Layanan Tiket Kereta Api Secara Online, Mempermudah Masyarakat Dimasa Sekarang

Di era digital saat ini, dimana semua kegiatan dilakukan dengan sistem komputer, sehingga banyak aplikasi yang menggunakan sistem sudah menawarkan berbagai pelayanan jasa. Di sisi lain, masyarakat saat ini juga ingin semuanya serba praktis dan tidak menghabiskan banyak waktu. Salah satunya yang masih menjadi permasalahan masyarakat sehari-hari adalah transportasi. Transportasi adalah sarana umum yang bagaimana jenisnya pasti dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari untuk bepergian yang tidak bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Banyak transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah, swasta dan perorangan yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mencari alternatif terbaik. Seperti kereta api, transportasi ini memberikan penawaran yang lebih nyaman dan juga berupa penawaran tarif yang terjangkau.

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang transportasi khususnya kereta api adalah PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang sampai saat ini masih terus meningkatkan inovasi dengan berjalannya perkembangan teknologi dengan tujuan memenugi harapan penggunanya. Salah satunya dengan mengembangkan layanan tiket online sehingga para penumpang tidak lagi mengantri di loket stasiun untuk bisa mendapatkan tiket. Kita tidak bisa menghiraukan  kebutuhan masyarakat terhadap teknologi yang harus dipenuhi sehingga memberikan peluang kepada pemilik platform digital untuk menawarkan jasanya. Saat ini, memesan tiket bisa dilakukan dengan komputer atau smartphone yang tehubung dengan internet. Internet perlahan mulai menggeser budaya pembelian tiket secara konvensional menjadi lebih terkini yaitu e-Ticketing ( online booking ). Layanan ini bisa diakses melalui browser, app store, android, dan lain-lain.

Melakukan perjalanan atau traveling akan menjadi sangat mudah jika telah memesan tiket transportasi sejak jauh hari. Sebab kita tidak pernah tahu kapan tiket akan habis, dan akan sulit bagi kamu yang tidak memiliki waktu luang untuk perburuan tiket. Seiring dengan berkembangannya teknologi, cara memesan tiket bisa dilakukan secara online. Saat ini banyak platform digital yang sudah menyediakan layanan pemesanan tiket yang dapat diakses melaluin smartphone seperti, Traveloka, Tiket.com, Pegipegi, Shopee, dan lain-lain.

Pengertian E-Ticketing

E-ticketing adalah salah satu bentuk pelayanan jasa dalam melayani calon penumpang untuk menggunakan angkutan yang dipilihnya dalam bepergian dengan cara cepat dan akurat. Proses e-ticketing terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan guna mempermudah kita dalam pemesanan tiket secara online. Adanya e-ticketing kita tidak perlu antri dalam memesan tiket. Langkah-langkah e-ticketing sangat praktis dan reservasi adalah yang paling utama.

  • Memesan Tiket dari mana saja

Sistem telah membantu kita untuk menghindari kerumitan dan kesibukan proses pemesanan tiket manual. Sehingga kita dapat memanfaat teknologi ini untuk bisa mengefisienkan waktu dan tenaga. Berikut manfaat yang bisa kita dapat dari pemesanan tiket online.

Saat teknologi memudahkan kita dalam memesan tiket transportasi. Dengan menggunakan layanan tiket online, kita dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja selama masih terhubung dengan sinyal yang baik. Hal ini tentu saja membuat kita bisa menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu pergi ke loket dan mengantri untuk mendapatkan tiket.

  • Banyak Promo Menarik

Saat kamu memesan tiket melalui aplikasi online, kamu bisa mendapatkan banyak penawaran menarik salah satunya seperti promo menarik. Promo tersebut bisa membuat kamu menjadi hemat lebih banyak. Penawaran promo yang bisa kamu dapatkan biasanya berbentuk potongan harga yang bisa didapat dengan memasukan kode promo saat akan melakukan transaksi. Untuk bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik, kita harus lebih sering membuka aplikasi ataupun media sosial untuk bisa mengetahui penawaran yang sedang berlangsung.

  • Bisa Memilih Kursi dan Gerbong

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa memilih sendiri kursi dan gerbong yang akan kamu naiki. Opsi untuk memlikih kursi ini akan muncul setelah kamu memasukkan data kamu sebagai  penumpang dengan benar, lalu kamu bisa memilih nomor kursi yang masih kosong dan gerbong mana yang akan kamu naiki.

Nomor kursi yang sudah kamu pilih akan secara otomatis tertera di e-tiket yang kamu nantinya akan kamu terima. tentunya kamu tidak perlu lagi khawatir jika ada orang lain yang menduduki atau merebut kursi yang sudah tercatat di tiketmu.

  • Pembayaran yang Mudah dan Beragam

Setelah melakukan pemesanan tiket secara online, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Kamu bisa memilih opsi pembayaran mana yang ingin kamu gunakan. Menariknya, tiket online menawarkan banyak opsi pembayaran yang memudahkan kamu untuk menyelesaikan pemesanan.

Kamu bisa memilih pembayaran seperti melalui, kartu kredit atau kartu debit, bank transfer, ATM, dan internet banking yang telah bekerja sama dengan platform yang kita gunakan. 

Disamping manfaat yang dimiliki oleh layanan tiket online, layanan tiket online juga masih memiliki kekurangan. Ini juga yang membuat masyarakat kurang percaya terhadap layanan tiket online. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kurangnya Pemahaman dalam Penggunaan Teknologi

Saat ini masih banyak individu di negara kita yang masih belum bisa untuk mengoperasikan internet, terutama pada generasi tua. Dengan kata lain, tidak semua orang mengetahui dan mampu untuk bisa menggunakan pemesanan tiket secara online.

  • Masih Harus Mengantri untuk Mencetak Tiket

Setelah melakukan pemesanan tiket secara online kita masih harus melakukan konfirmasi tiket dengan mencetak e-ticket yang kita dapat melalui e-mail. Para penumpang masih harus mengantri untuk mencetak tiket mereka di stasiun

  • Aplikasi Error

Saat memesan tiket melalui aplikasi, kadang terjadi eror yang menghambat para calon penumpang untuk memesan tiket secara online, terutama saat banyak nya pengguna yang sedang mengakses aplikasi tersebut.

Semakin berkembangnya teknologi saat ini apapun bidangnya, para Platform digital di Indonesia berusaha untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia salah satunya dibidang transportasi seperti dengan meningkatkan pelayanan pembelian tiket secara manual ke pembelian tiket secara online menggunakan Aplikasi online,yang dimana ini diharapkan dapat memudahkan kita dalam melakukan pemesanan tiket.

Sekian pembahasan terkait teknologi terkini dalam pemesanan tiket kereta api secara online.

Semoga bermanfaat, terimakasih

Sumber :

Purba, M. M. (2021). Pemesanan Tiket Kereta Api Online (E-Ticketing) Menggunakan Aplikasi KAI Access. JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma6(2), 175-194.

Yani Andriansyah. 2021. 5 Keuntungan beli tiket kereta api secara online, nggak ribet. Diakses pada 14 April 2021 dari https://www.brilio.net/jalan-jalan/ini-5-keuntungan-beli-tiket-kereta-api-secara-online-nggak-ribet-210414m.html.

Mandeep Singh. 2020. Manfaat Utama Dari Pemesanan Tiket Kereta Online. Diakses pada 29 Maret 2021 dari https://www.saveatrain.com/blog/id/key-benefits-of-booking-train-tickets-online/.

Psychology Mania. Diakses pada 23.31.00 dari https://www.psychologymania.com/2012/12/pengertian-e-ticketing-electronic.html

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 2 =