Dampak Positif dan Dampak Negatif E-commerce dalam Kehidupan dan Perekonomian

Electronic commerce atau e-commerce adalah model bisnis jual beli yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan internet. E-commerce bisa dilakukan melalui komputer, laptop, hingga smartphone. Walaupun memiliki banyak dampak positif E-commerce juga memiliki dampak negatif dalam kehidupan dan perekonomian. Berikut dampak positif dan negatif E-commerce dalam kehidupan dan perekonomian.

Dampak Positifnya, yaitu :

1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.

2. Dapat meningkatkan pangsa pasar.

3. Melebarkan jangkauan.

4. Meningkatkan supplier management.

5. Meningkatkan customer loyality.

6. Meningkatkan mata rantai pendapatan.

7. Memperpendek waktu produksi.

8. Menurunkan biaya operasional.

Dampak Negatifnya, yaitu :

1. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan.

2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa mengungkap semua informasi rahasia dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.

3. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Contohnya seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya.

4. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

5. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.

6. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memilih dan menggunakan E-commerce agar tidak mengalami hal-hal buruk dan mendapatkan manfaat baik.

Berikut saya sertakan link youtube :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 20 − 10 =