Kelebihan dan Kekurangan dalam Pemanfaatan Duolingo Sebagai Aktualisasi dari Literasi Digital

Di era semua yang serba online ini, komunikasi menjadi luas serta tidak mengenal batas. Ketiadaan batas ini mengharuskan kita untuk terus menerus belajar apalagi yang berkaitan mengenai komunikasi. Salah satu media komunikasi universal adalah bahasa. Semua orang di dunia ini dapat terhubung dengan bahasa, terutama bahasa inggris, yang dapat dipahami oleh semua orang dari berbagai negara.
Dalam prakteknya, tidak semua dapat menggunakan dan mengusai bahasa inggris secara lancar sehingga diperlukan pembelajaran lebih lanjut. Dalam proses pembelajarannya, banyak sumber-sumber gratis di internet yang dapat dimanfaatkan termasuk artikel, blogspot, maupun aplikasi. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang aplikasi Duolingo.
Duolingo adalah aplikasi belajar bahasa gratis yang diciptakan oleh Luis von Ahn dan Severin Hacker. Aplikasi ini selain tersedia dalam versi web juga tersedia dalam versi Android dan iOS. Sebagian besar fitur belajar bahasa dalam Duolingo gratis, namun aplikasinya memiliki iklan dalam aplikasi seluler dan aplikasi webnya, yang dapat disingkirkan dengan berlangganan atau dengan menyebarkan pranala undangan. Fitur ini dikenal dengan “Super Duolingo” dan fitur ini termasuk hati tak terbatas (percobaan ulang), loncat level, dan kuis kemajuan.

Metode pembelajaran yang digunakan duolingo merupakan metode yang sangat mudah dipahami, dikarenakan pelajaran yang dipersonalisasi sesuai dengan kecepatan kita. Pelajaran tersebut beradaptasi dengan kekuatan dan kelemahan kita seiring kemajuan kita dalam latihan.


Dalam artikel ini membahas mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi tersebaut serta ke-efektifan dalam pembelajaran bahasa melalui Duolingo untuk pembelajar pemula dan lanjutan.


Berdasarkan penggunaan saya selama kurang lebih 1 tahun, berikut kebelebihan serta kekurangan aplikasi Duolingo sebagai sarana pembelajaran dalam berbahasa. Adapun beberapa kelebihannya :
1. Gratis dan Mudah Digunakan
DuoLingo gratis dan dapat diakses oleh siapa saja dengan perangkat apapun yang terhubung dengan internet. Selain dapat diakses dari perangkat apapun, aplikasi ini sangat mudah digunakan dimana saja selama terdapat jaringan yang mendukung.
2. Pelajaran Berbasis Konteks
Setiap pelajaran didasarkan pada percakapan dunia nyata, sehingga memungkinkan pengguna untuk memahami kosakata dan tata bahasa dalam konteks yang lebih nyata dan relevan.
3. Pengenalan Suara
DuoLingo menggunakan pengenalan suara untuk membantu pengguna memperbaiki pelafalan mereka dan memperkuat keterampilan mendengarkan.
4. Pembelajaran Personal
DuoLingo menyesuaikan pelajarannya dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing pengguna. Jika pengguna sudah memiliki pengetahuan dasar dalam bahasa tertentu, DuoLingo akan mempersiapkan pelajaran yang lebih menantang untuk mereka. AI dari aplikasi tersebut akan melacak apa yang kita pelajari dan menyesuaikan urutan serta kesulitan latihan sehingga kita selalu melihat keseimbangan antara konten yang familier dan lebih menantang.
5. Gamifikasi
DuoLingo menggunakan elemen permainan dan tantangan dalam pembelajaran bahasa, seperti pengumpulan poin, naik level, dan kompetisi dengan teman atau pengguna lainnya.
6. Pembelajaran yang Adaptif
DuoLingo menggunakan teknologi pembelajaran adaptif yang memungkinkan pengguna untuk belajar sesuai dengan tingkat kemampuan mereka.
7. Dukungan Multibahasa
DuoLingo tersedia dalam berbagai bahasa dan memungkinkan pengguna untuk belajar lebih dari satu bahasa pada saat yang sama.
8. Fleksibilitas
DuoLingo memungkinkan pengguna untuk belajar kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi mobile atau web.


Namun, Meskipun aplikasi ini menarik untuk belajar bahasa tetapi masih memiliki beberapa kekurangan, seperti:
1. Aplikasi ini bagus untuk belajar bahasa dasar tetapi jika untuk tingkat lanjutan mungkin tidak efektif.
2. Masih ada bug seperti audio tidak mengeluarkan suara dan ketika speaking suara tidak terekam.
3. Pembelajaran yang diulang sehingga membuat pengguna mudah bosan.


https://youtu.be/s4QjM0ry_s4?si=N9McpePMBqS_ZEDa

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

40 − 36 =