Dampak Positif dan Negatif AI Bagi Pelajar

ABSTRAK

AI (Artificial intelligence) atau kecerdasan buatan adalah sistem atau mesin yang dapat melakukan tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia. Saat ini AI sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan, khususnya bagi para pelajar. Namun, kegunaan AI juga menimbulkan berbagai dampak positif maupun negatif terhadap para pelajar yang menggunakannya. AI juga dapat mempengaruhi pola pikir para pelajar.

Kata Kunci : Dampak, AI, Pelajar

PENDAHULUAN

Teknologi (Artificial IntelligenceAI atau kecerdasan buatan  mengalami perkembangan yang cukup besar dari tahun ke tahun. Dengan adanya fitur, fungsi, dan tampilan yang baru semakin berdampak pada banyak aspek kehidupan manusia tidak terkecuali dalam pendidikan. Kecerdasan buatan mulai digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi. Kecerdasan buatan menjadi bagian primer dalam tumbuh kembang teknologi pendidikan. Teknologi AI ini juga memudahkan pelajar untuk mencari hal-hal yang ingin mereka ketahui atau pelajari, tetapi tidak terdapat pada buku pelajarannya. Namun, AI ini juga memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya. Diartikel ini saya ingin membahas mengenai dampak positif dan negatif penggunakaan AI bagi pelajar.

PEMBAHASAN

AI atau Artificial Intelligence sekarang banyak digunakan, terlebih oleh para pelajar. Banyak aplikasi pembelajaran digital informal, misal aplikasi YoutubeInstagram atau Tiktok, mereka mungkin memiliki terlalu banyak kebebasan, yang mengakibatkan pembelajaran yang tidak produktif. Dapat dikatakan, sekolah masih memihak pada teknologi pendidikan yang formal seperti e-book maupun video animasi.

Namun, apakah para pelajar yang menggunakan AI tersebut dapat mengendalikan dan menavigasi diri dengan kecerdasan buatan. Dengan menggunakan kecerdasan buatan, tentu memberikan porsi besar atas kendali di pembelajaran. anak-anak akan terbiasa dengan hal-hal otomatis sehingga menekan peluang bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan belajar secara mandiri. Maka, penting bagi orangtua dan guru dalam membekali, mengawasi, dan mengevaluasi anak-anak dalam rangka menata sistem belajar dan menggunakan teknologi AI secara bijak dan efektif.

Adapula chatbot-chatbot bertenaga kecerdasan buatan ini tentu saja juga sangat membantu para pelajar untuk mencapai tujuan akademik mereka. Para pelajar dapat dengan mudah mencari jawaban dan referensi untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Selain untuk mencari referensi, para pelajar juga dapat belajar untuk menjadi lebih bijak melalui AI chatbot. Misalnya, jawaban-jawaban keluaran ChatGPT dan Perplexity terkesan memberikan banyak pandangan terkait pertanyaan yang diberikan. Apabila pelajar sering memperoleh jawaban-jawaban seperti yang disuguhkan kedua chatbot tersebut, mereka akan terbiasa untuk melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Tentunya dalam penggunaan AI ini terdapat dampak negatif dan positifnya. Berikut adalah penjabaran dari dampak positif dan negatif dari AI :

  • Dampak positif

AI dapat menjadi partner untuk berdiskusi, sehingga dapat mengasah pola piki r kritis, memudahkan dalam pencarian referensi tugas, AI dapat melakukan evaluasi ujian, tugas, dan kuis secara otomatis, AI dapat merekomendasikan materi pembelajaran yang relevan berdasarkan minat dan tingkat pemahaman siswa,  AI dapat digunakan untuk mencari jawaban suatu soal apabila jawabannya tidak tersedia di dalam pencarian.

  • Dampak negatif

Para pelajar mungkin akan ketergantungan dengan adanya AI, selain itu  para pelajar juga mendapatkan kesulitan untuk memecahkan masalah yang kompleks karena para siswa terlalu mengandalkan jawaban dari AI, sehingga mereka kehilangan kemampuan untuk berpikir kreatif dan kritis. Adapula cara untuk meningkatkan dampak positif penggunaan AI dan mengurangi dampak negatifnya yaitu dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang AI kepada seluruh tenaga pendidikan dan para pelajar mengenai berbagai macam cara menggunakan AI berserta dengan fungsi-fungsi AI yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pendidikan.

PENUTUP

Kesimpulan

Dengan adanya AI memudahkan para pelajar dalam belajar, tetapi hal tersebut juga memiliki dampak positif dan negatifnya. Diperlukan adanya kesadaran dari para pelajar dalam penggunaan AI agar tidak ketergantungan dengannya.

Link video : https://youtu.be/ap9FK7A5f78?si=OOCoOg6286NGcji6

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

95 − = 93