat aplikasi untuk mempermudah mencari informasi, selain itu juga dapat dilakukan untuk belajar, contohnya saja aplikasi ruang guru. 

            Aplikasi Ruang Guru adalah aplikasi belajar dengan belajar terlengkap untuk segala kesulitan belajar. Ruang Guru menyediakan sistem tata kelola pembelajaran yang dapat digunakann murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual. Dilengkapi dengan ribuan bank soal yang kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia, serta peralatan analisis hasil tes, pengguna dapat memanfaatkannya tanpa dipungut biaya. Ruang Guru sebagai perusahaan lokal berkomitmen menjadi mitra pemerintah daerah untuk meningkatkan hasil akademis siswa di seluruh Indonesia dengan teknologi. Melalui pemanfaatan akses konten lewat perangkat mobile, Ruang Guru berusaha untuk memberikan konten pendidikan kelas dunia melalui teknologi kepada siswa dengan biaya lebih terjangkau daripada metode belajar konvensional.

            Konten yang dimiliki aplikasi ruang guru mencakup SD, SMP dan SMA sesuai dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman. Sedangkan yang dimaksud dengan dunia pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Dengan berkembangnya zaman ini, manusia sangatlah mudah untuk belajar dengan mudah dan cepat.Terlebih sebentar lagi akan diadakan SBMPTN yang ditujukan kepada siswa siswi SMA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

            Di dalam aplikasi Ruang Guru terdapat berbagai latihan soal yang disusun berdasarkan topik mata pelajaran, dapat ditaklukan sambil menagkap monster-monster yang tersebar di setiap topik mata pelajaran. Konsep yang paling mutakhir yang tersedia pada latihan soal daring ini sengaja dihadirkan untuk menambah nuansa belajar agar semakin menyenangkan.Selain itu ruang guru adalah sebuah pembajaran yang bersifat privat, karena menggunakan aplikasi ruang guru dapat dilakukan kapan dan dimana saja dengan cara yang cukup mudah, yaitu dengan memotret soal yang sulit, mengunggah dan mengirim pesan atau telepon dengan guru secara online, membuat murid dapat semakin memanfaatkan penggunaan telepon pintar mereka. Sistem manajemen belajar Ruang Guru menyediakan panel dasbor dan data wawasan bagi pemerintah untuk mendukung pembuatan kebijakan berbasis data, dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya.

Manfaat dan kelebihan ruang guru untuk siswa

  • Materi pelajaran mudah dipahami

Materi pelajaran yang diberikan oleh guru atau tutor mudah dipahami siswa. Selain itu materi pelajaran lengkap dan sesuai dengan program dan kurikulum pendidikan yang berkaku.Semua materi pelajaran itu dapat didownload kembali dengan hemat kuota. Siswa dapat mendokumentasikan dan mengulang kembali materi pelajaran yang tersaji di aplikasi Ruangguru.

  • Belajar lebih menyenangkan

Belajar melalui aplikasi Ruangguru sangat menyenangkan karena menggunakan media menarik.Materi pelajaran disampaikan dengan format video pembelajaran beranimasi, dokumen PDF, doc, jpg dan tautan situs sumber belajar. 

  • Waktu belajar lebih fleksibel

Siswa dapat belajar pada jadwal dan waktu yang fleksibel sehingga tidak mengganggu aktivitas utama selama di rumah.Artinya siswa dapat memilih jadwal belajar yang sudah disediakan sesuai keinginan.

  • Tugas dan PR didampingi tutor

Materi pelajaran disertai dengan latihan soal untuk menguji daya serap siswa. Kemudian ada bahan tugas dan PR.Siswa lebih mudah mengerti soal-soal tugas dan PR. Dapat dikerjakan langsung oleh siawa dibawah bimbingan tutor. Selain itu para tutor akan menjelaskan secara detail bagaimana penyelesaiannya.

  • Tugas dan PR didampingi tutor

Materi pelajaran disertai dengan latihan soal untuk menguji daya serap siswa. Kemudian ada bahan tugas dan PR.Siswa lebih mudah mengerti soal-soal tugas dan PR. Dapat dikerjakan langsung oleh siawa dibawah bimbingan tutor. Selain itu para tutor akan menjelaskan secara detail bagaimana penyelesaiannya.

  • Interaksi sosial

Pembelajaran di sekolah merupakan proses dan interaksi sosial. Aplikasi Ruangguru telah mengakomodir kebutuhan interaksi sosial itu dengan chat, kolom komentar serta live teaching.Fitur chat telah membantu siswa berkomunikasi dengan teman di seluruh nusantara. Saling bertukar pikiran dan berdiskusi tentang pembelajaran dan materi belajar serta soal latihan, tugas dan PR.

            Disini kita dapat menyimpulkan bahwa Ruang Guru dalam dunia pendidikan adalah suatu tempat atau forum dimana semua orang mencari dan memberikan informasi, berdiskusi dan berbagi pikiran antara satu orang atau lebih hanya dengan bermodalkan perangkat seluler atau teknologi yang terhubung dengan internet. Adanya penggabungan antara aplikasi Ruang Guru dengan dunia pendidikan ini membuat siswa mudah untuk belajar dan menambah wawasan tentang berbagai ilmu pengetahuan.Karena semua pembelajaran pada saat ini sangatlah mudah didapatkan dan diakses dimana pun kita berada, kita tidak perlu harus pergi ke perpustakaan sekolah maupun perpustakaan umum, datang dan bayar mahal untuk ke tempat les, namun kita hanya cukup menggunakan telepon pintar untuk belajar dan mencari informasi. Kita dapat menyimpulkan bahwa aplikasi ruang guru mampu memberikan edukasi terhadap anggota di dalam forum grup obrolan, para anggota dapat berkomunikasi sesama anggota, dengan guru untuk membahas sebuah permasalahan.

Berikut isi saya lampirkan link youtube:

https://youtu.be/Tg35NjpVO04

Daftar Pustaka

Setiawati, N. S. R. dan 2Mia. (2019). Aplikasi Pendidikan Online “Ruang Guru” Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 241–246.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 29 − 19 =