E-commerce sebagai Penerapan Literasi Digital di Masa Kini

E-commerce

Seperti yang kita ketahui masa kini adalah masa di mana dunia digital berkembang sangat pesat, bahkan kemajuan digital di setiap tahunnya tidak bisa dihindarkan dari dunia online. Hal tersebut mempengaruhi berbagai sector termasuk dunia usaha dan sektor ekonomi. Nah salah satu sektor usaha yang berbasis digital di masa kini adalah e-commerce.

E-commerce bisa dikatakan saat ini adalah sebuah layanan internet yang berfungsi sebagai bentuk terjadinya proses jual-beli.

Umumnya proses jual-beli dilakukan secara offline baik di pasar, toko, atau warung dan tentunya bersifat bertemu secara langsung. Sedangkan di masa kini dengan perkembangan digital proses jual-beli dilakukan secara online, di mana sifatnya penjual dan pembeli tidak perlu bertemu satu sama lain, tetapi tetap bisa melangsungkan jual-beli melalui layanan internet atau komunikasi mengunakan handphone. Hal ini membuat sektor usaha harus membuat berbagai cara kreatif jika ingin bersaing dan tidak ketinggalan zaman di masa kini agar produk mereka tetap laku terjual dan tentunya laris.

Bisnis e-commerce di Indonesia pun semakin meningkat karena adanya pandemi, tentunya hal tersebut berdampak positif agar meminimalisir menyebarnya virus.

Meningkatnya jumlah transaksi masa kini di dunia digital menggunakan e-commerce tentunya karena adanya salah satu peran pemerintah yang ikut campur mendorong dunia digital ke masyarakat di masa kini, dan terus mengakselarasi perkembangan digital banking.

Salah satu peran dari e-commerce lainnya adalah e-commerce sebagai media penerapan literasi digital di masa kini. Adanya e-commerce membuat para pembaca literasi digital dapat memperaktekannya di dunia digital.  Banyak sekali contoh e-commerce di masa kini yaitu:

1.Jual Beli Online di Marketplace

Transaksi jual-beli online di Marketplace lokal sudah sangat banyak saat ini. Beberapa marketplace terkenal di Indonesia seperti; Shopee.co.id, Bukalapak.com, Tokopedia.com, Blibli.com, Kaskus.co.id, Traveloka, dan lain sebagainya.

2. Internet Banking dan SMS Banking

Transaksi pembayaran melalui internet dan jaringan telekomunikasi juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan e-commerce. Dimana Internet Bangkin dan SMS bangking membantu mempermudah melakukan pembayaran antara penjual dan pembeli.

3. TV Kabel dan Internet Provider

Berlangganan TV Kabel dan internet juga merupakan salah satu bentuk e-commerce yang sudah cukup lama berada di Indonesia. Beberapa perusahaan yang ada di bisnis TV kabel dan internet provider diantaranya; Indovision, Big TV, Indihome, MyRepublic, dan Firstmedia.

Jadi dapat di simpulkan bahwa e-commarce dalam penerapan literasi digital berfungsi sebagai salah satu wadah pembelajaran berbagai bentuk perkembangan digital di masa kini. Hal tersebut juga dilakukan agar masyarakat tahu bahwa perkembangan digital juga sudah ada disekitar mereka dan sudah sering mereka lakukan dalam berupa e-commarce.

Link Video Penjelasan: https://youtu.be/75y0TftV3j8

Sumber:

https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/apa-yang-diungkapkan-data-tentang-pasar-online-indonesia-dan-global

https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2020/10/jenis-jenis-e-commerce/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.