Pemanfaatan Aplikasi Google Apps Dalam Literasi Digital di Bidang Pendidikan

Siapa nih yang sudah paham atau mungkin belum paham tentang apa sih Aplikasi Google Apps itu dan kaitannya dengan literasi digital serta pemanfaatannya bagi dunia pendidikan?. Dari pada bingung yuk simak pembahasan berikut ini!

Google Apps adalah layanan berbasis aplikasi yang diciptakan oleh google. Melalui Google Apps membuat pengguna dapat mengunggah dan mengakses berbagai file seperti video, foto, spreadsheet dan PDF. Google Apps dapat diakses dimana saja. Melalui layanan manajemen dokumen online pada Google memberikan manfaat yang besar untuk dunia pendidikan. Lalu apa sih Kaitannya dengan Literasi digital?. Google Apps sangat erat kaitannya dengan literasi digital. Literasi digital merupakan kemampuan menggunakan teknologi informasi dari perangkat digital secara efektif efisien dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya literasi digital dengan pemanfaatan teknologi informasi menggunakan Google Apps for education yang disediakan oleh perusahaan mesin pencari google untuk segenap komponen pendidikan.

Melalui pemanfaatan aplikasi Google Apps dalam pembelajaran melalui smartphone dan tablet membuat guru maupun dosen dapat menyiapkan dan menyajikan materi pembelajarannya secara online dan offline yang mudah diakses. Mengunggah materi pembelajarannya dalam bentuk serta format seperti dokumen, audio, video, dan sebagainya. Materi-materi tersebut dapat dilihat langsung maupun diunduh dengan smartphone, tablet, komputer.  Google Apps for Education adalah layanan yang diciptakan oleg google untuk dunia pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA/MA/SMK hingga perguruan tinggi. Google Apps for Education sebagai aplikasi edisi Pendidikan Google Apps dilengkapi alat untuk komunikasi, kolaborasi,dokumentasi, penyimpanan, pembelajaran, dan keamanan tinggi. Lalu apakah manfaat dari aplikasi Google Apps bagi pendidikan?

Pemanfaatan Google Apps For Education Untuk Pendidikan

  • Gmail

Akun email untuk setiap siswa maupun mahasiswa, pengajar, staff dengan fasilitas, fungsi dan  kapasitas sama seperti akun gmail reguler 20 GB. Sehingga memudahkan siswa dalam mencari informasi dengan cepat.

  • Google Calendar

Siswa maupun mahasiswa mengorganisir rencana kegiatan dan acara yang selanjutnya dapat di bagikan pada yang lainnya.

  • Google Talk

Siswa maupun mahasiswa bisa memanggil dan mengirim pesan pada yang lainnya setiap saat dari manapun di dunia.

  • Google Docs

Siswa maupun mahasiswa bisa berbagi file dokumen. Kolaborasi dalam waktu yang nyata (real time) dengan kelompok dalam satu sekolah atau kampus dan hasilnya di publikasikan pada dunia.

  • Google Sites

Merupakan kerja sama digunakan untuk menjaga hubungan antara dokumen, isi web serta informasi lain pada suatu tempat.

  • Google Video for Educations

Video hosting dan sharing digunakan untuk internal (dalam) lembaga pendidikan untuk mengefektifkan kerja sama.

  • Google Classroom

Untuk pembelajaran campuran yang ditujukan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas.

  • Hangout

Untuk membuat pertemuan antar-teman maupun kelompok belajar secara tatap muka dari lokasi yang berjauhan.

  • Google Forms

Untuk menghimpun pendapat, data melalui laman website, untuk memberikan tugas latihan maupun ulangan online (quiz) dengan laman website, membuat formulir pendaftaran online

  • Spreadsheet

Untuk pembelajaran diantaranya untuk evaluasi belajar, survey pendidikan, model pembelajaran.

Banyaknya Pemanfaatan Google Apps For Education Untuk Mahasiswa 

Melalui aplikasi Google Apps dapat mendukung pengembangan diri para mahasiswa. Aplikasi Google Apps dapat dimanfaatkan untuk menajamkan pemikiran kritis ini bagi mahasiswa antara lain :

1. Dapat melakukan diskusi dan kolaborasi pengerjaan dokumen dengan Google Docs (di Google Drive), mahasiswa bisa mengerjakan tugas kelompok. Google Docs membuat orang dapat berkolaborasi dalam satu dokumen yang sama secara real-time. Mereka dapat saling melihat perubahan yang terjadi dan melakukan diskusi.

2.Dapat digunakan untuk gelar survei “Online” dengan Google Forms, mahasiswa dapat menggelar survei secara online. Keunggulan survei online yaitu data yang terkumpul bisa langsung diolah dan dipantau. Selanjutnya yang penting bagi kehidupan mahasiswa adalah networking yaitu kegiatan menjalin hubungan pertemanan dan membangun jaringan perkenalan.

3.Dapat digunakan sebagai manajemen waktu dengan Google Calendar, seorang mahasiswa dapat menjaga kontak dengan temannya serta berbagi kegiatan yang akan dilakukan bersama. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh kampus yang menerapkan Google Apps for Education adalah mengintegrasikan kalender akademik, hingga jadwal perkuliahan dan deadline tugas dengan aplikasi Google Calendar. Sehingga memudahkan setiap mahasiswa mengatur waktu.

4.Dapat digunakan dengan memanfaatkan Hangout kemampuan Hangout di Google Plus dapat membuat pertemuan antar-teman maupun kelompok belajar secara tatap muka dari lokasi yang berjauhan. Selain itu yang menjadi penting bagi mahasiswa ialah memiliki kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut bisa berupa organisasi formal (BEM, himpunan, hobi seperti grup musik atau olahraga.

5.Dapat digunakan untuk membangun situs kelompok dengan Google Sites, organisasi mahasiswa maupun kegiatan lainnya dapat digunakan dalam membangun situs untuk menampilkan kegiatan ataupun informasi lainnya. Google Sites juga mempermudah integrasi dengan aplikasi Google lainnya, seperti Docs, Spreadsheet, atau Forms.

6.Dapat digunakan untuk menggelar kegiatan dengan calendar Google Calendar dapat membuat sebuah kegiatan menyebar undangan untuk menggelar acara tertentu.

7.Dapat digunakan untuk daftar dan registrasi plus sebuah kegiatan dapat dilakukan melalui Google Forms sehingga dapat mencakup isian untuk data lain.

8.Dapat digunakan untuk membangun sites sebagai portofolio melalui Google Sites, mahasiswa dapat membangun sebuah halaman situs yang menunjukkan minat, kemampuan, dan prestasinya.

9.Dapat digunakan untuk mengunggah resume “Online” melalui Google Docs mahasiswa dapat mencatat dan menyusun resume yang kelak bisa diajukan kepada calon perusahaan tempatnya bekerja, maupun untuk kepentingan.

Pemanfaatan Aplikasi Google Apps Lainnya di Dunia Pendidikan Bagi Dosen Maupun Guru

Untuk proses belajar mengajar guru maupun dosen bisa melakukan kegiatan belajar mengajar melalui google Apps melalui cara : memberikan topik pelajaran dan siswa maupun mahasiswa memberikan pertanyaan maupun pernyataan yang sesuai sehingga terjadi diskusi yang interaktif antar satu dan lainnya. Melalui Google Apps dapat digunakan untuk merekam aktivitas siswa maupun mahasiswa di kelas diantaranya adalah merekam kehadiran, nilai, dan aktivitas siswa maupun mahasiswa. Melalui Google Apps dapat digunakan untuk Evaluasi Belajar seperti guru maupun dosen melakukan evaluasi melalui membuat kuis online dan memberikan penilaian secara otomatis dengan Google Form atau Google Classroom. Melalui aplikasi Google Apps mendukung kerja tim menggunakan spreadsheet google dimana guru maupun dosen memberikan tugas yang dikerjakan secara tim kepada siswa maupun mahasiswa yang bergabung dalam tim.

Melalui aplikasi Google Apps guru maupun dosen terlatih untuk memberikan pendapatnya. Sehingga dapat merangsang kreativitas siswa maupun mahasiswa dimana bebas mengutarakan ide dan gagasannya. Google Apps memfasilitasi penggunanya untuk membuat berbagai dokumen, baik dokumen naskah umum maupun naskah khusus. Layanan Presentasi menyediakan fasilitas pengguna untuk membuat file-file presentasi untuk pendidikan maupun pembelajaran di kelas. Spreadsheet pada Google Apps digunakan untuk pembelajaran diantaranya untuk evaluasi belajar, survey pendidikan, model pembelajaran. Layanan gambar menyediakan kesempatan bagi pengguna Google Apps untuk membuat objek yang bisa digunakam untuk pembelajaran. Layanan google form mempermudah dosen maupun guru untuk membuat formulir-formulir untuk kepentingan pendidikan.

Dari banyaknya manfaat yang akan diperoleh melalui google apps kita harus mau menerapkan aplikasi Google Apps dalam dunia akademis pada sistem pendidikan khusunya di sekolah dan di kampus. Sehingga, hal ini dapat memajukan sistem pendidikan di Indonesia dengan mengikuti
perkembangan literasi digital saat ini.

Berikut ini adalah link youtube penjelasan mengenai artikel Pemanfaatan Aplikasi Google Apps Dalam Literasi Digital di Bidang Pendidikan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.