Inovasi Terbaru IoT Yaitu 5G Dengan Berbagai Keunggulannya

IoT adalah kepanjangan dari Internet of Things, yaitu sebuah konsep yang memiliki tujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia menggunakan internet. Istilah Internet of Things masih belum diketahui oleh sebagian orang di Indonesia. Secara teori dan konsep, IoT adalah sebuah sistem yang dapat menyelesaikan berbagai masalah hanya dalam satu ketukan. Sistem itu terdiri dari susunan infrastruktur yang saling berhubungan, sehingga dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efisien. IoT berfungsi dengan memanfaatkan penggunaan perangkat pintar dan jaringan internet.
Ada banyak hal yang menggunakan Internet of Things di dunia ini, contohnya seperti berbagi data dan remote control.

Ketergantungan Internet of Things menggunakan jaringan internet, tentunya membutuhkan koneksi internet yang lebih cepat.
Pada tahun 2021, merupakan babak baru bagi teknologi internet yaitu dengan hadirnya teknologi 5G. Sebelumnya Internet of Things atau IoT sudah menggunakan jaringan 2G,3G, bahkan 4G/LTE namun masih memiliki berbagai kendala dalam kecepatan transfer data. Terlebih jaringan 4G/LTE mudah terganggu apabila terdapat bangunan tinggi atau gedung. Kehadiran 5G atau teknologi jaringan generasi kelima ini didesain sebagai sebuah teknologi yang mampu mengatasi masalah-masalah tersebut. Hal ini akan membuat aktivitas digital masyarakat semakin bervariasi. Seperti perubahan gaya hidup, keberagaman konten, keinginan untuk mengakses video beresolusi tinggi dengan stabil, dan berbagai hal lainnya. 5G mendefinisikan ulang mobile experiences melalui tiga kapabilitas utama. Salah satunya adalah 5G mampu menghubungkan sensor dan perangkat dalam jumlah besar, serta menghadirkan transfer data yang lebih cepat dan minim jeda dalam mengakses kebutuhan teknologi di berbagai sektor.

Selain itu, 5G tidak hanya memberikan era baru dalam kinerja dan kecepatannya. Tetapi juga memberikan pengalaman baru bagi para penggunanya. Contohnya pada bidang kesehatan. Dalam perawatan kesehatan, teknologi 5G dan konektivitas Wi-Fi 6 akan memungkinkan pasien dipantau melalui perangkat terhubung yang secara terus-menerus mengirimkan data tentang indikator kesehatan utama, seperti detak jantung dan tekanan darah. Kemudian, keunggulan 5G dalam kehidupan sehari-hari yaitu: kemampuan internet berkecepatan tinggi, streaming video dan film tanpa buffering dan berkualitas tinggi, 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G, dan ketersediaan kapasitas data yang besar.

Link Youtube: https://youtu.be/_72nG36oy5c

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 74 + = 80