Penggunaan Robot AUMR Sebagai Penyeteril Covid-19

Assalamualaikum Wr. wb.
Halo semuanya, saya Mahmuji Ramadlan Jafa, dalam tulisan ini saya akan membahas seputar robot AUMR sebagai penyeteril covid-19.


Dunia sedang dilanda kekacauan akibat munculnya sebuah virus pada tahun 2019, yang hingga saat ini masih belum menghilang. Virus tersebut dinamakan COVID-19, sebuah virus yang diduga pertama kali muncul dari Wuhan, Cina. Covid-19 sendiri telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Banyak usaha telah dilakukan untuk setidaknya mengurangi dampak dari infeksi virus ini. Virus ini dapat menyebabkan gejala sakit yang dapat menimbulkan kematian, bila tidak ditangani dengan insentif. Covid-19 dapat menyebar melalui sentuhan antara bagian anggota tubuh, terutama adalah tangan.

Tempat umum seperti rumah sakit atau tempat isolasi menjadi faktor penting untuk penanganan pasien yang terkena covid-19, dari situ pihak LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan Telkom University, terinsipirasi untuk membuat robot disinfektan, yang diberi nama Robot AUMR (Autonomous UVC Mobile Robot).

Apa sih AUMR itu?
Jadi robot ini diciptakan dengan harapan dapat membantu penyeterilan tempat yang memiliki tingkat terinfeksi covid yang tinggi dengan tanpa ada sentuhan dari manusia, sehingga dapat mencegah penularan virus.

Bagaimana cara kerja robot ini?
robot ini bekerja memanfaatkan sinar UVC atau Ultra Violet- C, pada gelombang 254nM, dimana ukuran gelombang ini dapat membunuh virus.

Mengapa sinar tersebut dapat membunuh virus?
Pada ukuran tertentu sebuah sinar dapat memberikan efek yang dapat membunuh sebuah dna,rna, dan protein sebuah virus, untuk UVC dengan ukuran 254nm, menjadikan sinar ini mudah terserap DNA dari suatu mikororganisme dan memecahkan dinding sel protein. sehingga mikroorganisme dapat mati.

Penggunaan robot AUMR sendiri tidak diperuntukkan dalam lingkup rumah tangga, mengingat terdapat efek yang berbahaya dari UVC terhadap manusia, penggunaan robot ini hanya diperuntukkan oleh rumah sakit dengan catatan tidak ada manusia dalam sebuah ruangan yang akan disterilkan oleh robot ini.

Kelebihan dari robot AUMR

  1. Waktu pengunaan AUR bisa hingga 5 jam, tergantung pada baterai kemudian sistem kerja UV selama 1 hingga 2,5 jam.
  2. Dilengkapi sensor ultrasonic, sehingga robot ini dapat menghindari menabrak benda di sekitarnya.
  3. Dapat digunakan menggunakan remote control, lebih mudah dalam mengontrol penggunaan robot dengan jarak yang jauh.

Dengan adanya inovasi seperti robot AUMR ini, diharapkan dapat meringankan tenaga medis dalam penanganan ruangan tempat bekerja, sehingga para tenaga medis dapat terhindar dari infeksi virus dari ruangan yang tidak bersih/steril.

Sekian tulisan dari saya,

Wassalamualaikum Wr.Wb.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *