Digital Memudahkan Kegiatan Kemanusiaan

Sudah tidak asing lagi dengan dunia digital dilingkungan sekitar kita. Smart phone yang kita genggam terkoneksi dengan internet dan memudahkan kita terhubung dengan siapa saja secara cepat dan mudah. Hal ini membawa masyarakat kepada perkembangan digital revolusi industry 4.0 yang pada akhirnya kita harus mempelajari bagaimana itu digital agar kita tidak gagap teknologi (gaptek).


Pastinya, ada sisi positif dan negative dari digital, dampak positif dari digital saat ini yaitu mendesak masyarakat untuk mengimbangi perkembangan digital saat ini karena digital sudah menjadi kebutuhan di masyarakat. Maka dari itu masyarakat mulai teredukasi bagaimana pemanfaatan digital yang baik dan benar. Selain itu membentuk trend positif dengan segala bentuk kreativitas manusia. Namun, sisi negatifnya tentu tidak semua orang melek akan literasi digital.


Pada masa pandemi virus covid-19 aktivitas masyarakat menjadi terhalang dan berkurang, segalanya serba dibatasi demi kebaikan bersama. Platform digital menjadi solusi bagi masyarakat untuk tetap beraktivitas dengan aman seperti melakukan work from home, school from home, dan aktivitas lainnya yang dilakukan secara digital.


Saat ini arus digitalisasi hampir menyeluruh di semua sektor. Selain untuk kepentingan komersial, kegiatan kemanusiaan pun memanfaatkan perkembangan teknologi yang kian maju khususnya internet untuk memudahkan penyaluran informasi dan bantuan kepada masyarakat. Internet merupakan kegiatan komunitas komersial menjadi bagian terbesar, dan tercepat pertumbuhannya yang melampaui batas-batas suatu Negara.


Teknologi digital berperan banyak dalam hal kemanusiaan, misalnya banyak kematian dapat ‘ditunda’ berkat teknologi digital yang berkembang. Seperti mengirimkan pesan ke orang lain mengenai kedaruratan yang butuh segera ditangani. Pasien sakit yang butuh pengobatan, seseorang atau kelompok yang butuh bantuan dan upaya penolongan atas bencana atau musibah.


Selain itu, banyak kegiatan kemanusiaan lain yang dipermudah dengan adanya digital, seperti penyampaian donasi lebih mudah dijangkau oleh banyak orang diluar kota bahkan diluar negeri sekalipun. Membagikan edukasi kegiatan kemanusiaan dimedia social yang berdampak timbulnya empati dan simpati bagi yang melihat. Dengan begitu segala bentuk kegiatan kemanusiaan lebih mudah dilakukan, cepat, tepat dan tentunya tidak memakan waktu yang lama agar bantuan atau pesan sampai kepada masyarakat. Namun tentu saja dengan kemudahan ini ada oknum yang memanfaatkan kemudahan ini dengan kegiatan penipuan melalui media digital.


Kegiatan kemanusiaan menurut Undang-undang Nomor 1 tahun 2018 adalah kegiatan yang bersifat meringankan penderitaan sesame manusia yang dengan tidak membedakan agama atau kepercayaan, suku, jenis kelamin, kedudukan social atau kriteria lain yang serupa. Kesinambungan dan kelangsungan hidup terwujud ketika satu sama lain saling membenahi yang rusak, dan saling menghidupkan kembali yang nyaris mati. Kegiatan kemanusiaan ini tentunya sama seperti dunia digital yang menjadikan orang-orang yang teredukasi memberikan sosialisai penggunaan digital yang benar. Dengan begitu akan berkurang penyalahgunaan digital.


Jadi, begitulah digital memudahkan kegiatan kemanusiaan yang menjadikan kita manusia yang lebih teredukasi mengenai digital maupun kemanusiaan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.