PEMANFAATAN APLIKASI BELAJAR ONLINE DI MASA PANDEMI

Merebaknya virus COVID-19 yang melanda sebagian besar negara di dunia ini langsung membawa perubahan besar di segala aspek kehidupan. Begitu pula di Indonesia khususnya di bidang pendidikan, dampak dari pandemi COVID-19 telah menyebabkan kegiatan belajar mengajar di sekolah terkendala atau bahkan terhenti. Siswa yang terbiasa dengan kegiatan belajar tatap muka dengan guru di sekolah tiba-tiba harus beralih dari kegiatan belajar disekolah menjadi belajar dari rumah (Daring). Banyak dari mereka yang berpendapat bahwa Awalnya, mereka merasa nyaman karena tidak harus pergi ke sekolah setiap pagi dan kegiatan belajar dipindahkan ke rumah secara online, karena merasa memiliki banyak waktu luang di rumah. Namun, seiring berjalannya waktu, kegiatan belajar dari rumah di masa pandemi menimbulkan banyak masalah, dan siswa menghadapi banyak kesulitan dan tantangan yang harus mereka hadapi. Adanya kendala-kendala yang dihadapi selama belajar dari rumah membuat siswa harus lebih kreatif dan berusaha mencari tahu lebih banyak lagi mengenai solusi yang bisa dilakukan. Misalnya, penggunaan aplikasi aplikasi belajar online . Ternyata banyak sekali aplikasi pembelajaran online yang bisa digunakan untuk membantu siswa memahami materi, mencari referensi bahan belajar, mengerjakan pekerjaan rumah, dan aplikasi pengumpulan pekerjaan rumah untuk membantu berbagai hal menjadi lebih mudah.

1.Ruangguru.
Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

2.Quipper adalah sebuah startup belajar online atau kita sering sebut dengan e-learning. Seperti kategorinya, Quipper menyediakan media bimbingan belajar secara online yang bisa kita gunakan di mana pun kita berada.

3.Zenius Zenius memiliki program Belajar Mandiri di Rumah #BisaBareng dengan menyediakan puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk jenjang SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi. Selain itu siswa dapat mengakses materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, dan UTUL UGM.

4.Kelas Pintar merupakan solusi pembelajaran online yang siap membantu kegiatan belajar kamu kapan pun dan di mana pun. Melalui Metode Kelas Pintar, sistem yang terintegrasi dan teknologi interaktif, Kelas Pintar siap menjadi solusi belajar tanpa tatap muka. Yang bisa di Dapatkan yaitu berbagai materi pembelajaran ter-update untuk pendidikan tingkat SD, SMP dan SMA.

5.RUMAH BELAJAR merupakan hasil pengembangan portal sebelumnya yang diluncurkan pada 15 Juli 2011, berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran.

6.Meja Kita merupakan platform pendidikan daring yang memberdayakan siswa di berbagai wilayah di Indonesia untuk berkolaborasi dalam pembelajaran. Penyajian materi dilakukan secara tematis dan dilengkapi forum diskusi yang bisa dimanfaatkan untuk tanya jawab. Platform ini sudah digunakan 15,000+ siswa di 223 kota.

Berikut adalah link video yang saya upload di youtube


You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.