Teknologi : Ibarat Pisau Bermata Dua

Ya. Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi, teknologi mempermudah dan mempercepat semuanya. Dengannya, segala aktivitas dan segala aspek kehidupan yang menyangkut manusia di dunia ini dapat dengan mudah dilakukan. Dan sepertinya, semua yang ada tersebut telah tersentuh oleh yang namanya teknologi ini. Hal semacam itulah yang disebut sebagai dampak positifnya.

Meskipun begitu, keberadaannya tidak selalu membawa hal – hal yang positif. Seperti yang lainnya, teknologi juga membawa hal – hal yang negatif, dimana hal tersebut merupakan suatu kepastian dari dunia ini. Kepastian yang dimaksud tersebut adalah, semua yang ada di dunia ini ibarat pisau bermata dua. Ia bisa menghasilkan hal yang baik maupun negatif, tergantung dari cara kita memanfaatkan atau memperlakukannya.

Ya. Kita tentu sudah tahu apa itu teknologi, apa saja hal – hal positif yang dihasilkannya, dan apa saja hal – hal negatif yang dihasilkannya pula.

Dalam KBBI, teknologi diartikan sebagai metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan, dan keseluruhan sarana untuk untuk menyediakan barang – barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Terlepas dari istilah itu, pada intinya kita semua tahu bahwa teknologi adalah sesuatu yang mempermudah segala aktivitas kita.

Kemudahan – kemudahan tersebut sebagai dampak positif telah ada di seluruh aspek kehidupan kita. Entah itu komunikasi, industri, perdagangan, pendidikan, ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, dan yang lainnya. Begitu pula dengan dampak negatifnya, yang mana ia selalu menyertai dampak positif tersebut.

Sedikit dari dampak positif dan negatif teknologi, disajikan dalam tabel di bawah ini :

NoAspekDampak PositifDampak Negatif
1KomunikasiKemudahan dalam komunikasi jarak jauhMerenggangkan hubungan keluarga
2IndustriInovasi di berbagai bidangMunculnya berbagai polusi
3PerdaganganKemudahan berbelanja onlinePenipuan
4PendidikanMunculnya berbagai platform yang mendukung pendidikanKetergantungan siswa pada teknologi, seperti : google, dsb.
5EkonomiNaiknya pertumbuhan ekonomiKonsumerisme
6PolitikSarana pembuatan kebijakanSebagai alat mengadu domba rakyat.
7SosialAlat pemersatu masyarakatPerubahan budaya

Sedikit dari contoh di atas, dapat menambah pengetahuan kita. Lantas, langkah berikutnya setelah membaca artikel ini, marilah kita untuk menginstropeksi diri kita sendiri. Sudahkah kita memanfaatkan teknologi yang ada ini secara benar, sehingga ia menjadi pisau yang bermanfaat bagi kita? Atau justru kebalikannya, ia menjadi pisau yang membahayakan atau bahkan membunuh kita? Mari kita renungi dan perbaiki diri kita.

Berikut selengkapnya : https://www.youtube.com/watch?v=KmEXapgK4Ok

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha − 1 = 4