Media social untuk edukasi

Oleh

Widia Kumara Noviana/1401422140

Universitas Negeri Semarang

Mata Kuliah : Literasi Digital Dan Kemanusiaan

Email : widiakumara2304@students.unnes.ac.id

Link Youtube : https://youtu.be/6RbCPnmEobI

Abstrak

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.sosial media pun dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar seperti misalnya social Networks, media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi ( Facebook, myspace, hi5, Linked in, bebo), Discuss, media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi (google talk, yahoo! M, skype, phorum), Share, media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music, dll (youtube, slideshare, feedback, flickr, crowdstorm), Publish, (wordpredss, wikipedia, blog, wikia, digg), Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama (koongregate, doof, pogo, cafe.com)Jadi dapat dipahami bahwa media social merupakan platform online yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berbagi konten dengan orang lain secara virtual. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat profil, berbagi informasi, memposting foto dan video, membuat komentar, dan mengikuti akun orang lain.

Pendahuluan

     Awal mula terciptanya media sosial sendiri terjadi pada 24 Mei 1844. Media sosial awalnya adalah serangkaian titik dan garis elektronik yang diketik pada mesin telegraf. Pada waktu ini juga, Samuel Morse mengirimkan pesan telegraf untuk kali pertama kepada publik. Akar komunikasi digital bersamaan dengan asal usul internet modern dan pengertian media sosial saat ini dipelopori oleh munculnya Advanced Research Projects Agency Network (Arpanet) yang dilakukan pada tahun 1969. Jaringan digital ini diciptakan oleh Departemen Pertahanan AS untuk menghubungkan para ilmuwan dari empat universitas untuk saling berbagi perangkat lunak, perangkat keras, dan data lainnya.             

     Sebagai salah satu platform digital yang paling banyak digunakan saat ini, media sosial berhasil menghubungkan hampir setiap orang yang memiliki akses internet. Namun, fungsi media sosial ternyata tidak hanya sebatas itu saja, ada banyak sekali fungsi lain yang bisa didapatkan dari media social antara lain (komunikasi) seiring dengan berkembangnya internet dan teknologi, media sosial lebih dari hanya komunikasi, media sosial telah menjadi dunia kedua bagi manusia di seluruh belahan dunia untuk berkumpul dan berinteraksi. Media sosial telah berhasil membangun komunikasi yang tanpa batasan waktu dan geografi.(Branding) cara seseorang dalam membangun sebuah citra di mata banyak orang.Untuk melakukan branding, pengguna biasanya memiliki cara yang unik dan khas untuk mendesain akun media sosial sehingga menarik untuk dilihat pengguna yang lain. Hal inilah yang menjadikan akun media sosial mirip seperti dunia nyata, karena setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing.(Tempat usaha) setiap penggunanya dapat membangun sebuah usaha dalam jaringan atau online. Sebagai tempat yang terbuka selama 24 jam, media sosial terbukti sangat memudahkan penggunanya untuk membangun suatu bisnis secara maya. Hal ini diprediksi memiliki banyak potensi untuk menjangkau lebih banyak orang dibandingkan usaha yang hanya mengandalkan dunia nyata.(Marketing) Sebagai platform yang hampir selalu digunakan oleh manusia, sekarang ini media sosial berhasil menciptakan layanan yang memudahkan pebisnis untuk mengenalkan dan menjangkau lebih banyak konsumen. Cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan keuntungan dan memudahkan pengguna untuk mendapatkan kebutuhannya. 

     Akan kebutuhan manusia yang begitu tinggi dan sibuk menjadikan banyak media sosial baru yang bermunculan dan bersaing menarik minat dan perhatian dari para pengguna. Perkembangan media sosial juga sangat cepat, banyak platform media sosial yang dulu sangat diminati, sekarang perlahan telah menghilang, atau diakuisisi oleh pihak yang lebih besar.

     Layanan blog  pada dasarnya dapat dipahami sebagai jurnal pribadi yang ada internet. Salah satu jenis media sosial ini memiliki fungsi untuk membagikan catatan atau pandangan penggunanya tentang berbagai isu tertentu. Pengguna media sosial jenis ini biasanya disebut sebagai narablog atau blogger,Layanan jejaring social biasa disebut juga dengan social networks merupakan salah satu jenis media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat di berbagai belahan dunia saat ini. Salah satu jenis media sosial ini memiliki fungsi sebagai tempat berkumpulnya banyak orang untuk saling bersosialisasi. Dalam layanan ini, pengguna biasanya saling mengirim pesan, informasi, foto, hingga video,Layanan blog mikro hamper sama dengan blog namun jenis media sosial ini menyajikan halaman yang lebih ringkas. Hal ini membuat layanan mikro blog memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan layanan blog.

     Layanan berbagai media atau yang dikenal dengan media sharing Salah satu jenis media sosial ini pada dasarnya memang memiliki fokus utama untuk membuat penggunanya saling berbagi konten media seperti foto, audio, atau video,Layanan kolaborasi digunakan untuk membuat pengguna saling mengajak pengguna yang lain untuk menciptakan suatu kontribusi. Tidak hanya mengajak, dalam layanan kolaborasi ini, pengguna biasanya diperbolehkan untuk membuat konten sekaligus melakukan koreksi terhadap isi konten dari ‘anggota’ dari situs tersebut dalam jaringan ini yang dioperasikan secara bebas dan terbuka,Layanan forum  sebagai salah satu jenis media sosial yang telah lama muncul dan dikenal luas sejak lama. Layanan forum sendiri dapat digunakan pengguna sebagai tempat untuk membincangkan berbagai hal atau topik secara spesifik bersama pengguna lain dalam suatu ruang diskusi. 

   Istilah edukasi sering ditemui dalam keseharian kita. Edukasi merupakan hal penting yang harus diterima manusia. Istilah ini juga dikenal sebagai pendidikan dalam bahasa Indonesia.menurut KBBI edukasi adalah segala keadaan, hal, peristiwa, kejadian, atau tentang suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia. Edukasi dilakukan melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

     Adapun menurut beberapa pendapat dari para ahli salah satunya Ahmad D Marimba mengatakan bahwa edukasi adalah suatu bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pihak pendidikan untuk perkembangan baik jasmani maupun rohani supaya menjadi lebih baik.
sedangkan menurut MJ Langeveld menilai edukasi adalah upaya manusia yang lebih dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan. Melalui edukasi, anak-anak ditolong untuk melaksanakan tugas-tugas hidup agar menjadi mandiri dan bertanggung jawab secara   susila.

     Kegiatan edukasi bisa dan bahkan harus dilakukan kepada seseorang mulai dari awal dia mampu memahami sesuatu hingga seumur hidup. Sebab hampir setiap hal yang berkaitan dengan kegiatan kehidupan sehari-hari memerlukan edukasi. Proses edukasi ini dalam kehidupan sehari-hari lebih dikenal dengan sebutan proses belajar. Dalam hal ini edukasi adalah proses belajar dari tidak tahu menjadi tahu. tidak hanya bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih dari itu yang paling penting adalah edukasi masalah moral atau adab manusia. Sebab seberapun pintar seseorang, jika tidak punya adab atau berperilaku buruk maka tidak akan berguna bagi kehidupan orang banyak.

    Jadi dapat dikatakan bahwa edukasi adalah proses pendidikan atau pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap seseorang atau kelompok dalam suatu bidang atau aspek tertentu. Edukasi dapat dilakukan di dalam kelas atau di luar kelas, oleh individu atau oleh institusi pendidikan resmi, dan bisa dilakukan dalam berbagai bentuk seperti pengajaran, pelatihan, diskusi, dan lain-lain.edukasi memungkinkan seseorang mempunyai pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang matang, mandiri, serta mempunyai rasa tanggung jawab dan berbangsa dan bernegara.

Isi

     Sosial media dapat berperan sebagai sumber belajar dan tempat untuk berinteraksi dengan orang lain secara online. Oleh karena itu, terdapat hubungan yang erat antara sosial media dengan edukasi. Beberapa contoh hubungan antara sosial media dengan edukasi adalah sebagai berikut,seperti Sumber Informasi: Sosial media dapat menjadi sumber informasi yang sangat berguna bagi pendidik dan siswa dalam memperoleh informasi tentang topik tertentu, Kolaborasi dan Pertukaran Informasi: Sosial media memungkinkan siswa dan guru untuk berkolaborasi dan berbagi informasi dalam lingkungan yang aman dan terkontrol, Pembelajaran Jarak Jauh: Sosial media dapat digunakan sebagai platform pembelajaran jarak jauh yang efektif dan efisien,

Promosi Pembelajaran: Sosial media dapat digunakan untuk mempromosikan pendidikan dan membantu dalam pemasaran program-program pendidikan,Peningkatan Keterampilan Digital: Penggunaan sosial media dalam pembelajaran juga dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan digital mereka.

     Di era modern ini kemajuan teknologi mempunyai pengaruh yang besar bahkan menjadi kebutuhan dalam mencapai suatu tujuan baik itu positif maupun negatif dan cara mengaksesnya juga begitu mudah ketika menggunakan fasilitas yang sudah ada pada masa sekarang ini.pada zaman ini manusia dari anak kecil sampai orang dewasa bahkan orang tua pun hamper tidak bisa lepas dari media social. Setiap hari ada yang menggunakannya sebagai sarana edukasi, berkarya, bersosialisasi, maupun berbisnis. Di dukung dengan kemudahan dalam mengaksesnya.

     Karena hal itu media social haruslah dimanfaatkan dengan cermat dan bijak oleh seluruh kalangan penggunanya, Jangan sampai justru memanfaatkannya untuk keperluan yang tidak-tidak,media social sebagai sarana untuk edukasi, berkarya, bersosialisasi, maupun berbisnis.dari segi edukasi kita bisa memanfaatkan seperti tiktokyoutube browser sebagai sarana untuk mengedukasi. Misalnya saja kita bisa membuat video tutorial, saran apapun itu sesuai dengan passion kita masing-masing.

                Media sosial dapat digunakan sebagai alat yang sangat efektif untuk edukasi. Namun, karena banyaknya informasi yang tidak diverifikasi dan konten yang tidak akurat yang beredar di media sosial, penting bagi kita untuk menyaring dan memilih sumber informasi yang andal dan dapat dipercaya. Berikut adalah beberapa cara untuk menyaring media sosial untuk tujuan edukasi: Ikuti sumber terpercaya Pastikan untuk mengikuti sumber terpercaya di media sosial yang selalu menyajikan informasi yang terbaru dan terpercaya, Periksa sumber informasi: Pastikan sumber informasi yang diberikan terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Jangan hanya mempercayai informasi dari satu sumber saja, pastikan untuk memverifikasi informasi dengan sumber-sumber lain.

Simpulan

            memperhatikan hal-hal tersebut, kita dapat memanfaatkan media sosial dengan baik untuk Dapat disimpulkan bahwa media sosial dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan. Namun, karena banyaknya informasi yang tidak diverifikasi dan konten yang tidak akurat yang beredar di media sosial, penting untuk menyaring dan memilih sumber informasi yang andal dan dapat dipercaya. Beberapa cara untuk menyaring media sosial untuk tujuan edukasi adalah memilih akun atau halaman yang terpercaya, memverifikasi informasi yang diberikan, memeriksa sumber informasi, menghindari kabar bohong, menggunakan fitur filter, dan mengikuti sumber terpercaya. Dengan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat untuk pengembangan diri.

Saran

            Diharapkan untuk seluruh pengguna media social khusunya kaum generasi muda yang tak pernah lepas dari yang namanya gadget,untuk diharapkan selalu bijak dalam menggunakan media social baik untuk mencari sumber informasi maupun sebagai media hiburan,gunkan lah media social sebaik-baiknya dan sebijak-bijaknya.saringlah informasi maupun berita yang kita terima periksa kebenaran dan keakuratan di dalam informasi tersebut.hindari menggunakan media social untuk hal yang negative hal yang sepantasnya tidak kita akses.

Daftar Pustaka

Rifka,ayu.2021,” Edukasi adalah Pendidikan, Ketahui Jenis-jenis dan Manfaatnya”,https://www.liputan6.com/hot/read/4569667/edukasi-adalah-pendidikan-ketahui-jenis-jenis-dan-manfaatnya.diakses pada 28 Maret 2023 pada pukul 08.36

Umam,” Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Perkembangannya”, https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/#:~:text=Dikutip%20dari%20laman%20online%20maryville,untuk%20kali%20pertama%20kepada%20publik.diakses pada 28 Maret 2023 pukul 10.02

Nurfajri,Rizqi Alif.2022,”Media social sebagai sarana edukasi,berkarya,bersosialisasi,dan berbisnis”, https://kumparan.com/rizqi-alif/media-sosial-sebagai-sarana-edukasi-berkarya-bersosialisasi-dan-berbisnis-1y313ljrAc9?ref=register.diakses pada 29 Maret 2023 pukul 12.00

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 43 = 44