Literasi Digital Media Sosial Pada Aplikasi Youtube Anak Usia Dini

Literasi digital adalah ketertarikan, sikap, dan kemampuan individu menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis, dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, membuat, dan berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.

Manfaat literasi digital di antaranya:

1) Kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu.

2) Meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi.

3) Menambah penguasaan ‘kosa kata’ individu, dari berbagai informasi yang dibaca.

4) Meningkatkan kemampuan verbal individu.

5) Literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu.

6) Menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi.

Literasi Digital Media Sosial Pada Aplikasi Youtube Anak Usia Dini, bermain dan menonton media sosial youtube adalah aktivitas yang paling populer dilakukan oleh anak usia dini. Namun penggunaan media sosial youtube tanpa keteladanan, bimbingan dan fasilitas yang tepat di rumah akan berdampak pada perkembangan anak. Penggunaan media digital sudah sangat umum di masyarakat, termasuk pada anak usia dini. Dampak penggunaan media digital ini sangat tergantung dari keterampilan pengguna dalam menyaring berbagai informasi yang disajikan dari media tersebut, salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk mengurangi dampak negatif tersebut adalah dengan meningkatkan keterampilan digital, oleh sebab itu orang tua dapat memberikan pendampingan kepada anak saat menonton media sosial. Peran orang tua dalam pendampingan menggunakan media sosial pada anak usia dini ini sangat penting untuk membantu anak dapat membedakan mana tontonan yang berdampak positif dan mana yang berdampak negatif. Untuk mewujudkan keterampilan ini pada anak usia dini, orang tua perlu memberikan pendampingan pada anak-anak mereka untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan media digital pada aplikasi youtube dengan mengarahkan dan memberi pemahaman pada anak mana tontonan yang baik dan tontonan yang tidak baik bagi mereka dimana kegiatan ini disebut mediasi. Terdapat tiga tipe mediasi yang dilakukan orang tua dalam mendampingi anak-anak mereka bermain media sosial, yaitu

1) mediasi restriktif (restrictive mediation) dimana orang tua memberikan peraturan yang rasional untuk melihat program yang boleh dan tidak boleh diakses oleh anak

2) mediasi aktif (active mediation) dimana orang tua aktif menjelaskan kepada anak efek positif dari suatu konten yang dikonsumsi anak dan membahas bersama anak

3) mediasi penggunaan bersama (co-use) dimana orang tua menikmati menonton bersama anak tanpa berniat untuk mengontrol tontonan anak, tetapi hanya sebagai upaya menjalin kebersamaan dengan anak.

Peran orang tua sangat dibutukan oleh anak dalam mengguanakan perangkat digital, mereka perlu dibimbing dan diarahkan untuk menggunakan perangkat tersebut secara positif tanpa kesan mencurigai atau melarang anak menggunakan media tersebut.

Keberadaan fasilitas digital kebanyakan digunakan untuk media sosial, dalam hal ini yang disukai anak-anak adalah media sosial youtube. Youtube berperan sebagai media informasi dan ilmu pengetahuan bagi anak dalam menambah wawasan, terkhusus dalam mempermudah tugas yang diberikan oleh sekolah, serta orang tua berusaha untuk bisa menyesuaikan diri dalam dunia yang anak jalani dalam menggunakan teknologi, memberikan ruang kepada anak dalam mengeksplor apa yang dia dapat di Smartphone yang anak gunakan dengan memberikan arahan, nilai moral dan nilai religius serta batasan- batasan yang tidak mengekang anak.

Alasan utama youtube dipakai anak-anak adalah karena youtube mengandung konten video, audio visual yang menarik, memiliki semua kesukaan anak. Youtube dapat membawa anak pada dunia mereka melalui tayangan video yang tersedia di konten youtube tersebut. Dengan pemakaian youtube yang semakin popular pada dunia anak, maka pentingnya adanya literasi digital.

Literasi digital yang harapannya dipunyai oleh semua kalangan termasuk anak-anak ini yang membuat mereka jadi mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, bisa memecahkan masalah, berkomunikasi dengan lebih lancar serta bisa berkolaborasi dengan sesama.

Link Youtube : https://youtu.be/YpgpMi78-80

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 27 − = 17