Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi

Keberadaan Pandemi Covid 19 mengharuskan pemerintah Indonesia mengambil kebijakan sistem belajar dirumah diberbagai tingkat pendidikan. Kebijakan ini disertai dengan intruksi penerapan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online (daring). Untuk mempermudah pembelajaran online (daring) yang bernilai edukasi diharapkan peserta didik dapat belajar dengan inovatif, sehingga akan lebih mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran dikelas. Berdasarkan penelitian, hasil yang dapat dicapai dalam aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran, yakni:

(1) Perhatian siswa dalam menggunakan handphone dalam proses pembelajaran

(2) Pemahaman siswa memahami soal secara mandiri

(3) Keaktifan, baik bertanya mengenai materi maupun mengevaluasi dan mencatat materi

(4) Ketelitian siswa terhadap soal dan manajemen waktu

(5) Ketenangan dalam mengerjakan soal atau kuis. Dengan demikian dapat disimpulka bahwa media aplikasi Quizizz sangat efektif dan interaktif digunakan dalam proses pembelajaran.

  • Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi

     Sebelum memahami secara mendalam mengenai pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran, aplikasi ini tentu memiliki beberapa kelebihan yang tentu dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran pada siswa :

  1. Bagi Guru/Pendidik, memudahkan dalam membuat soal.
  2. Ketika siswa menjawab soal atau kuis dengan benar, setelah itu akan muncul berapa poin yang didapatkan dalam satu soal, juga mendapatkan ranking atau peringkat berapa dalam menjawab kuis tersebut.
  3. Bilamana siswa menjawab kuis tersebut salah, maka akan muncul jawaban yang benar, guna koreksi mandiri bagi siswa.
  4. Ketika telah dinyatakan selesai mengerjakan kuis, pada sesi akhir atau penutup, sebelumnya akan di tampilkan review question guna mencermati kembali jawaban yang telah dipilih.
  5. Dalam mengerjakan kuis, setiap siswa mendapatkan soal kuis yang berbeda-beda, karena telah di acak secara otomatis, sehingga meminimalisir kecurangan.

Disamping dengan adanya kelebihan, tentu tidak bisa dipungkiri dengan adanya kekurangan atau kelemahan dari aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran, yakni sebagai berikut :

1. Jaringan atau internet, yang sewaktu-waktu bermasalah.

2. Ketika mengerjakan, siswa dapat membuka tab baru, itu artinya siswa bisa masuk dengan mudah menggunakan lain untuk mencari jawaban.

3. Dalam permasalahan waktu, siswa yang mulanya bisa mendapatkan peringkat atas, memiliki kemungkinan penurunan peringkat, dikarenakan manajemen waktu yang kurang tepat.

4. Akan menjadi kendala atau permasalahan tambahan, bila siswa terlambat bergabung.

Demikian uraian mengenai kelebihan dan kelemahan dari aplikasi Quizizz yang di gunakan sebagai media pembelajaran, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami pemanfaatan aplikasi Quizizz.

     Karya-karya yang ada dalam aplikasi Quizizz, dapat dengan mudah diperoleh, karena sudah banyak diposting dalam situsnya. Namun, akan menjadi lebih baik apabila pendidik atau guru berkreasi sendiri dalam membuat soal, karena dapat menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa, sesuai dengan tujuan dan pembelajaran yang telah dirancang. Bila sudah menemukan set kuis yang telah ditentukan atau dibutuhkan, kita dapat memanfaatkannya dengan menjadikannya bersifat live, solo atau PR di kelas daring selama pandemi.

     Selain itu, kelengkapan dari aplikasi Quizizz, sangat mendukung dalam mensukseskan proses pembelajaran di berbagai jenjang dan mata pelajaran, termasuk siswa SMA. Pengembangan dan pemanfaatan suatu media pembelajaran, sangat diperlukan guna melengkapi hal-hal yang masih belum lengkap ketika membuat dan memanfaatkan aplikasi, karena terkait kebutuhan siswa atau peserta didik. Pengembangan dan inovasi dari media pembelajaran membantu mengakomodir pembelajaran, hingga kemudian mampu membentuk karakteristik dan meningkatkan kompetensi serta motivasi dalam belajar. Secara garis besar, pengembangan terhadap media pembelajaran itu perlu dilakukan, agar dapat segera mewujudkan pendidikan yang kaya akan progres serta kemajuan.

Link Youtube : https://youtu.be/46_kmpsHAps

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 7 = 12