PENTINGNYA KITA MELAKUKAN DETOKS MEDIA SOSIAL

Media sosial merupakan salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Mengapa demikian? Karena bisa dikatakan media sosial seiring dengan berkembangnya zaman seperti sekarang ini menjadi penting, hampir semua kegiatan menggunakan media sosial. Dari berbagai macam media sosial yang ada, semakin hari penggunanya semakin bertambah dan bahkan mereka tidak hanya memiliki satu akun media sosial aktif saja. Pengguna media sosial ini terdiri dari semua kalangan tetapi yang paling mendominasi biasanya adalah kalangan remaja.

Media sosial ini mulai dari facebook, twitter, instragam dan yang sedang marak-maraknya yaitu tiktok. Dengan adanya media sosial ini orang-orang seakan akan merasa tidak tertinggal dengan perkembangan zaman yang semakin modern ini. Sebenarnya sosial media dapat memberikan dampak positif tergantung bagaimana seseorang menggunakannya secara benar dan bijak. Selain itu juga dapat membatasi waktu dalam menggunakan media sosial dan tidak mengganggu kegiatan yang lain. Namun, pada kenyataannya kita masih suka berlebihan dalam menggunakan media sosial tersebut. Takutnya terlalu sering dalam menggunakan media sosial dapat menyebabkan kecanduan berlebih yang pada dasarnya itu sangat berbahaya.

Biasanya dari penggunaan media sosial yang lama hampir berjam-jam ini yang menyebabkan kegiatan lain menjadi terlupakan dan terbengkalai begitu saja, terlebih kita juga dapat merasakan cemas, ketakutan dan menurunnya sikap percaya diri atau insecure. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya dampak buruk dari penggunaan media sosial yang dapat mengganggu kesehatan mental. Maka dari itu, ada saatnya kita perlu istirahat sejenak dalam bermain media sosial tersebut.

Detoks media sosial merupakan sebuah istilah yang mempunyai makna istirahat dari media sosial. Dengan adanya detoks media sosial ini kita dapat beristirahat sejenak dalam menggunakan media sosial dan adanya waktu lain untuk melakukan kegiatan yang mungkin sempat tertunda serta dapat menjaga kesehatan mental yang tentunya penting menjaga kesehatan mental kita sendiri. Berikut ini pentingnya kita melakukan detoks media sosial:

  1. Suasana hati menjadi lebih tenang

Dengan adanya detoks media sosial ini dapat menjadikan suaasana hati lebih tenang dari sebelumnya. Kita tidak akan merasa cemas dan takut untuk memikirkan hal yang sebenarnya memang tidak terlalu penting untuk dipikirkan. Seperti misalnya kita tidak perlu memikiran bagaimana tanggapan orang yang melihat jika kita memposting sesuatu di media sosial dan tidak memikirkan beberapa like yang akan diberikan pada postingan. Selain itu, kita tidak akan merasa takut ketinggalan berita yang terbaru dan terkini.

  • Menambah kepercayaan diri

Kita tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang merasa mereka lebih sempurna dari kita dengan adanya detoks sosial media tersebut. Kita juga tidak akan merasa iri dengan orang lain tentang kegiatan apa yang mereka lakukan. Tentunya rasa kepercayaan diri kita dapat tumbuh kembali dan tidak merasa kehilangan jati diri kita sendiri.

  • Dapat menjaga kesehatan mental dan kesehatan fisik

Bermain media sosial terlalu lama dapat menyebabkan terganggunya kesehatan mental dan kesehatan fisik. Diharapkan dengan detoks media sosial dapat mencegah resiko gangguan kesehatan mental dan kesehatan fisik tersebut. Seperti kita yang terlalu lama bermain media sosial sampai larut malam, maka dengan detoks ini dapat menjaga waktu istirahat dan memperbaiki jam tidur kita menjadi teratur.

  • Menghindari rasa kecanduan

Memang tidak semua orang kecanduan pada saat bermain media sosial, namun kebanyakan orang merasa dirinya ketinggalan informasi terkini. Dengan detoks media sosial ini akan mengurangi penggunaan media sosial yang dapat menyebabkan kecanduan yang berlebih. Mereka yang kecanduan akan mempunyai pikiran bahwa mereka akan merasa lebih jauh dari orang-orang yang mereka sayangi mulai dari keluarga, sahabat, saudara dan kerabat-kerabat dekatnya. 

  • Dapat memperbaiki hubungan dengan dunia nyata

Jika waktu kita sudah terlalu dihabiskan untuk bermain media sosial, dengan detoks media sosial kita dapat memperbaiki hubungan dengan dunia nyata. Kita akan lebih merasa peduli dengan lingkungan yang ada disekitar kita yang ada dalam dunia nyata. Dengan demikian, hubungan kita bisa tetap terjaga dengan baik dan tidak adanya rasa kehilangan antara satu dengan yang lain.

Itulah beberapa hal pentingnya kita melakukan detoks media sosial, diharapkan dengan adanya detoks media sosial ini kita dapat menjadi lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial. Kita dapat mengambil dampak positifnya dan dapat menghindari dampak negatifnya yang dapat membahayakan diri kita sendiri seperti gangguan kesehatan mental dan kesehatan fisik.

Referensi:

Medisqu. 2021. “Pentingnya Detoks Sosial Media untuk Kehidupan”. https://www.medisqu.com/2021/01/Pentingnya-Detoks-Sosial-Media-untuk-Kehidupan.html

Rfarell. 2021. “Apakah Kita Perlu Berhenti Bermain Media Sosial?”. https://rfarell19.blogspot.com/2021/11/apakah-kita-perlu-berhenti-bermain.html?m=1

Link youtube:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.