PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEETING SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PEMBELAJARAN SECARA SINCRONUS

by Marcella Nadya Irafany

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa saat ini kita telah masuk di era digital, yang mana seluruh kegiatan bisa kita lakukan dengan cara yang sangat canggih. Era digital merupakan suatu era atau zaman yang sudah mengalami kondisi perkembangan kemajuan dalam ranah kehidupan ke arah yang serba digital. Perkembangan era digital pun terus berjalan cepat dan tidak bisa dihentikan oleh manusia. Kenapa? Karena sebenarnya kita sendirilah yang menuntut dan meminta berbagai hal menjadi lebih efisien dan lebih praktis. Tentunya hal ini juga akan diiringi dengan dampak negatif maupun positif.

Kini teknologi digital sudah memasuki seluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan. Pada Era digital sekarang ini komunikasi dan informasi sangat berkembang pesat, dan tentunya literasi digital sangat penting bagi dunia pendidikan untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif, inovatif dan kreatif. Sarana yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran online adalah media sosial dan Platform E-learning salah satunya seperti Google meeting sebagai media pembelajaran, penunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar secara sinkronus.

Apa sih pembelajaran sincronus itu?

Pembelajaran sincronus sendiri merupakan interaksi pembelajaran antara guru dan peserta didik yang dilakukan pada waktu yang bersamaan secara virtual, menggunakan teknologi telekonferensi salah satunya seperti Google Meet. Google Meet secara khusus dirancang untuk menyelenggarakan video conference dengan mudah dan terintegrasi melalui berbagai produk Google lainnya. Google Meet hadir sebagai salah satu aplikasi video conference yang bisa diakses secara mudah tanpa keharusan menginstal aplikasi. selain itu, Google Meet juga memiliki beberapa fitur unggulan sebagai berikut:

  1. Jumlah pertemuan yang tidak terbatas.
  2. Dapat mengundang hingga 100 lebih peserta ke dalam rapat.
  3. Memiliki fitur teks langsung selama rapat     secara real-time yang didukung oleh teknologi pengenalan suara Google.
  4. Kompatibilitas terhadap seluruh perangkat, baik desktop/laptop, Android, maupun macOS/iOS.
  5. Memiliki layar pratinjau video dan audio untuk melakukan pengecekan kamera serta mikrofon, berikut pula virtual background yang bisa digunakan.
  6. Memiliki pratinjau mengenai siapa saja yang telah bergabung dalam rapat.
  7. Didukung tata letak dan pengaturan layar secara otomatis untuk menampilkan peserta yang paling aktif.
  8. Fasilitas kontrol bagi Host untuk menyematkan, membisukan, atau mengeluarkan peserta.
  9. Berbagi pesan dan tautan dengan mudah antar peserta rapat.
  10. Fitur integrasi otomatis untuk penjadwalan rapat melalui Google Calendar maupun presentasi pekerjaan secara langsung melalui Google Workspace.

Video conference menjadi salah satu media yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran jarak jauh. Pada saat ini, video conference menjadi semakin popular, dalam menggantikan pertemuan tatap muka akibat adanya pembelajaran daring yang diterapkan. Aplikasi video conference dapat digunakan untuk berinteraksi secara efektif, berkomunikasi antara peserta didik dan guru dalam pertemuan kelas secara virtual sinkronus, serta memberikan kualitas video dan audio yang canggih, menyediakan akses berbagi file, dan berbagai layanan kolaboratif lainnya.

Dengan adanya interaksi antar sesama peserta didik dan guru, diharapkan pemahaman peserta didik akan meningkat. Suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan akan menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal. Proses pembelajaran sinkronus memberikan dampak yang lebih menarik dan membuat pengalaman baru untuk banyak orang. Kebanyakan jenjang pendidikan sekarang ini beramai ramai beralih ke platform pendidikan digital. Dengan adanya era digital telah memberikan tantangan baru kepada pendidik untuk mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memberikan warna baru pada dunia pendidikan Indonesia.

Link Uplod Video Penugasan https://youtu.be/NMxzecFlq9o

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =