Pemanfaatan Aplikasi KAI Access Untuk Pemesanan Tiket kereta

Pada era yang serba modern ini sudah banyak sekali perubahan yang telah terjadi, seperti salah satunya yaitu pada bidang teknologi dengan ditunjukannya berbagai aplikasi layanan masyarakat yang banyak bertebaran yang semakin mempermudah masyarakat untuk melakukan kegiatannya tanpa harus datang ketempat dan di rumah saja.

Salah satu dari aplikasi layanan masyarakat tersebut adalah aplikasi KAI Access yang merupakan salah satu inovasi teknologi yang dikembangan oleh PT. KAI (Persero) untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan pelanggan. KAI Access ini merupakan aplikasi resmi penyediaan penjualan tiket kereta api secara online. Tidak hanya itu, aplikasi KAI Access juga memberikan fitur-fitur tambahan yang meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 Cara pemesanan tiket pun sangat mudah, hanya dengan mengunduh apikasi KAI Access di ponsel atau bisa melalui web www.kai.id , kemudian login dengan data yang benar, setelah itu anda dapat menggunakannya untuk pemesanan tiket kereta sesuai dengan tujuan anda, baik antar kota, luar kota. Kerata api bandara dapat dilakukan pemesanan di aplikasi tersebut.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari aplikasi KAI Access ini yaitu, kelebihannya adalah dapat dengan mudah diakses di android maupun IOS, aplikasi ini dapat digunakan untuk pemesanan tiket tanpa perlu antri dan datang ke stasiun terdekat, dapat melihat jadwal keberangkatan kereta, dan tidak perlu mencetak tiket boarding karena dapat menggunakan e-boarding pass di aplikasi saat memasuki gerbang kereta.

Selain kelebihan yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa kekurangan dari aplikasi KAI Acces ini yang dapat dilihat dari feedback atau ulasan pada playstore yang beberapa orang yang mengeluhkan terkadang adanya gangguan dalam mengakses aplikasi saat ingin memesan tiket untuk perjalanannya, terkadang juga ada beberapa fitur yang tidak bekerja, selain itu rating yang ditampilkan di playstore juga kurang memuaskan yaitu dengan 3,8 dari 5 .

Dari beberapa penelitian terkait dengan penggunaan KAI Access, Andriyani (2020) menjelaskan faktor perilaku, usia, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian tiket secara online melalui aplikasi KAI Access pada PT. Kereta Api Indonesia (persero) Medan; Trisanti & Putri (2020) menjelaskan terkait pengaruh mobile e-commerce aplikasi KAI Access terhadap keputusan pemebelian tiket kereta api lokal (studi pada PT. Kereta Api Indonesia (persero) pada kereta api Penataran Daop 8 Surabaya). Mendapatkan hasil bahwa lebih dari 50% reponden merasa setuju dengan proses pelayanan KAI Access dan merasa setuju terhadap pelayanan yang diberikan oleh KAI Access dalam pemesanan tiket online. Lebih dari 50% responden setuju dengen kemudahan akses KAI Access baik di web maupun di smartphone. Meskipun layanan KAI Access tersbeut memberikan kemudahan untuk penggunanya yakni sekitar 78,27 % (baik), ratingnya masih cukup rendah yakni 3,8 dari 5.

Menurut saya pribadi sebagai salah satu pengguna aplikasi KAI Access sebagai alternatif pemesanan tiket kereta api secara online merasa dengan adanya aplikasi ini memudahkan saya untuk memesan tiket kereta api tanpa datang ke stasiun, selain iitu pemesanan tiket di aplikasi KAI Access ini hampir tidak ada bedanya dengan pemesanan tiket kereta secara offline, bahkan ada fitur tambahan pada aplikasi KAI Access yang semakin mempermudah penggunanya.

Citra nama baik KAI Access juga sudah baik dan cukup banyak orang yang mulai beralih dari pemesanan offline ke pemesanan tiket secara online, tapi tak dipungkiri pemesanan tiket secara offline juga diperlukan atau penting bila sewaktu waktu aplikasi mengalami gangguan atau sedang tahap perbaikan.

Maka dari itu dengan adanya aplikasi KAI Access yang sudah mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju ini, memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam melakukan pemesanan tiket kereta api dan harapannya aplikasi KAI Access ini dapat terus berkembang dan dapat terus meningkatkan kepercayaan penggunanya untuk tetap menggunakan aplikasi tersebut dan menambang pengguna baru untuk mengunakan aplikasi KAI Access sebagai pemesanan tiket yang mudah, cepat dan terpercaya.

Youtube : https://youtu.be/dTyeqNK9r_Y 

Reference

Annisawati, A. A., & Ayuninda, A. Q. (2019). Pengaruh Sikap Dan Persepsi Konsumen Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Kai Access Di PT Kereta Api Indonesia Denggan Menggunakan Pendekatan Technology Accpetence Model (TAM). Pro Mark, 9(2), 9-9.

Prayoga, W., Hendrayati, H., Nur, L., & Budiman, A. (2022). Perilaku Konsumen Dalam Pertimbangan Pembelian Tiket Melalui Kai Access Berdasarkan Kualitas Jasa, Citra Merek, Persepsi Harga. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 17–30. https://ejournal.upi.edu/index.php/mdb/article/view/42521/18925

Penulis : Mohamad Hanif Rasyad

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.