Pemanfaatan WolframAlpha dalam Membantu Pemecahan Persoalan Matematika

WolframAlpha merupakan mesin penjawab yang dikembangkan oleh Wolfram Research. WolframAlpha mampu menjawab pertanyaan faktual dengan menghitung jawaban dari data yang bersumber dari luar. WolframAlpha dirilis ke publik pada 15 Mei 2009 oleh Stephen Wolfram dan didasarkan pada produk Wolfram Mathematica sebelumnya, sebuah platform komputasi teknis. WolframAlpha dapat diakses melalui website ataupun berupa aplikasi yang dapat kita download di PlayStore ataupun AppStore.

WolframAlpha memuat berbagai topik misalnya Mathematics, Science & Technology, Society & Culture, Everyday Life dan lain sebagainya. Kemudaian WolframAlpha dapat digunakan untuk membantu pemecahan berbagai jenis topik persoalan. Nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai penggunaan WolframAlpha dalam membantu pemecahan persoalan matematika. Begitu banyak topik dalam matematika yang dapat kita selesaikan dengan menggunakan Wolfram Alpha, salah satunya adalah aljabar.

Artikel kali ini akan menunjukkan bagaimana menghitung determinan matriks dengan menggunakan WolframAlpha. Berikut ini merupakan beberapa tampilan dasar WolframAlpha yang perlu diketahui :

Gambar 1, 2, dan 3 merupakan tampilan awal WolframAlpha jika kita membuka melalui website. Selanjutnya jika ingin memecahkan suatu persoalan, kita tinggal memilih/mengklik topik yang sesuai.

Misalkan kita mempunyai soal :

Kemudian bagaimana langkah-langkah menyelesaikan persoalan determinan matriks menggunakan WolframAlpha?

  1. Buka WolframAlpha melaui Aplikasi atau Website di www.wolframalpha.com
  2. Untuk menyelesaikan persoalan determinan matriks kita dapat memilih/mengklik topik mathematic bagian aljabar/algebra, pilih matriks. Kemudian akan muncul menu seperti gambar berikut

3. Setelah mengklik matriks, kemudian pilihlah determinan

4. Setelah memilih matriks, kemudian inputlah matriks yang akan dicari nilai determinannya. Kemudian klik simbol samadengan

5. Setelah itu, WolframAlpha akan memproses soal, dan penyelesaiannya ditunjukkan pada gambar berikut

Tampilan hasil yang telah diproses oleh WolframAlpha. Kita dapat menyimak langkah demi langkah penyelesaian soal dengan syarat kita sudah premium.

Untuk lebih jelasya dapat kita simak dalam video YouTube berikut ini :

Video Pemanfaatan WolframAlpha

Penggunaan WolframAlpha untuk membantu menyelesaikan persoalan matematika memang sangatlah membantu. Soal-soal yang dirasa sulitpun juga bisa dipecahkan menggunakan WolframAlpha, misalnya materi selain aljabar yaitu kalkulus, persamaan diferensial, geometri dan lain sebagainya. Untuk itu kita perlu lebih mengeksplor secara luas fungsi WolframAlpha untuk dapat dimanfaatkan secara lebih maksimal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 30 + = 40