Metaverse: Pengertian dan cara kerjanya

(source: kompas tekno)

Dizaman digital serba canggih ini ada banyak inovasi teknologi yang dulunya hanya seperti sebuah mimpi namun sekarang dapat terwujud, salah satunya adalah metaverse. Metaverse adalah dunia virtual yang diciptakan oleh CEO Facebook (Meta) yaitu Mark Zuckerberg yang memungkinkan pengguna dapat saling terhubung sehingga dapat berkomunikasi, bekerja, bermain, bahkan bisa bertransaksi seperti didunia di dunia nyata. Istilah metaverse sendiri berarti dunia virtual 3D (3 Dimensi) yang dihuni oleh komunitas avatar atau karakter orang sungguhan.

Sederhananya metaverse adalah konsep dunia virtual yang diisi dengan berbagai benda dan kegiatan seperti di dunia nyata. Konsep metaverse adalah gabungan dari beberapa elemen teknologi seperti kaca mata virtual reality (VR) dan kaca mata augmented reality (AR). Cara kerja Metaverse adalah pengguna harus memiliki VR atau AR yang terkoneksi dengan internet agar dapat tersambung dengan Metaverse. Orang pertama yang menciptakan istilah metaverse adalah Neal Stephenson, istilah tersebut disebutkan dalam novelnya yang berjudul “Snow Crash” di tahun 1992.

Lalu seperti apa Metaverse itu? berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengguna di Metaverse, antara lain:

  • Horizon: Pengguna dapat membuat atau mengolah tanahnya sendiri seperti taman, sekolah, kantor, tempat bermain, pantai, pegunungan, luar angkasa, dan lain-lain.
  • Avatar: Pengguna dapat menciptakan avatar atau karakter sendiri sesuai keinginan pengguna seperti avatar manusia dengan gender laki-laki ataupun perempuan lengkap dengan pakaian ataupun wujud lain misalkan binatang, dinosaurus, robot dan lain-lain. 
  • Kegiatan virtual: Pengguna bisa melakukan kegiatan yang sama di dunia nyata seperti olahraga, menonton konser, kuliah, menonton film, bekerja, dan lain-lain. 
  • Kumpul bersama: Pengguna bisa bertemu dengan pengguna lain untuk meeting, berpesta ataupun sekedar bertemu saja. 
  • Belanja: Pengguna bisa berbisnis, bertransaksi dan berbelanja seperti berbelanja langsung ke toko atau mal. 
  • Masuk ke dalam game: Pengguna dapat masuk ke dalam game seperti di film Ready Player One atau Film Free Guy. Alat hardware yang digunakan pengguna adalah headset Virtual seperti kacamata VR ataupun AR.

Jadi kesimpulannya metaverse membawa dampak yang besar bagi perkembangan teknologi diberbagai sektor kehidupan saat ini. Metaverse juga diharapkan dapat membawa kemajuan di berbagai sektor seperti pendidikan, keuangan, hiburan, otomotif, ritel, berbagai barang konsumsi, dan lainnya.

Link video youtube: https://youtu.be/Kr6TXARzojc

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.