ANALISIS PERKEMBANGAN DAN TRANSFORMASI TEKNOLOGI DIGITAL DI INDONESIA

NUR FAUZIYAH

Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Hal ini dikarenakan proses perkembangan teknologi informasi / teknologi digital yang mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesat di dunia sehingga mampu menimbulkan perubahan atau transformasi dari masyarakat dunia yang mulai beralih dan memanfaatkannya dalam berbagai kegiatan pribadi maupun sosial. Beberapa point penting yang terkait dengan teknologi informasi dan digital juga diulas untuk memberikan deskripsi tentang pentingnya teknologi ini dan dampak-dampaknya bagi masyarakat dunia.

  • Teknologi Digital

Teknologi Digital adalah sebuah teknologi informasi yang lebih mengutamakan kegiatan dilakukan secara komputer/digital dibandingkan menggunakan tenaga manusia. Adanya teknologi digital membuat banyak perubahan di dalam kehidupan. Perkembangan teknologi ini membawa perubahan pada kualitas dan efisiensi kapasitas data yang dibuat dan dikirimkan, seperti ; gambar menjadi semakin jelas karena kualitas yang lebih baik, kapasitas menjadi lebih efisien dan proses pengiriman yang semakin cepat. Dari system ini dihasilkan berbagai perkembangan yang sangat signifikan seperti bidang komunikasi, transformasi informasi, pengolahan data, keamanan data dan penanganan kegiatan yang semakin komplek.

Misalnya, diambil contoh pada bidang komunikasi. Komunikasi sekarang ini telah berkembang pesat dengan adanya penemuan jaringan komunikasi data yang semakin maju mulai dari jaringan HSDPA, 2G, 3G, 4G bahkan sudah mulai masuk ke teknologi tinggi yaitu 5G. Kecepatan perkembangan teknologi jaringan ini begitu singkat dan melampaui batas kecepatan perkembangan hardware, sehingga banyak konsumen teknologi informasi yang selalu harus mengkuti perkembangan ini agar dapat menikmatinya. Hal ini dikarenakan, disaat masyarakat masih menikmati jaringan 4G telah ada jaringan yang lebih cepat dan besar kapasitasnya.

  • Tranformasi Digital

Transformasi digital adalah sebuah perubahan cara penanganan sebuah perkerjaan dengan mengunakan teknologi informasi untuk mendapatkan efisiensi dan efektifitas. Contoh bidang yang telah melakukan transformasi ini ialah seperti pada bidang pendidikan dengan e-learningnya, bisnis dengan e-bisnis, perbankan dengan e-banking, pemerintah dengan e-government dan masih banyak lagi yang lain, intinya adalah peningkatan efisiensi dan efektivitas pekerjaan dan berkas pendukungnya dengan menggunakan database.

Dalam bidang bisnis, dengan adanya transformasi digital, memberikan kemudahan para pelanggan untuk memesan produk atau melakukan pemesanan tentang berbagai hal lainnya dengan mudah dan murah. Hal ini dikarenakan proses pemasran dan administrasinya tidak membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, transaksi juga dapat dilakukan secara online, mulai dari pemesanan, pembayaran, konfirmasi sampai pada proses pengecekan pengiriman barang semua dilakukan secara digital.

  • Kemudahan Sistem Digital

Dengan adanya teknologi digital efisiensi dan efektivitas telah terbukti di masyarakat, seperti hotel yang bekerja sama dengan aplikasi travel berbasis online seperti Traveloka dan Trivago serta adanya sistem pembayaran digital, seperti pembayaran di Tol, Gojek, dan toko online yang dapat mempermudah kegiatan hidup manusia khususnya dalam dunia teknologi. Kemudahan sistem digital juga sangat berpengaruh pada dunia perbankan seperti adanya aplikasi mobile banking yang mempermudah transaksi keuangan konsumen.

  • Trasformasi Aktivitas Individu Ke Sistem Digital

Di era digital individu menggunakan berbagai fasilitas teknologi ini untuk memudahkan dan membantu kegiatan sehari-hari seperti :

  1. Mendapatkan berbagai sumber belajar serta materinya secara cepat dan murah bahkan proses pembelajaran dapat dilakukan melalui suatu sistem.
  2. Mendapatkan berita dan informasi yang dibutuhkan setiap saat.
  3. Melakukan sosialisasi melalui fasilitas digital.
  4. Mencari hiburan dan pengalaman dari media digital sesuai dengan yang menjadi perhatiannya.
  5. Mendapatkan barang dan jasa dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  • Dampak Transformasi Digital

Telah nyata muncul di masyarakat berbagai fasilitas digital yang dapat dimanfaatkan untuk membantu kegiatan-kegiatan sehari-hari seperti, e-commerce, e-banking, e-learning, e-money, e-tol dan berbagai peralatan praktis hasil rekayasa perangkat lunak yang digunakan untuk kegiatan seperti aplikasi perkantoran, aplikasi bisnis, aplikasi entertainment, aplikasi untuk kesehatan dan lain sebagainya. Namun, adanya berbagai macam perubahan atau transformasi digital ini dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan masyarakat. Adapun dampak tersebut ialah sebagai berikut.

  1. Kejahantan Sistem Digital
  • Adanya pelanggaran hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Banyak sekali karya-karya cipta yang sudah ada di dalam internet, diperjualbelikan tanpa meminta izin ke pencipta karya tersebut. Misalnya pembajakan musik, pembajakan film, pembajakan buku cetak, juga merupakan contoh pelanggaran hak cipta. Hal tersebut juga merugikan para pencipta karya.

  • Munculnya informasi digital yang tidak sesuai dengan fakta (hoax)

Penyebaran hoax dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan memutarbalikkan fakta tertentu hingga membuat kegaduhan publik.

  • Adanya penipuan digital yang mengatasnamakan orang lain

Penipuan digital terjadi karena adanya penyalahgunaan data pribadi yang dilakukan oleh oknum dengan kecanggihan teknologi digital. Korban biasanya disebut dengan istilah cybercrime. Modus penipuan digital beragam, seperti mengatasnamakan survei untuk mendapatkan data pribadi maupun penjualan produk dari harga diskon yang besar website e-commerce yang tidak resmi.

2. Perilaku Individu Dalam Bidang Sosial Terhadap Perkembangan Sistem Digital

  • Perubahan dalam komunikasi

Perubahan yang paling terlihat ialah orang-orang cenderung memilih berkomunikasi melalui ponsel daripada datang langsung untuk bertemu.

  • Menurunnya moral

Selain budaya positif, budaya negatif juga dapat diakses dengan mudah dari internet. Contohnya saja, pornografi, kekerasan, dan juga budaya buruk lainnya. Jika yang ditiru adalah budaya negatifnya, maka moral suatu bangsa akan menurun, terutama untuk remaja dan juga anak-anak.

  • Terciptanya anti sosial

Kemajuan teknologi juga dapat membuat seseorang akan lebih menikmati waktunya dengan komputer dan di rumah ketimbang bersosialisasi dengan orang lain. Salah satu bahaya kecanduan internet adalah dapat menciptakan anti sosial di dalam dirinya. 

  • Munculnya budaya instan

Kemajuan internet dapat memanjakan siapapun. Misalnya saja membeli barang-barang dengan mudah melalui aplikasi belanja online tanpa harus keluar dari rumah. Hal ini dapat memunculkan sikap malas pada seseorang dan tentunya tidak baik untuk tubuh.

  • Gaya berpakaian yang mulai berubah

Dulu, gaya pakaian yang dikenakan lebih sopan dan terjaga sikapnya. Sekarang, semenjak era internet mulai masuk, terdapat perubahan yang signifikan. Baju ala kebarat-baratan mulai merajalela. Jika baju yang dikenakan masih sopan itu tidak menjadi masalah. Akan tetapi faktanya baju yang terlihat kurang bahan justru disukai oleh anak muda. Sebab, pakaian semacam itu nampak gaul dan keren di kalangan mereka. Jika seperti itu terus, generasi selanjutnya mungkin tidak akan mengenal kembali pakaian tardisional daerah setempat.

  • Upaya Mengurangi Dampak Negatif Teknologi Digital

Kemajuan teknologi informasi tidak mungkin ditolak tetapi harus dapat dimanfaatkan agar tidak tersisih dari tata pergaulan masyarakat dunia. Oleh sebab itu, adanya dampak negatif dari teknologi digital juga harus diatasi. Adapun upaya untuk mengurangi dampak negatif dari teknologi digital ialah sebagai berikut.

  1. Gunakan teknologi informasi sesuai dengan tujuannya.
  2. Memilih informasi yang memiliki sumber jelas.
  3. Sebelum membagikan informasi, telusuri terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut.
  4. Jauhi situs-situs yang tidak bermanfaat.
  5. Ketika bersosial media, utamakan rasa toleransi dan saling menghargai.
  6. Jangan mudah terpengaruh terhadap informasi yang provokatif.
  • Model Transformasi Digital Di Masa Depan

Dimasa depan manusia tidak dapat terlepas dari teknologi informasi dan sistem digital dalam kegiatan sehari-hari. Semua akses kehidupan akan langsung terintegrasi dengan kegiatan manusia, dengan munculnya e-money semakin memudahkan proses transaksi dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari, mulai dari bangun tidur sampai pada tidur kembali, semua disediakan oleh sistem teknologi digital.

Jadi, perkembangan teknologi informasi di dunia akan meningkat sangat pesat dengan berbagai alat dan teknologi baru yang terus ditemukan, sehingga semakin menigkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan manusia. Dengan sebutan era digital semua elemen kehidupan manusia telah menggunakan teknologi ini untuk menggantikan campur tangan manusia didalam kegiatannya. Perubahan dari kegiatan manual ke sistem informasi atau disebut proses transformasi ini terus berlanjut dari masa kemasa, sehingga nantinya semua kegiatan disekitar manusia tidak dapat lepas dari teknologi informasi ini. Namun, selain membawa kemudahan dalam kehidupan manusia, teknologi digital juga membawa dampak buruk bagi masyarakat. Oleh sebab itu, harus ada upaya untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan di masa depan, antara manusia dan teknologi digital akan menyatu dalam setiap kegiatan, akses informasi terkoneksi langsung dan melekat dengan individu.

Agar mempermudah pemahaman, terdapat penjelasan yang lebih ringkas terkait materi di atas yang dapat disimak melalui link berikut:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.