Manfaat dan Kekurangan dari Sistem Pembayaran Paylater

Memahami Program “Paylater”

Paylater atau yang biasa kita sebut dengan program beli sekarang, bayar nanti merupakan sebuah sistem yang memungkinkan pembeli membeli barang dari toko dan membayar penyedia kredit dengan mencicil di lain waktu.

Sistem paylater ini mirip dengan menggunakan kartu kredit dan membayar dengan mencicil, kecuali bahwa tidak ada kartu yang terlibat dan pemeriksaan kredit tidak diperlukan.

Nah, dengan cara ini kamu cukup membuka rekening pada penyedia sebelum atau selama transaksi, kemudian menunggu persetujuan pembelian barang yang kamu pilih dalam beberapa menit kemudian.

Bila dilihat dari penggunaannya, sistem paylater merupakan cara yang sederhana dan menarik untuk membeli barang-barang kebutuhan yang kamu inginkan. Namun, sistem paylater ini mungkin tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk kamu dalam membeli barang karena sistem pembayaran paylater juga memiliki beberapa kekurangannya, tetapi tidak menampik pula bahwa sistem ini juga memiliki manfaat atau keuntungan. Beberapa keuntungan dan kerugian dalam sistem pembayaran paylater adalah sebagai berikut;

  • Keuntungan

Membayar dengan mencicil atau menggunakan paylater memiliki keuntungan, yakni:

  1. Saat barang sedang ngetren dan bisa sold out atau memiliki harga khusus, membayar dengan cara mencicil memungkinkan kamu untuk mendapatkan barang tersebut tanpa harus membayar sekaligus.
  2. Jika kamu menginginkan item dengan tiket lebih tinggi tetapi tidak ingin menghancurkan rekening bank kamu sekaligus, maka sistem paylater mungkin cocok untuk menjadi alternatif pilihan kamu dalam melakukan pembayaran.
  • Kekurangan

Pembelian dalam jumlah besar dibayar dengan mencicil? Kedengarannya bagus, bukan? Namun, ada beberapa hal yang mungkin harus kamu pertimbangkan dalam memilih paylater karena terdapat kekurangan, yakni:

  1. Jika kamu melewatkan pembayaran, kamu akan dihadapkan dengan bunga yang tinggi (hingga mencapai sekitar 30%), yang akan dibebankan bukan pada hutang kamu tetapi pada harga pembelian awal. Selain itu, jika kamu melewatkan pembayaran, kamu juga akan menghadapi biaya keterlambatan yang dapat bertambah dengan cepat
  2. Kehilangan pembayaran atau tidak memiliki dana yang cukup di akun kamu dapat memicu biaya dan penalti. Kamu mungkin juga harus membayar bunga untuk sisa periode pembayaran dengan suku bunga yang tinggi bahkan bisa lebih tinggi dari suku bunga kartu kredit.

Sistem pembayaran beli sekarang, bayar nanti atau yang biasa kita sebut sebagai Paylater merupakan sebuah cara baru dalam memudahkan kita sebagai pembeli untuk mendapatkan barang yang kita inginkan. Namun, dibalik kemudahan dari sistem pembayaran ini, kita juga harus cermat akan penggunaannya dan bisa lebih lebih berhati-hati karena resiko dari penggunaan sistem pembayaran ini yang tidak sedikit. Untuk itulah, sudah sepatutnya kita sebagai pengguna harus lebih bijaksana dan sebisa mungkin untuk menahan keinginan membeli dibanding harus menanggung resiko yang akan kita sesali dikemudian hari.

Dibawah ini merupakan video penjelasan dari saya mengenai “Manfaat dan Kekurangan dari Sistem Pembayaran Paylater”:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.