Kode Etik Menggunakan Media Digital

Zaman sekarang masih banyak orang yang tidak tahu aturan dalam penggunaan media digital khususnya smartphone, smartphone seringkali digunakan untuk hal-hal yang kurang baik seperti

1. Menyebarkan berita hoax; 2. Cyberbullying dan masih banyak lagi. Kenapa itu bisa terjadi?, karena tidak banyak yang tahu dari kita etika dalam penggunaan media tersebut dan dampak dari kita melakukan hal-hal yang seperti yang disebutkan tadi. Maka dari itu ada etika dalam penggunaan media digital:

A. Etika

Etika adalah studi tentang nilai-nilai, apa yang lebih penting atau tidak penting, apa yang baik atau apa yang buruk. Etika adalah pedoman atau pedoman perilaku dan norma. Etika menyediakan kerangka kerja dan alat untuk mengenali dan membuat pilihan yang tersedia dan untuk membedakan antara yang lebih baik atau kurang baik secara moral dari situasi tertentu.

Peneliti mengidentifikasi sejumlah pendekatan untuk mempelajari etika komunikasi, termasuk fokus pada tujuan, makna, konsekuensi, tugas, hak, kewajiban, dan tanggung jawab.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa prinsip etika yang berlaku secara universal seperti mengatakan yang sebenarnya, tidak menyakiti orang lain, berbuat baik, menghormati privasi orang lain, dan bersikap adil dan bertanggung jawab secara sosial.

Prinsip-prinsip etika tersebut menjadi dasar bagi etika komunikasi interpersonal atau etika komunikasi interpersonal, etika hubungan masyarakat, etika komunikasi bisnis, etika komunikasi antar budaya, etika komunikasi organisasi, etika komunikasi massa, dan lain-lain.

B. Media Komunikasi

Sedangkan yang dimaksud dengan media komunikasi adalah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Dengan kata lain, media adalah tempat terjadinya pesan antara komunikator dan komunikan.

Media komunikasi memiliki beberapa dimensi yang memungkinkan peneliti untuk mengevaluasi efektivitas media komunikasi yang berbeda.

Fungsi utama media komunikasi adalah untuk menyampaikan pesan. Oleh karena itu, dalam penggunaan media komunikasi, kita juga harus menerapkan beberapa standar perilaku etis yang kita ikuti dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa etika dalam penggunaan media komunikasi yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Komitmen terhadap komunikasi etis

Etika adalah prinsip-prinsip yang diterima untuk mengatur perilaku dalam masyarakat.

Tidak semua orang dalam masyarakat setuju dengan perilaku etis. Oleh karena itu, sebelum mengatakan atau menyampaikan sesuatu kepada orang lain, kita memiliki tanggung jawab untuk memikirkan apa yang akan dikatakan dan konsekuensinya.Di permukaan, kita dapat dengan mudah mengidentifikasi perilaku etis, tetapi memutuskan apa yang etis dalam situasi yang kompleks merupakan tantangan tersendiri.

2. Menggunakan media komunikasi secara proporsional

Dalam dunia kerja hendaknya kita menggunakan media komunikasi seperti media sosial dan media elektronik lainnya sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Jangan menggunakan media komunikasi di kantor untuk kepentingan pribadi selama jam kerja karena berbagai media komunikasi tersebut dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi di lingkungan kerja.

Selain dunia kerja, kita juga harus menggunakan media komunikasi secara proporsional dalam kehidupan sehari-hari, seperti tidak menggunakan media komunikasi untuk tujuan kriminal. Penggunaan media komunikasi yang tidak proporsional dapat menimbulkan tindak pidana dan menimbulkan akibat hukum.


3. Gunakan media komunikasi secara produktif

Media komunikasi yang kita gunakan di dunia kerja seperti media sosial dan media komunikasi elektronik lainnya harus ditujukan untuk mendukung kinerja kita di kantor.

Mengetahui dan menggunakan media komunikasi dengan baik, tidak perlu mahir, bisa membuat kita lebih produktif. Karena mereka yang nyaman menggunakan media komunikasi akan memiliki keunggulan kompetitif di dunia kerja.

4. Hati-hati dalam menyampaikan informasi

Kita harus ingat bahwa semua informasi yang kita kirimkan secara elektronik dapat bersifat permanen dan dapat diakses oleh publik bahkan setelah informasi tersebut dihapus.

Untuk itu, berpikir dua kali sebelum menyampaikan informasi secara elektronik atau melalui dunia maya. Karena sangat memungkinkan untuk menemukan penulis atau pembuat informasi yang diposting di dunia maya.


5. Hormati dan hargai privasi orang lain
Saat berkomunikasi dengan orang lain melalui internet, kita juga perlu mengacu pada etika berkomunikasi di internet. Setiap orang memiliki kepentingan pribadinya masing-masing yang tidak bisa kita langgar begitu saja. Ada batasan yang harus kita pahami dan patuhi agar tidak terjadi konflik.






You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha − 5 = 3