PENGGUNAAN A.I ( Kecerdasan Buatan ) PADA BIDANG PERTAHANAN

Di dunia ini suatu negara pasti memiliki tentara dan juga persejataan seperti tank, kapal perang, dan pesawat tempur guna menjaga kedaulatan dan kepentingan nasionalnya, namun seiring dengan perkembangan zaman teknologi senjata juga ikut berkembang pesat. Sekarang dapat kita lihat kemajuan teknologi militer tersebut seperti dengan adanya pesawat tanpa awak dimana sang operator tidak perlu ikut naik di dalam pesawat namun cukup mengendalikan dari darat saja.

Oleh karena itu kedepanya teknologi A.I ( kecerdasan buatan ) bukan tidak mungkin akan di gunakan dalam bidang pertahaan. Lalu bagaimana jika teknologi A.I di gunakan dalam bidang pertahanan.

Pelibatan Artificial Intelligence di perbatasan guna menjaga kedaulatan negara, pentingnya integrasi dalam pemanfaatan teknologi AI dalam sebuah wadah agar pengamanan perbatasan negara bisa terselenggara dengan baik oleh semua pihak Selain itu, perlunya pengaman dalam mengantisipasi dan melindungi Big Data dan Artificial Intelligence dari serangan hacker atau virus dan pentingnya regulasi sebagai penghubung yang mengatur pemanfaatan Artificial Intelligence. Saat ini sistem pengamanan negara di perbatasan secara teknologi masih minim dan belum optimalnya penggunaan artificial intelligence sebagai alutsista TNI.

lalu dalam pengolahan sistem keamanan negara. Menurutnya, pemanfaatan big data dibidang pertahanan negara lebih ditujukan untuk melakukan validasi proses dan mekanisme information sharing dari berbagai sumber data dan bermacam tipe data agar dapat diseleksi dan disusun prioritas untuk pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam suatu aksi militer.

 dalam peperangan modern, keunggulan informasi (information superiority) menjadi faktor penentu kemenangan pertempuran. Pemanfaatan jaringan komputer berbasis satelit pada Combat Management System yang modern dan aman mengolah big data agar pasukan tempur di mandala operasi dapat merebut keunggulan informasi atas lawan, termasuk untuk identifkasi kawan atau lawan

dalam perangkat militer A.I  juga sering di gunakan seperti misal drone ( pesawat tanpa awak ) , mesin pembunuh otonom , dan peluru kendali Bahkan, proyek jet tempur generasi ke-6 milik Amerika Serikat, NGAD pun dicanangkan akan mendapatkan fitur AI. Selain pesawat tempur, hal ini berlaku juga untuk helikopter. Seperti yang diketahui, arah masa depan lain untuk helikopter adalah munculnya drone, yang tidak menimbulkan korban jiwa.

dengan pesatnya pertumbuhan teknologi komunikasi, tak menutup kemungkinan teknologi militer akan mengintegrasikannya dengan hal tersebut.Ini berarti, teknologi militer bisa saja mendapatkan kemampuan dan efisiensi fiturnya melalui kecerdasan buatan.Saat ini, sudah ada banyak negara yang mencoba mengintegrasikan teknologi militer buatannya dengan hal tersebut.

Lalu apa saja keunggulan ketika kita menggunakan kecerdasan buatan dalam pertahanan?

  • Menghindari human eror

 Manusia melakukan banyak kesalahan walaupun dalam tugas berulang seperti barisan pengeluaran. Walau bagaimanapun, komputer yang menggunakan Ai membatalkan kesilapan ini dan menghasilkan hasil yang sama setiap masa. Contoh dalam meng identifikasi target dalam bebrapa kasus prajurit melakukan kesalahan yang berujung gagalnya misi atau bahkan hilangnya nyawa warga sipil

  • Mengurangi resiko korban jiwa dari perajurit

Mesin bertenaga AI digunakan di berbagai industri di mana kehadiran manusia mungkin berisiko atau akan berbahaya jika manusia yang mengerjakanya seperti misi pengintaian ke daerah musuh.. Mesin dengan kemampuan AI juga digunakan dalam operasi menyelamat, mengurangkan tekanan dari pasukan musuh

  • Ketersediaan selalu ada:

 Mesin tidak bosan, mesin dapat berfungsi tanpa istirahat dan menghasilkan hasil yang tepat berulang kali. Terlebih jika sudah ada kendaraan tempur otonom maka benda itu tidak akan memiliki rasa takut layaknya manusia.

  • Keputusan Lebih Cepat

 Dengan prestasi dan kekuatan yang lebih baik, AI dapat memproses sejumlah besar data dan menyimpulkan hasil yang lebih cepat. Pada waktu yang sama, AI dapat mempertimbangkan pelbagai faktor dan membantu pengguna membuat keputusan yang tepat.

Namun penggunaan AI juga memiliki keurangan

Mari kita lihat beberapa kelemahan AI

  • biaya Tinggi

 Aplikasi AI menggunakan konsep seperti Rangkaian Neural Buatan yang memerlukan peralatan yang kuat dengan komposisi yang sempurna untuk memproses berbagai data dengan cepat dan tepat. Juga, memerlukan banyak biaya untuk melaksanakan perintah tersebut dan perlu perawatan yang menambah biaya.

  • Tidak ada emosi

AI tidak mempunyai emosi, atau paling tidak berada di tahap dibandingkan dengan manusia. maksudnya mereka tidak dapat menjalin hubungan dengan manusia atau mesin lain untuk menyelesaikan masalah tertentu yang merupakan bahagian penting dalam pengurusan pasukan.

  • Pemikiran kotak

 AI hanya dapat melakukan tugas yang dirancang, apa pun yang melebihinya akan mengakibatkan, kerusakan sistem, atau menghasilkan output yang tidak relevan.

Link YouTube : https://youtu.be/G2_gos23qfQ

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.