Teknologi AI pada Canva Memudahkan dalam Mendesain

Najma Afifa Hartania/7111422090

Di era digital seperti sekarang, kegiatan mendesain telah menjadi hal yang sering terdengar dan kini dapat dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Melalui desain yang menarik akan membantu berbagai macam publikasi, baik dengan tujuan edukasi hingga pemasaran. Tentu membuat desain yang menarik merupakan hal yang tidak mudah, khususnya bagi pemula. Untuk mengasah kemampuan mendesain di zaman sekarang, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, berbagai platform digital kini telah menyediakannya. Seperti aplikasi YouTube untuk menonton video pembelajaran desain, Google untuk mencari berbagai informasi dalam dunia desain, dan aplikasi desain yang menyediakan fitur-fitur untuk menghasilkan suatu karya.

            Aplikasi Canva merupakan salah satu aplikasi untuk melakukan desain dengan mudah. Canva memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk menciptakan hasil karya yang menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman. Pada 23 Maret 2023, Canva mengadakan acara bernama Canva Create di Sydney, Australia. Dalam acara tersebut, perusahaan telah mengumumkan fitur-fitur dan alat baru bertenaga AI yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Canva. Serangkaian fitur baru yang ditenagai artificial intelligence tersebut untuk membantu pengguna mempercepat proses desain dan menghasilkan konten yang lebih baik.

            Canva mengonsolidasikan semua fitur Tool generative AI dalam satu platform dan bisa digunakan dengan cara yang simpel, terutama untuk penggunaan sehari-hari, seperti aneka tool penghasil gambar, teks, dan video. Aneka fitur AI ini dikemas oleh Canva dengan nama Magic. Fitur magic tersebut antara lain:

  1. Magic Edit

Magic Edit memungkinkan pengguna untuk menukar atau menambahkan elemen lain ke dalam desain.

  • Magic Eraser

Fitur ini dapat secara otomatis menghilangkan gambar yang mengganggu desain. Magic Eraser menggunakan AI untuk mendeteksi ketidaksesuaian pada gambar pada area yang sudah diidentifikasi terlebih dulu oleh user. Pengguna cukup menyapukan tool pada detail yang ingin dihilangkan, dan biarkan AI melakukan tugasnya.

  • Translate

Fitur yang didukung AI ini akan dengan cepat dan otomatis menerjemahkan teks pada desain secara otomatis ke dalam lebih dari 100 bahasa.

  • Magic Write

Fitur ini membantu pengguna dalam merangkai kata-kata. Magic Write di Canva Docs AI text generator membantu pengguna membuat draft dengan cepat. Dengan fitur ini, pengguna bisa menulis apapun dengan 21 bahasa yang berbeda.

  • Text to Image

Text-to-image adalah metode AI untuk membuat gambar dari perintah kata sederhana. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat gambar unik dari deskripsi sederhana.

Berikut video penjelasannya:

https://youtu.be/KRJrgwNw5ic

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 7 = 1