Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Ujian Online Di Masa Pandemi Covid-19

Sejak adanya virus Covid-19 yang menyebabkan terjadinya pandemi, pemerintah mengambil langkah dengan memberlakukan pembelajaran jarak jauh atau daring dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi teknologi pembelajaran yang sebelumnya sudah ada namun tidak begitu familiar di kalangan masyarakat. Pembelajaran daring menuntut insan pendidikan untuk memahami dan mampu menggunakan teknologi seperti aplikasi pembelajaran yang dapat dijalankan dengan menggunakan perangkat teknologi seperti komputer ataupun telepon seluler. Hal ini menuntut institusi pendidikan terutama sekolah ataupun perguruan tinggi untuk memastikan ketersediaan sumber daya untuk memenuhi tuntutan tersebut seperti dengan memastikan guru dan siswa mampu beradaptasi dengan sistem pembelajaran tersebut.

Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan di atas, diperlukan teknologi media daring yang dapat mengakomodir pelaksanaan pelmbelajaran salah satunya ujian secara online. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran berbasis daring adalah Google Form. Google Form adalah fitur gratis dari Google yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan form secara online. Penggunaan Google Form selain untuk kueioner, survey dan sejenisnya juga dapat dimanfaatkan sebagai ujian online. Melalui Google Form berbagai mode soal dari pilihan ganda, jawaban singkat, maupun jawaban dengan penjelasan. Selain itu kita juga dapat membuat soal yang menggunakan gambar atau yang lainnya.

Cara Membuat Google Form Soal Pilihan Ganda

Sebenarnya selain pilihan ganda masih ada beberapa opsi yang bisa digunakan sebagai soal. Misalnya seperti soal essay, dan lain sebagainya. Namun, kali ini kita akan memberikan tutorial proses cara buat google form untuk kebutuhan soal pilihan ganda.

1. Menggunakan Google Form Pribadi, klik saja tombl di kolom sebelah kiri layar.
2. Selanjutnya Anda bisa memilih tanda ( + ) untuk menambahkan Formulir yang akan dibuat menjadi media ujian online.
3. Tulis judul ujian pada kolom paling atas dengan cara menghapus kata “Untitled Form”.
4. Selanjutnya memasukkan Soal dan Opsi Pilihan Ganda (Multiple Choice). Agar bisa menampilkan halaman seperti ini pastikan form soal yang dipilih sudah “Multiple Choice”.
5. Menambahkan Soal Nomor 2, dan seterusnya dengan cara memilih icon ( + ) di samping kanan form pertanyaan.
6. Setelah semua soal selesai dimasukkan, saatnya mengatur konfigurasi agar siswa bisa menggunakan soal dari Google Form ini. Klik setting yang terletak di pojok kanan atas.
7. Akan muncul Pop-up halaman setting yang terdiri dari tiga kolom, yakni General, Presentation, dan Quizzes. Pertama-tama, atur bagian General. Lalu, pindah ke bagian tab Quizzes untuk mengaktifkan tombol-tombol. Selesai.
8. Simpan dengan cara klik Save.

Cara Membuat Kunci Jawaban dan Poin Penilaian di Google Form

Selain bisa membuat soal untuk dibagikan ke siswa dalam bentuk ujian online, Google Form juga bisa otomatis mengkoreksi jawaban sekaligus memberikan penilaian. Caranya Anda cukup memasukkan kunci jawaban yang benar, maka secara otomatis sistem akan mengkoreksi jawaban benar atau salah ketika siswa sudah selesai mengerjakan.

Berikut langkah-langkah cara membuat kunci jawaban di Google Form untuk soal ujian online berbasis pilihan ganda atau multiple choice:

1. Pastikan Anda sudah membuat soal di dalam Google Form sesuai tutorial sebelumnya.
2. Pilih tombol “Answer Key” yang ada di pojok kiri bawah form soal. Jika tombol tidak muncul Anda bisa mengaktifkan melalui menu Setting >> Quizzes >> Centang pada bagian “Make this a quiz”.
3. Anda bisa memilih jawaban yang tepat untuk soal tersebut, kemudian berikan besaran poin untuk setiap jawaban yang benar.
4. Klik Done jika sudah selesai mengisi kunci jawaban dan poin penilaian.
5. Ulangi langkah 1 sampai 4 untuk soal-soal yang lain.

Cara Membagikan Google Form

Setelah seluruh tahapan pembuatan soal dan kunci jawaban selesai, kini tinggal membagikan soal di dalam Google Form tersebut kepada siswa/siswi.

1. Pilih tombol Send.
2. Kemudian klik pada tanda link.
3. Copy dan simpan Link tersebut untuk nantinya dibagikan kepada siswa yang akan mengikuti ujian.
4. Selesai
Itulah akhir dari tutorial cara buat Google Form untuk ujian online.

Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha + 14 = 23