DIGITALISASI BERPERAN PENTING DALAM MEMBANTU KEGIATAN BELAJAR

            Digitalisasi merupakan sebuah teknologi untuk menjelaskan suatu proses media dari bentuk media dua dimensi, audio, hingga video yang menjadi bentuk digital. Digitalisasi sendiri dilakukan untuk membuat arsip dokumen bentuk digital, untuk fungsi fotokopi, dan untuk membuat koleksi perpustakaan digital. Digital sendiri berasal dari kata Digitus, dalam Bahasa Yunani berarti jari jemari. Digital tersebut menggambarkan suatu teknologi elektronik yang menyimpan, menghasilkan, serta juga memproses data itu di dalam 2 kondisi: positif serta juga non-positif. Positif tersebut dinyatakan atau juga diwakili oleh angka 1 serta untuk non-positif itu oleh angka 0. Dengan demikian, data yang dikirimkan atau pun data yang disimpan dengan teknologi digital tersebut dinyatakan sebagai string 0 serta 1. Tiap-tiap digit status ini disebut yakni sebagai bit (serta serangkaian bit yang dapat atau bisa ditangani komputer dengan secara individual yakni sebagai grup ialah byte).

            Digitalisasi telah mengubah berbagai macam aspek dalam kehidupan bermasyarakat. Digitalisasi sendiri memberikan kemudahan bagi masyaraskat dalam melakukan kegiatan, baik saat melakukan transaksi maupun dalam kegiatan pembelajaran menuntut ilmu serta informasi yang terbaru, hal tersebut sangatlah penting bagi masyarakat yang sedang mencari informasi atau mencari ilmu dikarenakan dengan digitalisasi sangat memungkinkan masyarakat untuk menggali ilmu yang lebih mendalam. Sebelum membahas manfaat digitalisasi lebih dalam, dapat dilihat banyak sekolah yang meliburkan muridnya pada saat pandemi, hal ini sangat berdampak buruk bagi pelajar dikarenakan harus memotong wakrtu belajarnya dan berdiam diri di rumah, di sinilah teknologi dibutuhkan.

            Adanya pandemi tersebut merubah sistem pembelajaran yang biasa menjadi sistem pembelajaran digital, hal inilah yang disebut digitalisasi, di mana ada suatu transformasi suatu kegiatan konvensional menjadi suatu kegiatan yang berbasis digital. Tentunya dengan transformasi ini akan menimbulkan suatu dampak baik dan dampak buruk bagi pelajar. Salah satu dampak buruknya adalah pelajar yang malas akan semakin malas karena kurangnya pengawasan dari pembimbingnya. Tentunya orang tua juga sangat berperan penting dalam mendampingi anak anaknya dalam memperoleh ilmu. Di luar dampak hal buruk tersebut, dampak yang baik yang dihasilkan dari digitalisasi ini juga banyak diantaranya :

1. Dapat menumbuhkan kreativitas pelajar

hal ini dapat terjadi dikarenakan pembelajaran daring(yang berlangsung secara virtual /di rumah masing masing), pelajar lebih memiliki banyak waktu luang sehingga pelajar dapat mengisi waktu luang tersebut dengan mengerjakan hal hal baru.

  • 2. Mempercepat kebutuhan informasi

Informasi akan lebih mudah didapat di zaman digitalisasi saat ini, hal ini sangat memudahkan pelajar dalam mencari ilmu dan wawasan dari internet.

  • 3. Pelajaran di sekolah tidak terganggu

Hal ini dikarenakan pembelajaran di sekolah digantikan dengan pembelajaran secara daring, sehingga pelajar tetap mendapatkan materi.

            Bedasarkan pengamatan saya kecil saya ke pelajar dengan berbagai jenjang pendidikan, cara belajar yang dilakukan ketika pandemi adalah dengan mencari materi di internet sebagai bahan pembelajaran, dari hal ini dapat disimpulkan bahwa digitalisasi ini mempunyai pengaruh penting dalam kegiatan pembelajaran bagi para pelajar. Adapun saran yang dapat saya berikan yaitu, mulailah membiasakan diri dengan perkembangan dunia digitalisasi, manfaatkan kebebasan mencari informasi di dalamnya, hal ini dapat menjadi bekal dalam menjalani hidup untuk masa yang akan mendatang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 34 + = 43