Pemanfaatan teknologi digital terhadap pendidikan di zaman sekarang

Dalam KBBI teknologi memiliki arti Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Tak perlu diherankan lagi akan perkembangan teknologi yang semakin pesat, ditambah dengan hadirnya wabah virus penyakit Covid-19 yang mengakibatkan pemerintah harus mengeluarkan kebijakan kurikulum darurat yang dimana dalam pembelajaran peserta didik tidak diperkenankan mengikuti pembelajaran secara tatap muka, melainkan secara daring dari platform digital yaitu aplikasi zoom dan google meet untuk memudahkan tenaga pendidik dalam menerangkan materi terhadap peserta didik.

Tentu saja situasi ini membuat kita harus beradaptasi dengan cepat, jika ditinjau Kembali hal ini menimbulkan banyak sekali dampak positif yang dapat dimanfaatkan. Contohnya :

1. E-Book

kehadiran e-book membantu memberi kemudahan bagi para peserta didik dan mahasiswa dalam meraih ilmu dengan cepat, kita dapat mengakses nya dengan mudah, dari internet dan kita dapat langsung membacanya serta hal ini dapat memberikan dampak yang baik dalam literasi digital.

2. Youtube

Selain itu kita pun dapat memanfaatkan platform youtube untuk membuat media pembelajaran. Contohnya, dengan cara membuat video yang kreatif berisikan materi materi pembelajaran, tentu saja hal ini sangat memudahkan peserta didik dalam meraih ilmu, dan tidak membuat peserta didik bosan dalam pembelajaran.

3. Website

Yang berikutnya adalah website, kita dapat memanfaatkan media ini untuk salah satu media pembelajaran, dengan cara menuliskan ilmu materi yang kita ketahui, sehingga orang lain dapat mudah membacanya atau mengaksesnya dengan mudah.

4. Sosial Media

Kehadiran sosial media juga sangatlah berpengaruh, dengan adanya sosial media kita mendapatkan berita dengan sangat cepat, beda hal nya dengan zaman dahulu kita harus menununggu berita dari radio, itulah kecanggihan teknologi dizaman sekarang, bahkan hanya dalam hitungan detik kitab isa mengetahui berita apa yang sedang hangat diperbincangkan. Nah hal ini dapat kita manfaatkan dalam membagikan edukasi bagi masyarakat di sosial media, contohnya di tiktok,Instagram,twiter dan facebook.

Banyak sekali hal yang dapat kita manfaatkan dari perkembangan digital yang kian hari semakin berkembang pesat, kita sebagai warga negara Indonesia yang baik dan taat, haruslah dapat menggunakan serta memanfaatkan digital dengan bijaksana dan sebaik mungkin, tidak dengan menyebarkan berita hoax dan lain sebagainya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 80 − = 75