Dunia Permusikan di Era Digital

Di era digital ini perkembangan dunia musik semakin berkembang pesat, sekarang orang orang  mudah sekali untuk mengakses atau mendengarkan musik hanya dengan smartphone. Banyak sekali platfom musik yang mudah sekali untuk diakses, bahkan kita bisa menikmati musik berserta sebuah video atau sering disebut video klip yang menjadi nilai tambah dalam menikmati musik. Hal ini menunjukan semakin pesatnya dunia musik sekarang ini. Namun sebelum menelusuri perkembangan musik di era digital, mari kita telusuri perkembangan musik di era sebelumnya.

PERAN PIRINGAN HITAM ATAU VINYL SEBAGAI MEDIA MUSIK

Pada era 60an sampai 70an akhir di Indonesia peran piringan hitam sebagai media menikamti musik sangat sering digunakan, dimana hasil rekaman musik akan dipindahkan ke dalam vinyl atau piringan hitam ini. Dalam memutarkan musik piringan hitam juga perlu media untuk memutarkan musik tersebut agar menghasilkan suara yaitu Turntable, dengan cara kerja dimana terdapat sebuah jarum untuk menggores jalur berbentuk gelombang dalam piringan hitam tersebut. Piringan hitam juga memiliki beberapa ukuran mulai dari 7 inch sampai 12 inch, kekurangan dari piringan hitam sendiri adalah dari ukurannya besar dan harus berhati hati.

PENGGUNAAN KASET PITA

Memasuki era 70an akhir penggunaan media dalam mendengarkan musik beralih ke kaset pita, dimana kaset pita memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih efisien. Dan seperti halnya piringan hitam, kaset pita juga memperlukan media untuk memutarkan musik. Radio dibisa menjadi media tersebut, dimana pada saat itu radio sudah didesain dengan menyediakan tempat pemutar kaset pita. Nilai minus dari kaset pita sendiri adalah pita dalam kaset yang sering keluar dan ruwet.

CD DAN DVD SEBAGAI PINTU AWAL ERA DIGITAL

Perkembangan era digital pada tahun 90an sangat pesat tak terkecuali dalam dunia musik, pada era ini mulai diperkenalkan media untuk menyimpan file yaitu CD/DVD. Media ini juga dimanfaatkan sebagai media menyimpan hasil rekaman dan bahkan dapat menampilkan video. Bentuk dari CD/DVD hampir mirip seperti piringan hitam, namun lebih kecil dan biasanya memiliki warna silver. Dan seperti 2 media sebelumnya CD/DVD juga perlu media untuk memutarkan musik yaitu CD/DVD Player yang memiliki berbagai macam bentuk.

MUNCULNYA MP3 DAN MP4 DI ERA DIGITAL

Sebagai bentuk berkembangnya era digital mulai digunakannya format MP3 dan MP4, dimana ini merupakan perkembangan dari format CD/DVD yang memiliki ukuran file yang lebih kecil. Pertama MP3 merupakan format file yang digunakan untuk menyimpan data audio dengan ukuran yang lebih kecil tanpa merusak kualitas audio dan kedua MP4 yang merupakan format file yang lebih bagus dan berguna dalam segi kegunaan, dimana format ini mampu menyimpan audio,video, gambar, teks, dan banyak lagi jenis data tanpa merusak kualitas file.

Dalam perkembangannya MP3 dan MP4 sangat berguna di era digital dalam dunia musik, format ini sangat memudahkan pengguna dalam mengakses musik. Karena tidak seperti pendahulunya format MP3 dan MP4 sangat mudah dicari dan dari situlah banyak aplikasi musik atau video yang memanfaatkan format ini seperti JOOX, SoundCloud, Spotify, Resso, dan YouTube Music. Dimana semua itu dapat kita akses menggunakan smartphone.

Karena hal ini banyak sekali para musisi atau band yang menggunakan format MP3 dan MP4 sebagai media merekam audio musik, ditambah lain semakin berkembangnya era digital banyak sekali media atau platfrom untuk menjual hasil karya dalam format MP3 ataupun MP4 dengan sangat mudah serta memiliki jangkauan pasar yang lebih luas tentunya. Format ini benar benar sangat membantu pengguna dalam menikmati musik, tetapi hal ini juga lah yang membuat format ini mudah sekali diakses secara illegal. Banyak sekali website yang menyediakan fitur mengunduh karya musik seseorang dalam bentuk MP3 dan MP4 tanpa membelinya dan cukup dengan mengunduhnya di internet. Hal ini merupakan kekurangan dari format ini yang mudah sekali dibajak atau diambil audionya untuk kepentingan ilegal.

Nah itu tadi merupakan media media musik sebelum era digital dan saat memasuki era digital, dimana saat ini kita dapat dengan mudah menikmati musik yang kita suka hanya dengan smartphone.

link youtube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.