PENGGUNAAN APLIKASI SPOTIFY DI KALANGAN MILENIAL

Pilihan media yang digunakan berpengaruh besar terhadap kepuasan atau terwujudnya harapan penggunanya. Penggunaan emosional Spotify menyoroti kepuasan yang datang dari memenuhi harapan milenial. Pengalaman ini mempengaruhi perbedaan kebutuhan milenial dengan Spotify, yang pada akhirnya menghasilkan kepuasan milenial. Dalam hal ini, kepuasan yang dirasakan dipengaruhi oleh cara pengguna menggunakan dan memanfaatkan berbagai fungsi yang ada di Spotify.
Kebutuhan harian dewasa/muda yang dapat dipenuhi Spotify adalah kebutuhan psikologis, kebutuhan identitas diri, kebutuhan relasi, kebutuhan kognitif, kebutuhan attachment dan kebutuhan integrasi individu dengan rincian sebagai berikut:
1. Kebutuhan kognitif dapat dipenuhi oleh berbagai industri musik terkait informasi. Hal ini terlihat dari berbagai informasi yang diberikan Spotify kepada penggunanya, seperti lagu atau album baru, konser dan informasi tentang total akun pengguna. Selain itu, Spotify menggunakan data pengguna untuk meningkatkan layanannya, yang dapat dilihat dari campuran harian 5-6 lagu yang disesuaikan untuk setiap pengguna. Hal ini membuat pengguna merasa bahwa mereka sedang diurus dengan benar.
2. Kebutuhan afektif berhubungan dengan perasaan dan estetika. Para pengguna menunjukkan perlunya emosi melalui tindakan mereka menggunakan fitur yang tersedia seperti fitur Al-Quran yang tersedia untuk pengguna Spotify dan lagu yang mereka dengarkan. Dalam hal ini, pengguna merasa lebih tenang setelah menggunakan Spotify. Pengguna menyampaikan kebutuhan estetika tampilan Spotify yang menarik dan kesempurnaan fitur lainnya yang membuat Spotify sangat menyenangkan.
3. Kebutuhan integrasi individu dapat dilihat melalui bagaimana pengguna dapat mengembangkan diri dan menunjukkan kepada pengguna lain apa yang mereka milikiTak jarang pengguna bahkan menyukai Spotify karena tertarik dengan fitur podcast yang dapat mendukung pertumbuhan mereka atau mengklaim bahwa mereka dapat memenuhi diri mereka sendiri dengan daftar putar yang mereka buat.
4. Kebutuhan relasi dapat dilihat melalui interaksi yang dapat diwujudkan melalui tindakan Spotify memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk saling berinteraksi bahkan mengikuti playlist yang dibuat oleh pengguna lain.
5. Kebutuhan pelepasan ditunjukkan melalui upaya memperbaiki mood atau upaya membuat dirinya merasa bahagia. Banyak pengguna yang mencoba menggunakan fitur Spotify untuk meningkatkan mood mereka, seperti mendengarkan playlist yang mereka buat atau mendengarkan musik acak untuk menemukan lagu yang bisa membuat mereka merasa lebih baik.

Penjelasan lebih lanjut : https://youtu.be/ng9sNrcBSOY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha − 1 = 1