Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Dunia Olahraga

Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang ini kemajuan teknologi sudah menjadi perpaduan sempurna dengan bidang lainnya, salah satunya dalam bidang olahraga. Tentu saja kemajuan teknologi  ini banyak menemukan perpaduan serta memunculkan berbagai ide segar dalam dunia olahraga. Kemajuan teknologi dalam olahraga mampu mendukung kerja keras para atlet sejak dini. Oleh karenanya para atlet akan mampu mempersiapkan diri lebih awal dan mampu menghadapi bermacam bentuk tantangan kompetisi.

Berbagai macam teknologi modern sudah banyak diterapkan didunia olahraga saat ini, seperti dapat kita lihat di olahraga sepak bola seperti pada liga – liga sepak bola eropa yang sudah menggunakan teknologi garis gawang atau “Goal-Line Technology” yang sudah diterapkan sejak tahun 2012. Yang menjadi penyebab mengapa “goal-Line Technology” ini akhirnya disetujui oleh FIFA selaku federasi sepak bola tertinggi di dunia adalah keputusan-keputusan kontroversial pada gelaran kompetisi FIFA World Cup 2010 South Africa. Dimana Frank Lampad menciptakan gol yang dianulir wasit walaupun bola terlihat jelas masuk ke gawang Jerman pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan setelah itu ada berbagai konflik dan polemic mengenai gol tersebut hingga “Goal-Line Technology” ini akhirnya diterapkan. Adapun system asisten wasit video atau lebih dikenal dengan VAR (Video Assistant Referee) adalah asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat rekaman video instan. VAR di ujicoba penggunaannya sejak Maret 2016 oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB). Dengan teknologi ini, wasit memiliki akses terhadap video rekaman ulang selama pertandingan dan dapat meminta untuk meninjau ulang insiden atau berkomunikasi aktif dengan wasit utama tentang insiden yang mungkin terlewat. Teknologi ini sangat mengubah dunia sepak bola bahkan dunia olahraga karena trobosan ini memaksa cabang olahraga lain untuk mengikuti, karena ini sangat diperlukan agar semua keputusan diambil dengan adil oleh wasit. Dalam sepak bola, tanpa VAR, sepak bola bisa menjadi kontroversi karena jika tidak ada VAR maka banyak keputusan yang dibuat oleh wasit berbuah protes keras dari para pemain misalnya “Offside” salah satu aturan disepak bola yaitu ketika pemain berada didepan dari pemain terakhir lawan maka hal tersebut dikatakan offside ketika wasit dan asisten wasit tidak secara jelas melihat bahwa pemain tersebut offside maka VAR dapat membantu memutar ulang rekaman video agar wasit dapat melihat apakah pemain tersebut offside secara jelas.

Teknologi VAR ( Video Assistant Referee )

Dalam cabang olahraga renang. Teknologi disini berperan untuk mengetahui jenis teknik pernafasan apa yang paling sesuai dengan seseorang, sehingga dapat memaksimalkan kecepatan berenang. Atau juga dalam olahraga golf, seorang pemain akan dapat menentukan arah pukulan secara tepat. Adapun dalam olahraga Badminton. Dalam cabang ini teknologi mulai dipergunakan yaitu Instant Review. Instant Review memperbolehkan pemain yang tidak setuju dengan keputusan hakim garis untuk melakukan challenge dengan langsung mengangkat tangan dan mengucapkan “challenge” kepada wasit. Setiap pemain hanya diperbolehkan melakukan hal ini sebanyak dua kali dalam satu pertandingan. Wasit kemudian akan melihat video rekaman gerak lambat. Mirip seperti teknologi “Eagle Eye” di tennis. Jika challenge yang diajukan pemain terbukti benar, maka ia masih memiliki dua kesempatan lain untuk mengajukan hal yang sama. Tetapi jika challenge terbukti salah, maka pemain hanya tinggal memiliki satu kesempatan.Teknologi ini juga merupakan terobosan yang sangat baik dari BWF karena mampu meminimalisir kesalahan hakim garis yang bisa saja terjadi. Sistem yang tidak terlalu kompleks seperti pencacatan waktu juga mengalami kemajuan seiring berjalannya waktu, saat ini sudah menggunakan pencatat waaktu digital yang lebih akurat.

Peralatan olahraga juga saat ini menjadi elemen penting bagi atlet-atlet modern seperti sepatu, kaos olahraga, raket, ataupun bola. Bahkan merk apparel olahraga saat ini seperti Nike, Adidas, dan Puma menjadi pelopor utama dalam kemajuan teknologi peralatan olahraga bagi atlet-atlet zaman sekarang, bisa kita lihat dari mega bintang dari berbagai cabang olahraga seperti Cristiano Ronaldo dan Lebron James dengan apparel Nike, Lionel Messi dan James Harden dengan apparel Adidas, dan juga Neymar dan Usain Bolt dengan apparel Puma, mereka merupakan atlet-atlet berprestasi tinggi di cabang olahraga nya masing-massing, dan ini juga menunjukkan bahwa pentingnya peralatan olahraga modern dalam menunjang prestasi dari para atletnya. 

Aparel mega bintang olahraga dunia

Dari sekian banyak kecanggihan dan kemajuan teknologi terkini, teknologi yang paling sering digunakan adalah teknologi digital dan juga kamera, karena diberbagai cabang olahraga, kamera memiliki peran yang sangat penting, bisa untuk “broadcast” atau penayangan yang akan menjadi hiburan bagi orang banyak dan juga bisa menjadi pembantu wasit untuk memutuskan berbagai masalah yang terjadi dilapangan pada saat pertandingan berlangsung.

Link Video Penjelasan : https://youtu.be/dvCzxgNPLH8

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 97 − = 87