CARA MEMBUAT WEBSITE MENARIK-PENGGUNAAN PLATFORM WIX.COM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Perkembangan zaman semua aspek dalam berbagai bidang kehidupan telah beradaptasi dengan perkembangan internet dan teknologi. Salah satu bidang yang tidak luput dari perkembangan internet dan teknologi adalah bidang Pendidikan. Pendidikan yang merupakan pondasi penting tehadap kemajuan suatu bangsa harus mengikuti berbagai perkembangan yang ada terutama pengunaan internet sebagai penunjang dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan internet memberikan ruang kebebasan berekspresi yang tidak terikat oleh waktu dan ruang. Tetapi dalam hal lain juga banyak hambatan dali pembelajaran online ini mulai dari factor jaringan yang tidak stabil, materi yang kudang dipahami oleh peserta didik, dan juga terbatasnya interaksi antara guru dan peserta didik. Dalam hal ini juga guru berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar dalam memanfaatkan teknologi dan cara menampaikan materi. Bedasarkan hal tersebut menjadi perhatian khusus terutama pada pembelajaran daring, dimana juga seharusnya media pembelajaran disediakan dengan tampilan yang menarik dan mudah dalam dioperasikan. Dalam bahasdan kali ini penulis ingin menggunakan platform wix dalam media pembelajaran berbagai kalangan tetapi dalam hal ini berfokus terlebih dahulu dalam jenjang SMA.
Perkembangan internet juag menumbuhkan berbagai ide kreatf dan inovatif dalam penunjang kegiatan manusia dalam hal ini mempermudal aktivitas manusia. Wix.com merupakan salah satu plaform pembuatan website tanpa melalui proses coding yang cenderung rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam platform ini memberikan berbagai fitur dan fasilitas yang lengkap dan menarik dibandinkan dengan platform lain yang sejenis. Dengan berbagai ntemplate yang telah ada dan juga kebebasan pengguna dalam mengkostumisasi web yang akain dibuat menjadi nilai plus tersendiri dari platform ini. Dalam pengkostumisasi dengan berbagai tools yang disediakan sangat mudah. Dalam hal ini sangat berkaitan dengan system informasi yang mana terdapat keterkaitan antara manusia dengan berbagai aktivitas denga teknologi dalamoperasi dan manajemen. Pada web yang menggunakan platform wix nantinya akan berfokus pada platform belajar online dengan menggunakan nama HILING. Untuk dapat menggunakan brbagai fitu yang ada pengakses harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu, web ini didesain dangan tampilan yang menarik dan juga fitur penunjang pembelajaran juga mempuni. Untuk penggunaan dengan tampilan yang professional dengan domain yang diinginkan pengguna juga dapat membeli langgalan pada platform tersebut dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan platform lain yang sejens. Berikut ini langkah-langkah pembuatan website pada platform wix.com :
1. Buka website wix.com,

2. Daftar akun pada website dapat menggunakan akun facebook, akun apple, maupun akun google,

3. Pilih kategori website yang akan dibuat,

4. Pilih tempelate yang sesuai dari tempelate yag telah disediakan oleh platform wix,

5. Klik edit selanjutnya akan diarahkan kedalam halaman pengeditan website dimana pengguna dapat mengkostumisasi sesuai dengan keinginan, jika sudah sesuai dapat melakukan publikasi dan melihat hasil dengan klik pertinjau,

6. Untuk memantau chat dan lain sebagainya dapat mengakses dashboard wix,


Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan internet dan teknologi sangat berguna dalam berbagai aspek kehidupan jika digunakan dengan bijak dan benar. Pemanfaatan platform wix ini sangat cocok diaplikasikan dalam dunia Pendidikan dimana pada saat ini rata-rata peserta didik memiliki smartphone dan dapat mengakses internet. Diharapkan dari platform HILING ini dapat meningkatkan minat belajar peserta didik yang ada di Indonesia.

Link youtube : https://youtu.be/qzP-ohGsCe4
Link website : https://indrasiddiq.wixsite.com/hiling

DAFTAR PUSTAKA
Sutrisno, Okta Irawati Iis Istiqomah, Santi Rahayu, Jupron. J 2022. PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE DENGAN WIX PADA SISWA SMK INFORMATIKA CIPUTAT. Jurnal Kuat. 4 (1): 1-50.
Totok Mulyono. J 2018. TEKNOLOGI PENJUALAN BERBASIS WEB
( E – COMMERCE ) MENGGUNAKAN WIX DI CV. NAGA MAS. Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis. 1 (1): 27-37.
Usman Nurhasan, Rizky Alifian Lutfi. J 2019. PEMANFAATAN WEBSITE UNTUK MANAJEMEN INFORMASI PENELITIAN PETERNAKAN KOTA BATU. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika. 13 (1): 1-14.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 7 =