PENGGUNAAN AI DAN DAMPAK PENGGUNAANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, perkembangan teknologi juga semakin maju. Kemajuan teknologi saat ini sangatlah berguna untuk meringankan dan mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas dan pekerjaannya. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi yaitu penggunaan AI dalam kehidupan manusia. Dengan bantuan AI kita dapat melakukan aktivitas dan pekerjaan dengan lebih mudah dan efisien.

AI atau Artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan mesin yang belajar dari pengalaman, menyesuaikan diri dengan inputan baru dan melakukan tugas seperti manusia. Tujuan AI yaitu memahami apa itu kecerdasan, membuat mesin lebih bermanfaat dan tujuan utamanya adalah membuat mesin menjadi lebih pintar.

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari kita telah menggunakan AI saat melakukan aktivitas. Karena AI telah menyebar ke berbagai bidang. Sehingga kita tidak lepas dari penggunaan AI dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Penggunaan AI dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Translation Machine (Mesin Terjemaah)

Pernahkah kalian menggunakan google translate saat ingin menerjemaahkan Bahasa asing? Jika pernah itu artinya kalian telah menggunakan AI. Hal ini, karena dalam proses menerjemaahkannya menggunakan neural machine translation, yang memungkinkan system belajar dari data sebelumnya untuk meningkatkan kualitas penerjemaahannya.

  • Search Engine (Mesin Pencarian)

Saat ini kita dapat mencari informasi dengan mudah dan cepat menggunakan mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan Bing. Ternyata saat kita mencari informasi digoogle kita sedang memanfaatkan teknologi AI. Karena mesin pencari mengandalkan kecerdasan buatan untuk menyajikan hasil pencarian yang paling relevan bagi pengguna.

  • Asisten Virtual

Asisten virtual merupakan salah satu teknologi AI yang dapat membantu kita menjawab pertanyaan, mengatur jadwal, dan membantu tugas-tugas ringan lainnya. Kecerdasan buatan yang terdapat pada asisten virtual akan mempepelajari rutinitas harian kita, mendeteksi suara dan mengumpulkan informasi yang terekam pada gawai.

  • Chatbot

Merupakan program komputer atau mesin yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui teks atau percakapan berbasis teks, seperti chat atau pesan. Chatbot ini, menggunakan Bahasa alami (NLP) yang memungkinkan system untuk memahami pertanyaan dan perintah pengguna, sehingga menciptakan interaksi yang tepat.

  • GPS

GPS merupakan salah satu teknologi AI yang digunakan untuk memberikan petunjuk arah, memprediksi jarak dan waktu, kemacetan jalan, dan memberikan pilihan rute yang akan ditempuh.

  • Online Shop

Saat kita membuka online shop maka akan muncul barang recomendasi yang mungkin diinginkan oleh kita di beranda. Hal tersebut terjadi karena online shop dibekali dengan kecerdasan buatan yang mampu merekomendasikan produk berdasarkan kata kunci atau produk yang pernah kita lihat.

Dan dari penggunaan teknologi AI tersebut dapat menimbulkan dampak yang positif maupun dampak negatif dalam kehidupan manusia. Apabila teknologi AI digunakan dengan bijak dan sesuai dengan keperluan maka akan berdampak positif bagi pengguna. Sebaliknya, apabila teknologi AI ini digunakan dengan kurang bijak maka akan berdampak negatif bagi penggunanya.

Dampak Positif

  • Dengan menggunakan AI kita dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai bidang kehidupan. Karena dengan menggunakan AI mesin dapat melakukan tugas dengan lebih cepat dan akurat.
  • Dengan bantuan AI kita dapat menikmati berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam melukukan kegiatan sehari-hari. Dengan menggunakan asisten virtual kita dapat termbantu kita dalam menjawab pertanyaan, mengatur jadwal, dan mengerjakan tugas-tugas sederhana sehingga kita lebih mudah dalam melakukan aktivitas dan mengerjakan tugas.

Dampak Negatif

Dalam penggunaan teknologi AI dalam kehidupan sehari-hari dengan berlebihan dan kurang bijak akan menimbukan dampak yang negatif salah satunya yaitu ketergantungan yang berlebihan. Ketergantungan pada AI dapat membuat kita kurang dalam berpikir kritis dan mengurangi kemandirian dalam mengambil keputusan.

Link video penjelasan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 32 = 40