LITERASI DIGITAL MENJADI KUNCI SUKSES PEMANFAATAN TEKNOLOGI

By Ghefira Zahira Shofa

Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

June 16, 2022

Di era yang semakin modern ini, literasi digital dapat membantu kita dalam memahami bagaimana cara pemanfaatan fitur yang sudah semakin berkembang dan canggih dalam bentuk aplikasi maupun situs tertentu. Memanfaatkan teknologi secara cerdas akan menimbulkan efek yang luar biasa bagi kehidupan sehari – hari. Pekerjaan dan tugas kita menjadi lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi. Maka dari itu, mempelajari literasi digital merupakan kunci utama untuk kita memanfaatkan teknologi secara maksimal.

Literasi digital mengenalkan kepada kita banyaknya fasilitas dari teknologi yang dapat mempermudah kita dalam bidang apapun, baik dari bidang ekonomi, pendidikan, social, agama, kesehatan, pariwisata dan lain sebagainya. Itu semua perlu dipelajari di dalam literasi digital. Kelebihan dari semakin canggihnya teknologi adalah kita bisa menciptakan lapangan kerja dengan mudah dan kemudian dapat dengan mudah pula untuk menyebar luaskan informasi terkait atau produk dan sejenisnya. Literasi digital juga memberi solusi kita ketika mengalami kesulitan dalam penimplementasian teknologi.

Lapangan kerja dapat dengan mudah diciptakan apabila kita menguasai dan dapat memanfaatkan secara baik fitur – fitur dan fasilitas yang ada. Sebagai contoh kita ingin membangun UMKM dalam bidang pangan. Untuk menemukan resep makanan dengan mudah kita dapat mencari referensi dari beberapa aplikasi seperti “Yummy, Cookpad, Allrecipes, dan lain sebagainya”, dengan begitu kita dapat dengan mudah bereksperimen dan mencoba untuk membuat produk. Seperti yang telah disebutkan, fungsi dari literasi digital adalah lebih efisien terutama adalah persoalan waktu. Sebagai contoh ketika ingin perli berlibur atau mengunjungi keluarga namun kita sibuk untuk mengantri untuk membooking jam terbang kendaraan umum. Dengan teknologi sekarang kita dapat memesan tiket atau kendaraan menggunakan aplikasi seperti “Traveloka, Grab, Gojek, Tiket.com, dan lain sebagainya”. Tanpa perlu memesan langsung di tempat dan mengantri.

Dapat kita simpulkan bahwa teknologi dapan membantu kita apabila digunakan dengan cara yang benar. Dan melalui pendidikan literasi digital kita dapat memiliki wawasan yang luas tentang teknologi dan penggunaannya. Maka dari itu, pemanfaatan teknologi adalah pilihan yang tepat untuk membangun potensi dasar yang dapat menjadi celah untuk kita melangkah atau ingin mengembangkan diri, dan teknologi hadir sebagai alat untuk meraih keinginan kita.

YouTube: https://youtu.be/8t85tYG3TOc

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.