Teknologi 5G

TEKNOLOGI 5G

Tekonlogi saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi tiap inndividu. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa semuanya menggunakan dan membutuhkan teknologi. Sifat manusi yang semakin hari ingin praktis menyebabkan manusia selalu ingin memperoleh yang termudah, terbaru, dan tercepat. Itu menjadikan teknologi tiap waktu akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Semua kalangan sangat membutuhkan hal yang cepat karena tuntutan dari lingkungan mereka maupun pekerjaan mereka, seperti mengirim dokumen, menjalankan market digital, streaming. Semua itu membutuhkan teknologi yang mewadahi dan tentnya kencang agar saat menjalankan kegiatan tersebut tidak terjadi kendala.

Maka saat ini kita telah kedatanan teknologi yang sangat baru yaitu teknologi 5G. teknologi ini menawarkan banyak sekali manfaat bagi manusia dan perindustrian, untuk manfaat yang pertama.

1.Koneksi Internet Jauh Lebih Cepat

Untuk keunggulan yang pertama ialah koneksi internet yang jauh lebih kencang daripada teknologi sebelumnya atau teknologi 4G. Jaringan 5G memiliki kecepatan yang jauh lebih stabil dan menerapkan latensi rendah dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, mampu memiliki kecepatan internet yang jauh lebih baik.

5G mampu membantu dalam kegiatan berselancar di dunia maya, contohnya mengunduh dan mengunggah file berkapasitas besar dengan waktu singkat, dan streaming resolusi 4K tanpa gangguan. Hal tersebut membantu meningkatkan produktivitas sehari-hari karena semuanya akan dilakukan sangat cepat.

2.Cloud Gaming

Untuk manfat yang kedua yaituu 5G menawarkan Cloud Gamig. Dengan Iatensi rendah pada 5G tentunya akan dirasakan manfaatnya ketika bermain games. Adanya latensi rendah iniIah membuat tidak ada jeda waktu yang dibutuhkan dalam transmisi data dari pengirim menuju ke penerima. Contoh yang akan dirasakan daIam bermain games yaitu bisa memberikan respon pergerakan lawan dengan cekatan, karena jaringannya 5G memiIiki transmisi data yang sangat cepat.

Menggunakan jaringan 5G dapat menikmati Iayanan Cloud Gaming yang memungkinkan bermain games secara Iangsung atau reaI-time di perangkat smartphone pada games Xbox One, PlayStation hingga komputer.

3.Penggunaan Drone

Saat ini penggunaan drone sudah banyak dilirik di berbagai sektor industri, seperti pertanian, pemetaan, minyak dan gas, hingga militer. Dengan pantuan kamera drone bisa membantu mengawasi operasional pabrik secara langsung.

Jaringan 5G ini mampu mengobtrol drone dengan tingkat presisi yang tinggi dan mampu mengirim video dengan resolusi terbaik secara langsung.

4.Game VR dan AR

Kelemahan yang di miliki virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) adalah selalu latensi atau jeda waktu. Penerapan 5G ini akan membantu koneksi yang stabil sehingga jeda waktu akan lebih cepat menjadi beberapa milidetik saja.

Jaringan 5G membuat konektivitas menjadi mulus ketika sedang menikmati bermain VR dan AR akan terasa jauh real-time dan akan lebih realistis.

5.Membantu Perkembangan IoT

Internet of things (IoT) merupakan teknoIogi yang menerapkan jaringan internet untuk berbagi data, dan dapat di akses jarah jauh memungkinkan beberapa perangkat saIing terhubung. Berbagai sektor teIah menggunakan penerapan IoT untuk membantu kegiatan operasionaI.Penerapan IoT menggunakan jaringan 5G ini, akan memberikan konektivitas yang jauh Iebih stabil dan cepat. Dengan begitu akan membantu meningkatkan kemajuan ekosistem di era saat ini.Kombinasi antar keduanya bisa menghubungkan miIiaran perangkat untuk pertukaran data yang tepat antara latensi, kecepatan, dan harga. Hal tersebur akan membantu banyak sektor, contohnya untuk meningkatkan otomasi industri pada mesin-mesin pabrik.Implementasi jaringan 5G ini akan berdampak besar untuk perkembangan di era sekarang. Dengan mudahnya mendapatkan berbagai informasi saat ini, jaringan 5G akan memudahkan dan meningkatkan produktivitas yang tinggi. Maka dari itu gunakan kesempatan sebaik mungkin untuk tetap terus meningkatkan skill, agar bisa terus berinovasi untuk perkembangan diri kita sendiri ataupun negara.

Karena perkembangan zaman yang semakin maju maka kita dituntut selalu mengembangkan diri kita agar tidak tertinggal oleh teknologi dan zaman.

LINK VIDEO YT:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.