Expand Your Reading Comprehension Skills and Unlock Your True Potential


Kemampuan reading comprehension merupakan salah satu dari 4 elemen skill dalam English Proficiency Test, yang umumnya memiliki section berisi speaking, reading, writing, dan listening. Kemampuan ini bisa dikatakan menjadi salah satu prioritas skill yang diunggulkan dalam dunia kerja. Dalam pengertiannya, reading compherension adalah ketika dimana seorang individu memahami isi teks yang sudah dibaca serta dapat pula membangun makna atau opini sendiri dari teks tersebut.

This image has an empty alt attribute; its file name is ept-edited.png

Kemampuan Reading Comprehension sering diterapkan dalam bentuk ujian di sekolah, perguruan tinggi, tes masuk perusahaan skala global, yang juga pastinya bersangkutan erat dengan, tes seperti TOEFL, IELTS, TOEIC, dan lain semacamnya. Hal yang telah penulis sebutkan diatas telah menunjukkan betapa pentingnya kita mempelajari dan menguasai kemampuan reading comprehension. Semakin ahli kita menguasai bahasa Inggris semakin besar pula peluang pekerjaan kita. Untuk mampu membaca dengan baik, seseorang harus mempunyai kesenangan dan kemamuan membaca.

“Kemampuan membaca bahasa Inggris remaja di Indonesia sangat kurang, utamanya dalam reading comprehension.” 

Sadtono (1995)

Bahkan setelah perubahan zaman serta kemajuan teknologi di era disruptive, ternyata tidak bisa meroketkan presentase budaya membaca di Indonesia secara drastis jika dibandingkan dengan negara dari benua eropa. Era disruptive merupakan kondisi dimana terjadinya inovasi yang menyebabkan perubahan secara besar-besaran ke dalam sistem yang baru.

Perkembangan yang terbilang cepat dan besar-besaran ini, dengan jelas dapat mengakibatkan dampak negative antara lain melahirkan pola yang sulit ditebak sehingga sulit dikontrol, menyebabkan ketidak pastian (Uncertainty), terjadinya kompleksitas hubungan antar faktor penyebab perubahan (Complexity), serta kekurangjelasan arah perubahan yang menyebabkan ambiguitas (Ambiguity).

Era disuptive dapat dipandang sebagai ancaman namun dilain sisi dapat juga ditinjau sebagai tantangan manusia di zaman moderniasasi dan komputerisasi. Pertanyaanya bagaimana kita dapat memandang positive era yang dapat dikatakan distruptive ini?

pinterest.com

Disamping dari betapa pentingnya menguasai kemampuan Reading Comprehension, tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan menghadapi banyak tantangan dan kesulitan yang menghambat karena berbagai kendala, contohnya seperti berikut.

  1. Keterbatasan kosakata yang diketahui,
  2. Sulitnya berkonsentrasi dalam membaca teks bahasa inggris, 
  3. Tidak memahami grammar dengan benar, 
  4. Faktor external yakni lingkungan yang tidak mendukung dan lain sebagainya.
pinterest.com

Penulis percaya bahwa setiap orang bisa memiliki perasaan betah membaca ketika mereka menemukan suatu hal yang menarik perhatiannya, atau ketika mereka tahu apa yang mereka cari dan apa yang mereka harus temukan untuk memuaskan rasa haus penasaran mereka. Seperti contoh nyatanya ketika kita ingin membaca suatu teks informative yang ternyata hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Ada kala ketika kita tidak tau arti dari suatu kata, maka refleks kita ialah mencari jawabannya. Mulai dari hal-hal kecil seperti inilah yang sebenarnya dapat meng-upgrade vocabulary kita.

“reading … must be developed, and can only be developed, by means of extensive and continual practice. People learn to read, and to read better, by reading.”

David Eskey
Day Bamford (1998)

Berikut merupakan beberapa strategi untuk meningkatkan kemampuan reading compherension melalui extensive reading dengan memanfaatkan kemjuan teknologi yakni dari platform situs komunitas online untuk para penulis dan pembaca. Extensive reading merupakan kegiatan membaca teks dengan tujuan kesenangan dan mendalami kemapuan reading tersebut atau menjadikan kegiatan membaca sebagai hobi.

Pertama, penulis akan mengenalkan beberapa website online terkenal yang sudah memiliki banyak database sehingga berkemungkinan besar menyediakan beragam jenis referensi teks yang kamu inginkan.

  1. Wattpad: Wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi pintar asal Toronto, Kanada, yang memungkinkan user untuk membaca ataupun mengirimkan karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya. Bahkan Wattpad dapat menjadi peluang untuk mencari uang tambahan apabila karangan yang kalian terbitkan banyak diminati dan dilirik oleh perusahaan penerbit.
  2. FanFiction.Net adalah platform menulis yang khusus disediakan bagi para penggemar serial komik, televisi, kartun, hingga games untuk menulis cerita versi penggemar. Singkatnya, jenis karya ini disebut fanfiksi, fiksi yang ditulis oleh fan (penggemar).
  3. Archive of Our OwnAO3 (Arsip Milik Kita) adalah pusat penampungan karya-karya transformatif seperti fanfiksi, fanart, video dan podfic penggemar yang bersifat nonkomersial dan nirlaba. AO3 adalah ruang yang diciptakan dan dikelola sepenuhnya oleh para penggemar.
Pinterest.com

Hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut.

  1. Niat dan selalu berdoa disetiap hendak melakukan suatu kegiatan agar diberi kemudahan.
  2. Mempersiapkan peralatan pokok seperti handphone, sinyal dan kuota internet serta lingkungan yang mendukung untuk membaca.
  3. Menentukan topik serta tujuan membaca.
  4. Jika perlu menyiapkan note atau buku vocabulary untuk mencatat kosakata yang terasa asing.
  5. Usahakan membaca seluruh teks secara tuntas hingga selesai baru kemudian melakukan tahap pemahaman secara menyeluruh isi teks (review atau tahap menerjemahkan). Kemudian jika kamu termasuk ke golongan anak ambis, bisa banget membuat ringkasan dari teks yang sudah kamu baca, lalu upload hasil tulisan/review kamu pada platform situs komunitas online untuk para penulis dan pembaca favorite kamu. Dapat kita sebut kegiatan ini merupakan record improvement kamu secara mandiri.
  6. Lakukan kegiatan diatas secara berulang lalu jadikan sebagai salah satu rutinitas harian kamu, dan rasakan perubahannya.

Era disrupsi merupakan bagian dari konsekuensi modernitas dan upaya eksistensi lembaga pendidikan dalam menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dengan adanya kesadaran bersama maka kita yakin bahwa generasi mendatang akan lebih smart dan bermartabat.

DAFTAR PUSTAKA

(n.d.). Mempelajari dan Menguasai Reading Comprehension dalam Bahasa Inggris | Sederet.com. Retrieved May 13, 2022, from https://www.sederet.com/tutorial/mempelajari-dan-menguasai-reading-comprehension-dalam-bahasa-inggris

Khomairoh, S. (2020, October 6). Reading Strategies: Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca dalam Bahasa Inggris – Scholars English. Retrieved May 13, 2022, from https://scholarsenglish.id/reading-strategies-cara-meningkatkan-kemampuan-membaca-dalam-bahasa-inggris/ 

Adieb, M. (2021, January 6). Reading Comprehension: Pentingnya dan Cara Meningkatkannya. Retrieved May 13, 2022, from https://glints.com/id/lowongan/reading-comprehension-adalah/

Diana, R., Mori, R. P. M., Mailani, N., & Hasanah, F. (n.d.). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCESEBAGAI DESAIN PEMBELAJARAN DI ERA DISRUPSI.“Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 233.

(n.d.). Extensive reading | TeachingEnglish | British Council | BBC. Retrieved May 16, 2022, from https://www.teachingenglish.org.uk/article/extensive-reading-0

(n.d.). Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca dalam Bahasa Inggris | Sederet.com. Retrieved May 16, 2022, from https://www.sederet.com/tutorial/bagaimana-cara-meningkatkan-kemampuan-membaca-dalam-bahasa-inggris/

Rebecca J. Baier, Reading Comprehension and Reading Strategies (December, 2005) Reading strategy and the need for e-books features Lih-Juan ChanLin Department of Library & Information Science, Fu-Jen Catholic University, New Taipai City, Taiwan. Accepted 14 November 2011.



You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.