Membangun Kehidupan Baru Di Metaverse

Ilustrasi Dunia Metaverse (Foto: Digital Trends/TIMES Indonesia)

Pada masa era teknologi emas, Metaverse menjadi salah satu topik yang sedang populer hampir di semua kalangan temasuk di seluruh dunia. Terobosan kehidupan baru yang dikemas dalam teknologi ini tidak hanya diperbincangkan oleh pegiat teknologi, melainkan pegiat ekonomi dan bisnis juga ramai memperbincangkannya.

Dunia virtual sudah tidak menjadi impian semata, melainkan dapat menjadi kenyataan. Kehidupan dunia virtual baru dapat diaplikasikan melalui metaverse.

Apa Itu Metaverse?

Metaverse merupakan dunia virtual yang dapat memungkinkan antar pengguna dapat saling terhubung, bekomunikasi, bekerja, dan berinteraksi layaknya dunia nyata.

Kehidupan baru yang teipta melalui virtual merupakan sebuah kombinasi dari beberapa elemen teknologi.

Bagaimana Cara Kerja di Metaverse?

Cara kerja dalam kehidupan baru di metaverse yaitu dengan menggunakan teknologi VR yang dtiambah dengan teknologi AR untuk menggabungkan dunia virtual dengan dunia nyata.

VR merupakan perangkat teknologi yang membawa seseorang masuk ke dunia virtual dan dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya tersebut dengan disimulasikan melalui perangkat komputer yang terkoneksi dengan intenet. Dengan VR orang akan menyaksikan kehidupan virtual di metaverse seperti kehidupan realita. Sementara AR merupakan perangkat teknologi yang mensimulasikan benda maya dua atau tiga dimensi dalam dunia nyata lalui memproyeksikan objek tersebut secara nyata. AR merupakan pelengkap VR yang menghadirkan fitur audio dan sensorik.

Setiap pengguna dalam metaverse akan memiliki avatar masing – masing yang dapat di modifikasi. Pengguna lain dalam metaverse dapat melihat diri kita sesuai dengan avatar sehingga setiap pengguna dapat menelusuri dunia dan beraktivitas di dunia metaverse.

Siapa Tokoh Penting Dibalik Berjayanya Metaverse?

Istilah metaverse sudah ada sejak tahun 1992 dalam sebuah novel karya Neal Stephenson yang bertajuk “Snow Crash”. Dalam novelnya Stephenson mengakui bahwa dirinya yang menciptakan metaverse. Dalam novelnya, metaverse disebutkan sebagai kode – kode yang diwakili oleh avatar dalam penggunaanya. Kemudian ada Mark Zurkerbeg, metaverse kembali mencuat usai pemilik Facebook mengganti nama perusahannya menjadi Meta. Kemudian yang ketiga ada Elon Musk, pemilik tesla membentangkan kembali nama metaverse dengan kritikannya yang menganggap bahwa ia tidak melihat metaverse sebagai tempat tingga; virtual orang – orang masa depan dan tidak peraya bahwa manusia akan meninggalkan realitas fisik dan beralih ke realitas virtual.

Kehidupan baru di metaverse memeiliki cara kerja yang sama dengan kehidupan nyata. Pengguna metaverse harus masuk ke dalam dunia virtual dengan menggunakan bantuan teknologi pendukung seperti Virtual Reality (VR) atau Augmanted Reality (AR).

Untuk saat ini, yang dapat dilakukan dalam memasuki kehidupan metaverse dapat menggunakan headset VR seperti Oculus. Selain itu, pengguna harus memiliki akses internet dan beberapa ketentuan tambahan koleksi karya seni NFT tertentu. Setelah masuk dalam metaverse, pengguna dapat melalukan berbagai macam kegiatan.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Dunia Metaverse

Metaverse hadir sebagai kehidupan baru secara virtual yang menyediakan berbagai macam akses kegiatan yang dapat dilakukan oleh penggunanya seperti menonton konser virtual, bermain game, bekerja, melakukan perjalanan online, melihat karya seni dan pakaian digital, membeli barang, dan sebagainnya.

Contoh Kehidupan Di Metaverse

Pertumbuhan metaverse sudah tidak dapat diragukan lagi dengan adanya keerdasan buatan (AI). Banyak perusahaan dunia yang sudah menerapkan teknologi metaverse di produk perusahaan dan aspek bisnis lainnya, seperti:

Meta, yang didirikan oleh Mark Zukerberg pada Oktober 2021

Microsoft Metaverse, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates mulai dikembangkan kembali dengan konsep metaverse yang akan mengadaptasi sistem operasi Windows untuk menciptakan metaverse versi korporat dengan menghadirkan avatar digital.

Roblok, merupakan game yang diluncurkan pada tahun 2006 yang berhasil mengembangkan dunia virtual dengan menggabungkan konsep metaverse dengan teknologi VR dan AR.

Metaverse Di Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memperkirakan Indonesia memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan Metaverse. Sebelumnya Presiden Joko Widodo menangkat isu metaverse dalam pidatonya yang mengatakan bahwa metaverse dapat dijadikan sebagai tempat berkumpulnya warga NU untuk mengadakan pengajian dan sebagainya.

Banyak tokoh publik yang mulai tertarik dengan metaverse, contohnya yaitu perusahaan miliki Rafi Ahmad dan Nagita Slavina yang meluncurkan tampilan metaverse RansVerse. Ransverse akan berbentuk pulau yang mempunyai plot tanah dengan berbagai ukuran yang dapat dibeli oleh pengguna metaverse lainnya.

Selain RansVerse, tokoh publik Rizki Billar dan Lesti Kejora juga mulai mengembangkan Leslar Metaverse. Metaverse yang dirancang oleh Rizki Billar yaitu memadukan bisnis kripto dengan ruang virtual yang menghadirkan akses koin dalam lingkup metaverse. Namun, tantangan baru mulai muncul dalam dunia metaverse. Hal itu dikarenakan membeli lahan di metaverse yang sangat mahal sehingga metaverse sulit dijangkau oleh masyarakat kelas bawah. Sehingga dengan hal ini tentu akan menimbulkan berbagai dampak ketimpangan teknologi nantinya.

Kekurangan dan Kelebihan Dunia Metaverse

Setiap teknologi yang digunakan pasti memiliki kelebian dan kelemahan, begitu juga dengan kehidupan dunia baru virtual di metaverse.

Kekurangan:

  • Dapat menyebabkan kecanduan dan lupa waktu akan dunia realita yang nyata
  • Menyebabkan resiko sumber pencurian data yang lebih tinggi
  • Menimbulkan depresi pada diri pengguna

Kelebihan:

  • Dapat menimbulkan ketidakterbatasan yang dapat melakukan berbagai macam kegiatan di mana saja dan kapan saja
  • Menimbulkan rasa peka dan keahlian teknologi
  • Menimbulkan variasi kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari – hari
  • Meningkatkan pengalaman menggunakan teknologi

Daftar Pustaka

Maksum, M.A. 2022. Apa Itu Metaverse? Penjelasan, Cara Kerja, dan Contohnya. Diakses secara online melalui link: https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-metaverse/ Diakses pada 9 April 2022.

Tim Litbang MPI, MNC Portal. 2022. 3 Tokoh Kunci Di Balik Berjayanya Metaverse, Siapa Saja?. Diakses secara online melalui link: https://edukasi.okezone.com/read/2022/02/17/65/2548893/3-tokoh-kunci-di-balik-berjayanya-metaverse-siapa-saja?page=2. Diakses pada 9 April 2022.

Setiawan, R. 2022. Apa Itu Metaverse? Apa Yang Dapat Dilakukannya?. Diakses secara online melalui link:  https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-metaverse/ Diakses pada 9 April 2022.

Bantilan, S. N. 2022. Hidup Di Dunia Maya Bernama Metaverse. Diakses secara online melalui link: https://digitalbisa.id/artikel/hidup-di-dunia-maya-bernama-metaverse-rNCXt. Diakses pada 9 April 2022.

Aditya, R. 2022. Mengenal Apa Itu Leslar Metaverse, Proyek Kripto Gagasan Lesti Kejora dan Rizki Billar. Diakses secara online melalui link: https://www.suara.com/news/2022/03/13/172958/mengenal-apa-itu-leslar-metaverse-proyek-kripto-gagasan-lesti-kejora-dan-rizky-billar?page=2. Diakses pada 9 April 2022.

Burhan, F. A. 2022. Begini Tampilan Metaverse rans Entertaiment Miliki RAFFI Ahmad. Diakses secara online melalui link: https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6246e3a4283c2/begini-tampilan-metaverse-rans-entertainment-milik-raffi-ahmad Diakses pada 9 April 2022.

Pratama, R. K. 2021. Mengenal Dubia Metaverse Hingga Teknologi Pendukungnya. Diakses secara online melalui link: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/389869/mengenal-dunia-metaverse-hingga-teknologi-pendukung Diakses pada 9 April 2022.

Lampiran Link You Tube

https://youtu.be/TbguYhGNbm0

Eka Wulandari

Mahasiswa PGSD FIP UNNES

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 45 = 49